Cara Tips

Cara Merawat Bibit Ikan Koi

Cara Merawat Bibit Ikan Koi

Salah satu jenis ikan hias yang sangat populer di Dunia ini emmang tiada habisnya ketika di bahas. Ya,yang kami maksud adalah ikan koi,salah satu ikan hias air tawar yang mempunyai banyak jenis dan tentunya jenis ikan hias yang satu ini memang sangat banyak digemari oleh kalangan para penghobi dan tentunya pecinta ikan hias. Pada dasarnya ketika ikan koi sudah memijah dan telurnya dalam kurun waktu 3 hari akan menetas,maka ketika sudah seperti itu maka segera memisahkan indukan ikan koi ini =magar tidak memakan benih-benih ikan koi.

Benih ikan koi yang sudah dapat berenang dengan bebas maka harus segera dipindahkan ke kolam pembesaran. Dan di dalam kolam pembesaran ini setidaknya harus dipersiapkan eceng gondok ataupun tanaman teratai yang mana hal ini berfungsi sebagai peneduh agar bibit ikan koi tidak sering terkena sinar matahari,dan juga dapat berfungsi, agar dapat ditumbuhi pakan alami.

Cara Merawat Bibit Ikan Koi

Adapun langkah โ€“ langkah persiapannya sebagai berikut. Kolam yang digunakan untuk pembesaran bibit koi,sebelumnya dikeringkan terlebih dahulu,setidaknya selama dua hari di bawah terik matahari dan disemprot dengan pestisida agar binatang yang tidak dikehendaki mati.

Baca Juga: Cara Memilih Ikan Koi Kualitas Bagus

Pestisida yang akan dipakai untuk tahapan ini adalah jenisย  Dipherex atau Nogos dengan dosis kisaran 0,5 โ€“ 1,0 ppm. Kemudian untuk menyediakan pakan alami berupa binatang renik, kolam nya sebelumnya harus dipupuk dengan kotoran ayam dan campuran jerami.

Jerami ditindih dengan batu besar dan diletakkan di bagian sudut โ€“ sudut kolam ikan koi. Volume kotoran ayam antara 1,5 kg/m2. pintu pemasukan air ke kolam ini harus diberi saringan. Dalam beberapa hari kedepan, air yang terkena jerami ini akan sedikit berubah warna menjadi merah kecoklatan. Namun, dalam beberapa hari kemudian akan jernih dengan sendirinya.

Cara Merawat Bibit Ikan Koi

Jika pemberian kotoran ayam danjugaย  jerami ini digunakan secara tepat, dalam beberapa hari kemudian akan tumbuh infusoria dan fitoplankton. ketika masih dalam keadaan benih โ€“ benih,maka ikan koi ini tentunya sudah bisa dimasukkan setelah kurang lebih sepuluh hari,dan tentunya dengan sabar menunggu ikan koi ini beranjak tumbuh dewasa.

Ketika ikan koi ini sudah mulai dewasa dan sudah tumbuh warna-warna pada tubuhnya,maka tahap selanjutnya adalah penyortiran,yang mana penyortiran ini berguna untuk memisahkan antara ikan koi yang mempunyai kualitas tinggi dan ikan koi dengan kualitas yang biasa,maka disini dibagi beberapa step,diantaranya

Bentuk Badan atau Postur Tubuh

Menurut standar yang ditetapkanย  dan berlakukan secara internasional,mengungkapkan jika bentuk ikan koi yang ideal adalah ikan koi dengan memiliki perbandingan antara tinggi dan juga panjang dengan perbandingan berkisar 1:2,5 dan 1:3. Dengan postur tubuh yang bulat,namun akan tetapi juga tidak terlalu gemuk.

Tentunya sudah memiliki standar khusus untuk menjadikan ikan koi ini sebagai indukan dan pastikan indukan ikan koi ini matang atau setidaknya memiliki umur sekitar 2 tahun atau lebih. Cara lain adalah dengan melihat bentuk tubuh dengan cara dilihat dari atas seperti,ikan koi kualitas bagus akan mempunyai tubuh seperti torpedo dan bentuk lainnya.

Gaya Berenang

Ikan koi yang disnyalir mempunyai kualitas bagus adalah ikan koi yang memiliki gaya berenang yangย  tenang dan juga terkadang sedikit berlenggak-lenggok dengan cukup seimbang. Dengan adanya gerakan yang seimbang ini maka ada hal yang mempengaruhi keduanya,yakni faktor besarnya sirip dan tentunya dengan bentuk yang simetris (seimbang). Cara Merawat Bibit Ikan Koi

Memilih Kolam yang Tepat

Untuk ikan koi,terdapat beberapa macam type kolam yang dapat anda aplikasikan untuk memelihara ikan koi,jenis kolam itu juga bisa terbuat dari beberapa macam bahan yang berbeda pula.

Anda dapat membuat kolam ikan koi dengan bantuan ahli atau anda bisa memesan jenis kolam terpal yang mempunyai beragam keunggulan dan tentunya praktis.

Cara Merawat Bibit Ikan Koi

Untuk membuat kolam ikan koi, langkah awal yang harus kita persiapkanย  adalah kedalaman kolam dan juga tinggi kolam,beberapa penghobi ikan koi menyarankan agar kedalaman kolam sekitar 1 meter yang mampu menampung debit air sebanyak 1400 liter air untuk setiap ikan.

 

Pemberian Pakan Untuk Ikan Koi

Pemberian makanan pada ikan koi memang harus sesuai standar dan juga mengetahui takaran yang pasti,perlu anda ketahui bahwa saluran pencernaan pada ikan koi ini sangat pendek.

Dengan begitu,maka anda harus pintar-pintar dalam pemberian pakan pada ikan koi,dan juga atur dalam takaran dan juga jumlah yang tepat,untuk mencegah ikan kelebihan makanan. Jika ikan kelebihan makanan, maka ikan koi akan lebih beresiko mengalami gangguan kesehatan dan bahkan bisa mengancam nyawanya.

Menjaga Kesegaran Air Kolam

Proses selanjutnya agar memastikan juga kondisi kolam ikan koi cukup luas atau setidaknya dapat dialiri oleh udara bebas,atau juga bisa dengan bantuan alat seperti pompa air, atau juga bisa anda menggunakan dengan saringan/filter yang mana dengan begitu dapat membuat air kolam ini akan selalu tampak segar dan tentunya tidak mudah keruh. Cara Merawat Bibit Ikan Koi

Anda juga dapat menambahkan beberapa jenis bahan lainnya yang dapat menjaga air tetap segar dan terhindar dari bebagai serangan dari hama. Bahan kimia semacam ini dapat anda beli di petshop, dan tentunya anda memastikan terlebih dahulu bahwa bahan kimia tersebut sangat aman untuk ikan anda.

Merendam Pelet Di Dalam Air Kolam

Ketika anda memberikan asupan makanan pada ikan koi yang anda pelihara,maka anda pun sebelumnya harus meluangkan waktu untuk merendam pelet ikan koi ini terlebih dahulu,dengan cara merendam terlebih dahulu pelet ikan koi tersebut di dalam air kolam sekitar 30 detik atau bisa juga hingga 2 menit.

Tekstur pada pelet ikan koi yang cenderung kering ini dapat mengembangkan di dalam saluran pencernaan pada ikan koi dan dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada saluran pencernaan,dan nantinya akan menyumbat dan juga mengancam nyawa ikan koi.

Menyediakan Tanaman Alami Di Dalam Kolam

Selain mendapatย  sebuah nutrisi dari makanan yang kita berikan, beberapa nutrisi lain untuk ikan koi ini juga dapat berasal dari tanaman alami yang dapat tumbuh bebas di sekitar kolam.

Terdapat beberapa jenis tanaman yang dapat dijadikan pakan ikan koi secara alami,yakni tumbuhan alga dan juga duckweed. Selain itu kita juga dapat memberikan beberapa potongan sayuran seperti kacang polong, wortel, bayam, selada,yang mana sayuran tersebut dapat menjadi suplemen tambahan bagi ikan koi tanpa efek samping.

Pakan Ikan Koi Dapat Berfungsi Mencerahkan Warna kan Koi

Karena ikan koi ini memang salah satu jenis ikan hias yang terkenal dengan warna dan juga corak yang beragam yang tersebar dari mulai ekor hingga pada kulit nya yang indah, maka dengan ini kita dapat memberikan nutrisi serta asupan gizi pada makanan ikan koi yang dapat mencerahkan warna tubuh pada ikan koi secara maksimal.

Makanan ikan koi yang diprioritaskan ini dalam jangka waktu kedepan ini dapat memberikan efek secara signifikan terhadap perubahan pada tubuh ikan koi ini dan juga dapat diberikan sebagai contoh adalah spirulina, udang, atau krill. Cara Merawat Bibit Ikan Koi