Cara Memilih Ikan Koi Yang Baik Dan Super

Cara Memilih Ikan Koi Yang Baik Dan Super sebenarnya cukup mudah. Tetapi sebelum anda akan memelihara ikan koi, sebaiknya membaca artikel Cara memelihara ikan koi terlebih dahulu agar ikan koi yang anda pelihara dapat hidup sehat dan menarik untuk dipandang.

Cara memilih ikan koi yang baik

Tujuan Memelihara Ikan Koi

Joglo Koi Farm Kediri

Ada beberapa tujuan orang memelihara ikan koi. Ada yang untuk refreshing, budidaya, atau kontes. Memilih ikan koi untuk tujuan yang berbeda, tentu caranya berbeda pula. Sehingga pastikan dulu tujuan kita memelihara ikan koi.

Ikan Koi Rumahan

Memelihara ikan koi untuk kolam rumahan tidak membutuhkan pengamatan yang detail. Tujuannya untuk refreshing.

  • Pilihlah ikan koi yang besar dan warnanya Cerah. Enak dilihat, Jelas, Sudah tahan penyakit. Ikan koi besar lebih tahan penyakit daripada ikan koi kecil. Beli ikan koi kecil itu lama sekali besarnya. Karena kolam rumahan tidak ideal untuk pembesaran ikan koi. Belum kalau mati #duh
  • Belilah dari penjual yang terpercaya dan langganan. Ikan koi campur-campur kadang mati. Bakteri crash
  • Untuk kualitas tidak penting. Ikan koi yang bagus adalah yang indah dilihat dan pemiliknya suka. Indah dan disukai itu sangat relatif. Orang lain bilang jelek, tapi kita suka mau apa. Demikian sebaliknya, Orang bilang bagus tapi kita tidak suka ya gimana. Padahal yang tiap hari melihat ikan itu kita dan keluarga.

Ikan Koi Untuk Budidaya

Sekarang lagi trend para hobiis koi budidaya sendiri ikannya. Padahal untuk budidaya koi membutuhkan biaya, waktu dan tenaga yang besar. Setelah berhasil budidaya harus memikirkan cara pemasarannya. Ribet jelas. Tapi ada tips cara memilih ikan koi yang baik untuk budidaya, yaitu :

  1. Untuk pembesaran, pilihlah ikan koi kecil 10-15cm dari Indukan yang benar2 jelas. Tanyakan ke penjualnya atau kalau perlu dilihat langsung indukannya. Karena genetik berpengaruh 50% terhadap kualitas ikannya. Kalau perlu, belilah dari breeder asli. Bukan penjual. Breeder atau petani biasanya tidak menjual langsung. Ciri anakan yang baik, baca sub bab di bawah.
  2. Untuk breeding coba-coba, pilihlah 1 indukan dan 2 pejantan yang besar minimal 40 cm. Sudah siap bertelur. Dikasih pakan alami lebih cepat bertelur seperti cacing, maggot atau kutu air.
  3. Breeding Beneran, Pilihlah yang memiliki ciri-ciri sangat ideal. Beli mahal tidak apa-apa, karena indukan yang baik adalah pabrik. Angsa bertelur emas. Kalau perlu keturunan dari ikan juara.

Menentukan Jenis Ikan Koi Yang Akan Dipelihara

Memilih jenis ikan koi tergantung selera. Sangat relatif. Tetapi umumnya para hobiis yang sudah lama memelihara ikan koi lebih memilih ikan koi jenis gosanke (kohaku, sanke, showa) daripada ikan koi lainnya. Merah, putih, Hitam sangat indah di kolam.

Jangan Mencampur-campur jenis ikan koi di kolam. Jadinya kurang indah. Chagoi di jadikan satu kolam dengan Kohaku kelihatan jelek. Kalau suka Chagoi, sebaiknya dicampur dengan Chagoi atau ikan 1 warna lainnya. Warna dicampur aduk juga tidak serasi.

Joglo Koi Farm Kediri

Cara Memilih Ikan Koi Berdasarkan Jenisnya.

Jenis Ikan koi tentu banyak sekali. Tiap jenis memiliki kriteria yang berbeda-beda. Disini, akan diuraikan cara memilih ikan koi yang baik untuk 7 Jenis ikan koi yang populer saja. Jenis lain, apalagi yang antik-antik seperti matsukawabake, kage, kiko, kumonryu dll tidak dibahas. Karena rumit dan standarnya tidak ada. Kalau ikannya kecil juga sangat sulit memilihnya, kecuali breeder aslinya.

Ciri-ciri Umum :

  1. Bodi bagus torpedo, simetris, bulky, agak berpunuk, sehat jasmani dan rohani
  2. Bentuk kepala agak bulat, tidak menyerupai tikus lancip.
  3. Sirip samping dan ekor besar
  4. Berenang anggun, insang menutup sempurna
  5. Sisik rapi

Cara Memilih Ikan Koi Kohaku Yang Baik

  1. Pola merah PADAT HALUS, step 2-3-4. Di kepala tidak menyentuh mata, bibir dan pangkal ekor. Jarak antar pola cukup, tidak mepet. Merah CERAH. Tidak terlalu tajam (merah sekali), juga tidak oranye.
  2. Pola Putih bersih kapas salju pualam. Biasanya warna putih tidak diperhatikan, padahal sangat mempengaruhi kualitas.
  3. Pola Merah tidak bocor (tidak ada bintik merah di warna putihnya)
  4. Sirip samping dan ekor putih bersih

Cara Memilih Ikan Koi Sanke (Taisho Sanshoku)

  1. Sama Seperti Kohaku
  2. Hitam tidak ada di kepala
  3. Seimbang Merah putih, warna hitam hanya mengumpul 5-7 Titik 20% dari seluruh tubuh

Memilih Ikan Koi Showa

  1. Hitam merah putih padat halus
  2. Diutamakan Maruten (warna merah di kepala terpisah dari badan). Ada hitam di kepala spt sungai.
  3. Hitam di sirip (motogoro) mengumpul
  4. Seimbang merah putih hitam

Cara Memilih Ikan Koi Kujaku

  1. Kepala bersih tidak ada noda hitam
  2. Sisik keperakan jelas
  3. Lebih baik agak merah, bukan oranye.
  4. Pola seperti kohaku

Memilih Ikan Koi Goshiki

Goshiki artinya 5 warna. Cara memilihnya :

  1. Dasar abu-abu biru gelap
  2. Warna merah menumpang dasarnya tidak tembus. Tebal
  3. Pola merah seperti kohaku lebih gelap tajam

Cara Memilih Ikan Koi Sushui dan Asagi

Sushui dan asagi adalah jenis yang sama dengan perbedaan sisik. Asagi sisik merata, sushui sisik hanya di atasseperti bekas kerokan.

  1. Kepala Bersih
  2. Ring Rapi hitam kebiru2 an
  3. Samping badan berwarna merah mencolok (Hana)

Joglo Koi Farm Kediri

Cara Memilih Ikan Koi Polosan

  1. Ring Rapi
  2. Warna Cerah
  3. Bodi berpunuk bulky

Cara Memilih Ikan Koi PALING MUDAH PASTI BAGUS

Memilih ikan koi ada cara sulit ada cara mudah. Memilih ikan koi super atau SQ untuk keperluan kontes membutuhkan pengalaman dan tidak bisa dilihat dari foto atau video. Harus melihat langsung kepadatan warna, sisik dan memegang bodinya.

Berikut adalah cara paling mudah memilih ikan koi jenis apapun :

  1. Buka Website https://apki.info/
  2. Pilih Menu Koi Show
  3. Disitu ada hasil lomba kontes koi mulai tahun 2003 dan foto ikan juaranya.
  4. Carilah ikan di pasaran yang MEMILIKI CIRI-CIRI SEPERTI DI FOTO itu.
  5. Pasti bagus dan harganya mahal 😀

Cara lainnya, tinggal diketik di google image/gambar ikan koi … champion. Sesuai jenisnya. Pilihlah ikan koi di pasaran yang memiliki ciri-ciri seperti di gambar. Pasti Bagus.

Cara Memilih Ikan Koi Cara Sulit Menurut Orang Jepang

Cara memilih ikan koi

Sumber : http://zna.jp/eng/

BODY SHAPE (Bentuk Badan)

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengamati bentuk badan ko. Ii sangat penting, sebab penampilan koi yang paling utama adalah dilihat daribentuk badannya.

HACHI (Kepala)

Bagan Kepala (Hach) pada koi jumbo bentuknya seperi bulat telur. Plih Kai dengan bentuk kepala yang proporsional dengan badannya. Hindari membeli koi dengan kepala yang tampak lebih besar dari badan.

KATA (Pundak)

Bagian pundak Koi (Kata) sebaiknya tampak lebar (kekar. Bagian ini adalah sebagai pusat perhatian dalam melihat koi secara keseluruhan. Hindari membeli koi dengan pundak yang kecil atau lebi kecil dar kepalanya,

BACKBONE (Tulang Belakang)

Bagian tulang belakang (backbone) ika dilihat dari atas akan tampak lurus (tidak bengkok) dan tidak terlalu menonjol. Jangan membeli ko yang memiliki tulang belakang terlalu menonjol sehingga tampak seperti ko kurus

SEBIRE (Sirip Atas)

Periksa juga pada bagian sirip atas (Sebire. Pastikan pada bagian ini tidak terbelah atau terpotong, Bagian ini tidak tampak dari atas, oleh sebab itu, miingkan koi dan lihat dari samping Koi yang pernah terserang penyakit, pada bagian sip atas akan meninggalkan bekas (ripis) atau berlubang. Jika anda menemukan bekas luka terpotong atau berlubang, maka tanyakan kepada penjual, apa penyebabnya. Apakah Karena bekas luka akibat serangan penyakit atau oleh sebab yang lainnya.

Kualitas Sisik

Setelah mengamati bentuk badan, maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memeriksa kualitas warna koi (Skin guality) yaitu

fukurin sanke 660x330 1 kiwa koi

Memilih warna ikan koi

COLOUR (Kualitas Warna)

Kualitas warna koi yang baik adalah tampak pekat (tajam) dan merata. Untuk warna putih, tampak benar-benar bersih tanpa ada bintik-bintik warna lain (spot) dan warnanya seputih salju. Warna merah (hi) tampak pekat dan warna hitam seperti warna tinta ink)

KIWA

Kiwa adalah batas terluar dari sebuah pola. Kiwa yang baik adalah tampakjelas (tidak blur)

SASHI

Sashi adalah semacam gradasi warna, biasanya berada di tepi pola yang mengarah ke depan (arah kepala)

Joglo Koi Farm Kediri