cara memelihara ikan koi

5 Cara Memelihara Ikan Koi Supaya Cepat Besar Terbukti Berhasil

Posted on

Jual Ikan Koi. Cara Memelihara Ikan Koi. Keindahan ikan koi dari berbagai jenis, corak dan juga warna membuat jenis ikan hias ini semakin digemari dari tahun ke tahun. Dengan harga jual yang tinggi juga membuat banyak orang membudidayakan ikan koi untuk mendapatkan keuntungan atau sekedar menyalurkan hobi mereka.

Dalam memelihara ikan koi, dibutuhkan beberapa perawatan khusus supaya ikan koi bisa tumbuh dengan sehat dan cepat besar seperti keadaan kolam, jenis pakan dan juga beberapa faktor penting lainnya. Berikut ini kami akan memberikan cara memelihara ikan koi supaya cepat besar yang bisa anda gunakan.

1. Perhatikan Kualitas Air

Supaya ikan koi bisa tumbuh dengan baik, kualitas dari air kolam ikan harus selalu dijaga. Pertumbuhan koi akan berjalan dengan lambat karena kualitas air kolam yang kurang baik. Oleh karena itu, pastikan jika air kolam selalu di ganti atau di kuras setidaknya satu kali dalam seminggu. Namun jika belum 1 minggu dan air sudah berubah warna menjadi keruh, maka harus segera diganti secepatnya.

Apabila air kotor tidak segera dikuras, maka ikan yang ada di kolam akan semakin lemas. Untuk tingkat keasaman pH air ideal adalah 7.0 sampai dengan 8.0 dan ikan koi tidak akan bisa bertahan hidup pada pH air dibawah 5.0 atau diatas 10.0.

Sedangkan untuk komposisi air, pastikan air yang digunakan terbebas dari chlorine yang umumnya digunakan pada air olahan. Endapkan air terlebih dulu sebelum digunakan atau bisa ditambahkan dengan antiklorin ke dalam air.

Apabila anda menggunakan air alami, maka perhatikan kemungkinan tercampurnya air dengan berbagai bahan seperti merkuri, kadmium, insektisida, phenol ataupun minyak.  Suhu air juga menjadi faktor penting supaya pertumbuhan ikan koi bisa maksimal. Suhu standar yang dibutuhkan adalah antara 25 sampai 27 derajat celcius sehingga metabolisme bisa lebih dipercepat dan memungkinkan untuk memberi pakan dalam jumlah yang banyak yang akan semakin mempercepat pertumbuhan ikan koi dengan maksimal.

2. Perhatikan Pakan dan Vitamin Ikan Koi

Dalam memelihara ikan koi, jenis oakan yang diberikan juga harus diperhatikan. Pastikan pakan mempunyai kualitas yang baik dan sesuai dengan jenis ikan koi yang dipelihara.

Ikan koi yang merupakan hewan omnivora membutuhkan banyak jenis makanan seperti selada, ganggang, ulat, udang kecil dan sebagainya, untuk jadwal pemberian pakan bisa dilakukan 2 sampai 3 kali sehari, akan tetapi ikan koi akan makan lebih sedikit saat cuaca berubah menjadi lebih dingin.

Makanan ikan koi yang mengandung nutrisi bisa didapatkan juga dari berbagai jenis sayuran, cacing, roti dan beberapa jenis buah tertentu. Dalam memberikan pakan ikan koi juga tidak boleh dilakukan dengan berlebihan sebab akan membuat kolam lebih cepat kotor.

Semakin banyak anda memberi makan ikan koi, maka jumlah kotoran yang dihasilkan juga semakin banyak sehingga ikan koi merasa tidak nyaman dan akhirnya mati. Ikan koi memiliki nafsu makan berbeda bergantung dari musim atau cuaca.

Hindari memberikan pakan koi yang mengandung protein saat suhu sedang rendah sebab bisa menimbulkan gangguan pencernaan ikan. Akan tetapi, saat suhu sedang naik, maka tambahkan pakan yang mengandung protein untuk memperbanyak cadangan lemak pada ikan koi.

Ikan koi yang berusia muda juga membutuhkan lebih banyak protein dibandingkan ikan koi dewasa dan dengan pemberian pakan yang tepat, maka sehingga nantinya akan mempercepat proses tumbuh ikan koi yang anda miliki.

3. Perhatikan Kenyamanan Kolam Ikan Koi

Cara memelihara ikan koi supaya cepat besar juga harus memperhatikan dari tingkat kenyamanan kolam. Banyak pemilik ikan koi berpikir jika ikan akan lebih terlihat cantik jika ikan koi terlihat dengan jelas sehingga memakai ukuran kolam yang dangkal. Namun dengan menggunakan kolam yang dangkal, pertumbuhan ikan koi akan mengalami gangguan seperti bungkuk dan ukurannya kerdil.

Selain itu, kerugian memelihat koi di kolam yang dangkal lainnya adalah memudarnya warna ikan koi menjadi lebih pucat karena terlalu sering terkena sinar matahari.

Selain tingkat kedalaman kolam, perhatikan juga jumlah ikan koi yang dipelihara di dalam kolam dengan ukuran dari kolam itu sendiri. Buatlah desain kolam yang nyaman sehingga ikan koi bisa tumbuh besar dengan sehat.

Akan lebih baik jika membuat kolam dengan ukuran yang besar dan dalam sehingga ikan koi dapat bergerak dengan bebas serta mendukung proses tumbuh dan perkembangan otot ikan koi.

4. Pengisian Air Kolam

Air menjadi salah satu faktor penting dalam memelihara ikan koi supaya bisa berkembang pesat. Apabila anda memakai air sumur atau dari sungai, maka air haruslah diendapkan terlebih dulu sebelum digunakan pada kolam.

Saat mengisi air kolam, perhatikan jarak air dengan bibir kolam yakni dengan ukuran minimum setidaknya 25 cm sehingga ikan koi tidak melompat keluar kolam. Agar kualitas air dalam kolam bisa lebih maksimal, maka tambahkan dengan saluran pembuangan dibagian dasar kolam serta pipa untuk menglirkan air bersih pada bagian atas kolam.

5. Pasang Filter Kolam Ikan Koi

Untuk kualitas air terbaik, maka perlu ditambahkan filter pada kolam ikan koi. Air kolam yang keruh terjadi karena beberapa hal seperti sisa makanan, lumut, kotoran ikan, alga dan juga dedaunan yang masuk ke dalam kolam.

Keadaan air kolam yang keruh dan kotor akan membuat kadar oksigen dalam air semakin berkurang yang menyebabkan ikan koi berebut oksigen. Ditambah lagi dengan gas amonia yang timbul dari kotoran ikan dan sisa makanan yang akan semakin memperparah kondisi ikan koi.

Gas amonia yang berlebihan akan menghasilkan racun yang akan membuat ikan koi lemas, sakit dan akhirnya mati. Supaya keadaan air tetap berkualitas baik, maka langkah terbaik adalah dengan menambahkan filter yang terdiri dari empat komponen.

Komponen pertama terdiri dari pasir, kerikil dan juga ijuk yang berguna untuk menyaring sampah serta lumpur yang mengotori area kolam.

Komponen kedua adalah karbon zeolit yang berguna untuk menyingkirkan bau, racun dan juga membunuh kuman penyakit.

Komponen ketiga merupakan pestisida yang tidak akan membunuh bakteri pengurai namun memiliki kegunaan untuk membersihkan air kolam.

Komponen keempat adalah tanaman atau bebatuan yang akan mengikat kotoran di dalam kolam ikan koi.

Sementara untuk tingkat keasaman air atau pH ideal adalah 6.5 sampai dengan 8.5, sedangkan untuk sirkulasi air bisa memakai pompa air yang mengalirkan 25 liter air per menitnya.

Meskipun filter ini sangat baik digunakan pada kolam ika koi, akan tetapi air juga harus diganti setidaknya 2 kali dalam seminggu agar berbagai racun dari kotoran dan sisa makanan yang mengandung nitrit bisa terbuang. Selain itu, bersihkan juga filter dan bak filter agar awet yakni dengan menyemprotkan air bersih selama 5 sampai 10 menit.

Semoga artikel yang kami berikan kali ini mengenai cara memelihara ikan koi supaya cepat besar bisa bermanfaat dalam merawat ikan koi sehingga bisa selalu tumbuh dengan sehat dan keindahan warna yang selalu terjaga dengan baik, selamat mencoba.