cara jitu memilih ikan koi super

Cara Jitu Memilih Ikan Koi Super

Posted on

Cara Jitu Memilih Ikan Koi Super. Dalam memilih koi unggulan dan super mempunyai ciri khas khusus yang berbeda dengan ikan koi biasa. Dilihat dari harga juga tentunya lebih tinggi dari ikan koi biasa, sebab harga 1 ekor ikan koi berkualitas super ini bisa mencapai jutaan Rupiah. Sementara ikan koi biasa hanya dibanderol dengan harga beberapa puluh ribu perekornya.

Cara Memilih Ikan Koi Kualitas Super

Dalam memilih ikan koi super ada beberapa cara yang bisa anda lakukan dan tips yang akan kami berikan kali ini bisa anda gunakan sebagai panduan supaya tidak salah saat membeli ikan koi.

  • Pilih bentuk badan ikan koi yang ideal dengan perbandingan antara panjang dan tinggi badan koi 12 atau 13. Apabila dilihat dari atas maka badan koi akan tampak membulat panjang namun tidak terlalu gemuk.
  • Pilihlah ikan koi yang mempunyai garis punggung lurus dan tidak melengkung.
  • Ikan koi yang berkualitas super akan berenang dengan seimbang sebab sepasang sirip yang dimiliki dibagian kanan serta kiri seimbang yang dikenal dengan sebutan mempunyai jitai baik.
  • Pilih juga ikan koi dengan sirip dada serta sirip perut berukuran sama besar.
  • Pilih ikan koi dengan ukuran sirip punggung dan juga sirip ekor yang proporsional seimbang dan juga sesuai dengan panjang serta tinggi badan ikan koi. Selain itu, pilih juga sirip punggung yang tegak, tidak miring ataupun terjuntai ke arah kiri dan kanan.
  • Untuk bentuk area kepala yang meliputi mulut, mata serta insang yang serasi dan proporsional. Jangan pilih ikan koi yang memiliki hidung terlalu mancung ataupun sebaliknya yakni terlalu masuk seperti masuk ke dalam timbunan daging.
  • Perhatikan juga area hidung ikan koi, apabila hidung terlalu terbuka, ini mungkin disebabkan ikan koi pernah terkena penyakit khususnya penyakit pada insang.
  • Pilih juga ikan koi dengan warna kontras dan cerah. Batas pola warna yang terlihat jelas merupakan pilihan paling tepat untuk ikan koi super. Sebagai contoh jika koi koahku pilihlah warna merah yang cerah dan bagian warna putihnya sangat bersih dan tidak terdapat warna lain atau warna merah tidak kekuningan.
  • Pilih juga ikan koi yang sehat dan tidak tampak lemas, lamban berenang, berenang tidak seimbang atau sering diam di dasar kolam sementara bagian insangnya bergerak dengan cepat. Hal tersebut menjadi pertanda jika ikan sedang mengalami kesulitan bernapas dan tidak sedang dalam keadaan sehat.
  • Selain itu, ikan koi kualitas super juga sangat senang berkumpul dalam kawanan dan hindari juga memilih ikan koi yang lebih senang menyendiri dan menjauh dari kawanan ikan koi lainnya. Ini menjadi pertanda jika koi sedang sakit atau mempunyai kebiasaan tidak baik sebagai ikan hias.

Memilih Ikan Koi Kualitas Super Untuk Kontes

Untuk anda yang ingin mengikuti kontes, maka kriteria ikan koi super yang dibutuhkan juga semakin diperketat, sebab tidak bergantung dengan selera kita saja namun juga harus memenuhi semua kriteria serta kualitas dan juga standar penjurian. Jika dilihat secara umum, level dari kualitas ikan koi dikelompokkan menjadi 3 bagian yang bisa anda lihat berikut ini.

Pond Quality

Ini merupakan tingkatan yang didapat dengan cara sortir dari breeder koi, peternak ikan koi dan juga toko ikan hias. Sebagian besar jenis dari ikan koi dibesarkan dengan cara lokal dan garis darah campuran sehingga tidak terdapat catatan.

Ornamental Quality

Untuk level ini, ikan koi memiliki catatan tentang garis darah yang bisa dipertanggung jawabkan. Untuk segi kualitasnya mempunyau bentuk tubuh proporsional dan warna cerah yang indah.

Ikan koi yang tidak mempunyai pola serasi juga tidak dapat ikut dalam lomba dan umumnya mempunyai warna yang tidak seimbang serta masih ada beberapa kekurangan. Dalam level ini, ikan koi bisa dijadikan sebagai indukan yang baik dan harganya tidak semahal dari kualitas kontes.

Show Quality

Ikan ini sudah masuk kedalam kriteria layak kontes dan secara umum kriterianya adalah bentuk tubuh yang baik umumnya berbentuk torpeo serta kualitas warna sangat cerah, bagian kulit sisik akan tampak mengkilap, bagian kiwa tajam antar batas tegas dna warnanya, warna terlihat merata dan juga mempunyai pola yang seimbang.

Tips Memilih Bibit Koi Kualitas Super

Hal paling mendasar dalam memilih bibit ikan koi kualitas super adalah dari breeder yang sudah terpercaya dan jika mungkin beli bibit ikan koi dari indukan yang sudah mempunyai garis keturunan jelas.

Dalam memilih bibit ikan koi kontes tidaklah serupa dengan memilih ikan koi untuk rumah sendiri dan memilih bibit ikan koi untuk kontes mempunyai syarat lebih detail jika dibandingkan dengan ikan hias biasa.

Tidak hanya indah untuk kita pribadi, namun ikan koi untuk kontes juga harus memenuhi standar penjurian kotes tersebut. Namun, jika secara umum dalam memilih bibit ikan koi kualitas super adalah memperhatikan indukannya, kesehatan kolam breeder indukan serta warna ikan koi yang anda pilih .

Supaya bisa mengetahui kualitas dari pemeliharaan ikan koi yang bagus maka perlu diketahui parameter dalam kolam yang dibutuhkan dan saat anda membeli bibit ikan koi maka anda harus memeriksa kesehatan koi dalam kolam.

Perhatikan jika tidak ada ikan yang sedang sakit. Saran terbaik adalah memilih bibit ikan koi dengan ukuran kira-kira 10 cm seba harganya masih lebih murah. Apabila anda termasuk pemula, maka ukuran tersebut adalah ukuran yang ideal sehingga anda bisa melihat perkembangan ikan koi dari kecil sampai besar. Selain itu, pakan yang dibutuhkan juga belum terlalu banyak dan perawatan juga terbilang masih mudah.

Cara Memilih Induk Koi Super Berkualitas

Agar mendapatkan bibit ikan koi dengan kualitas prima, maka hal yang harus diperhatikan adalah memilih induk ikan koi terbaik.

Dalam memilih koi jantan dan betina untuk indukan, maka pilih yang sudah matang serta cukup dewasa. Ini bisa dilihat dari postur tubuh yang sudah memadai. Untuk indukan jantan harus cukup matang sehingga bisa menghasilkan sperma dan untuk indukan betina juga harus sudah dapat menghasilkan sel telur.

Jika dilihat dari fisik, indukan yang baik akan memiliki tubuh sehat, tidak cacat serta mempunyai sirip yang lengkap. indukan bagus juga bisa bergerak dengan seimbang dan tidak terlihat lesu. Keseimbangan saat berenang ini menjadi indikasi sirip dada dan juga sirip punggung seimbang pada bagian kanan dan kirinya.

Untuk usia yang ideal pada koi jantan adalah 3 tahun dan koi betina sudah memasuki usia 2 tahun. Ukuran indukan koi betina ukurannya umumnya agak lebih besar dibandingkan yang jantan, ini terlihat dari bagian perut koi betina yang lebih besar dari ukuran punggung, sementara untuk koi jantan terlihat lebih kecil apabila dilihat dari bagian punggung.

Ciri yang terakhir adalah timbul bintik-bintik warna putih pada tubuh ikan koi super dan tanda ini tidak keluar saat dalam keadaan normal hanya pada saat siap kawin saja dan indukan koi juga harus sudah memenuhi standar syarat disetiap jenis ikan koi seperti showa, kohaku, kobbe dan beberapa jenis ikan koi lainnya.