Cara Tips

Cara Cepat Mahir Memelihara Ikan Koi

Cara Cepat Mahir Memelihara Ikan Koi

Memelihara jenis ikan hias merupakan hobi yang banyak dilakukan oleh berbagai macam kalangan,dan juga jenis ikan hias ini sangat bermacam-macam. Namun,kali ini admin akan mengulas secara detail mengenai ikan hias yang lagu booming akhir-akhir ini lantaran pernah terjual hingga puluhan juta.

Ya,kali ini admin akan mengulas seputar jenis ikan hias yang mempunyai warna yang cantik yakni Ikan Koi,bagi masyarakat khusus nya di negeri sakura Jepang,jenis ikan koi ini merupakan ikan yang dapat membawa hoki dan dapat pula menyenangkan bagi pemeliharanya, karena keindahan ikan koi mampu menyejukkan pandangan dan menentramkan pikiran ketika jenuh atau sedang lelah.

Cara Cepat Mahir Memelihara Ikan Koi

Koi denganΒ  ukuran jumbo yang akan berenang-renang di sekitar rumah menjadi hiburan tersendiri dan secara efektif dapat melepas kepenatan akibat seharian bekerja. Sebagian besar masyarakat di negara Jepang berkeyakinan bahwa memelihara ikan koi ini dapat mendatangkan hoki bagi pemiliknya. Akan tetapi sebagian orang tidak terlalu peduli dengan hal tersebut.

Baca Juga: Cara Merawat Ikan Koi

Kebanyakan beberapa pecinta ikan koi ini memiliki sejumlah pengalaman baik dalam hal memelihara ikan koi maupun budidaya ikan koi yang kandilakuj dengan penuh ketekunan dan juga kesabaran, karena hobi tanpa disadari menghasilkan koi dengan kualitas unggul dan menang dalam berbagai kontes akhirnya koi ini nantinya akan dibanderol dengan value yang tinggi pula,dan tergolong ikan koi dengan harga mahal.

Cara budidaya ikan koi ini sebenarnya tak ubahnya dengan teknik budidaya ikan mas pada umumnya. Maka,untuk memperdalam ilmu perihal budidaya ikan koi kali ini admin akan sampaikan beberapa hal terkait proses serta cara budidaya ikan koi yang mana panduan ini berdasarkan paparan dari seorang breeder ikan koi profesional.

Cara Cepat Mahir Memelihara Ikan Koi

  1. Pemilihan indukan

Menurut beliau setidaknya terdapat dua cara untuk mendapatkan indukan ikan koi dengan kualitas terbaik. Dengan membeli jenis indukan yang matang seksual dari jenis berkualitas atau bisa juga dengan bekerjasama dengan pemilik indukan matang seksual, yang mana biasanya pemilik ini adalah penghobi senior dan paham betul tentang ikan koi.

Untuk mendapatkan ikan koi dengan indukan yang sudah cukup matang dalam hal seksual, setidaknya ikan koi ini sudah harus sudah berusia antara 2 – 4 tahun dengan bentuk sempurna, corak yang cukup baik, dengan kondisi sehat dan tentunya dengan tingkah laku yang gesit dan lincah,namun tetap tampak anggun dan tenang.

  1. Proses pemijahan Ikan Koi

Untuk memulai tahapan pemijahan,pertama yang harus anda lakukan adalah memisahkan dahulu satu ekor ikan koi betina pada kolam pemijahan yang sebelumnya sudah Anda keringkan terlebih dahulu selama 2 -3 hari. Proses pengeringan ini membantu agar dapat mengendalikan biota yang dianggap mengganggu dalam proses pemijahan nanti. Lalu,pasangkan pula kakaban untuk peletakan telur ikan koi yang terbuat dari bahan ijuk.

Masukan setidaknya 3 ekor pejantan dan biarkan secara alami terjadi pemijahan yang mana biasanya pemijahan ini akan berlangsung pada malam hari. Pada pagi harinya, Anda akan menjumpai gumpalan telur pada kakaban.

Cara Cepat Mahir Memelihara Ikan Koi

 

  1. Proses Larva

Biarkan telur ikan koi ini berada pada kolam pemijahan dan pastikan agar suhu tetap stabil yakni antaraΒ  27o – 30oC, ketika telur akan mulai menetas,yang biasanya akan terjadi selama kurun waktu 48 jam saja. Lalu setelah itu akan menghasilkan larva. Tugas anda adalah memisahkan larva tadi setidaknya selama 3 hari agar larva mudah beradaptasi tanpa diberi makan karena biasanya mereka masih makan dari telur yang melekat pada tubuh larva. Ketika larva inu menginjak usia ke 4,barulah anda boleh untuk menambahkan makanan bergizi alami dengan campuran kuning telur rebus dan pelet halus sebagai pakan. Cara Cepat Mahir Memelihara Ikan Koi

 

  1. Proses pembesaran

Ketika berusia 3 bulan, maka tahap yang harus anda lakukan adalah memisahkan ikan kecil,dan kemudian lakukan penyortiran untuk dijadikan beberapa kategori yang tentunya mempunyai kualitas Grade A dan kualitas yang ada di bawahnya. Lalu Anda besarkan hingga dewasa pada kolam khusus pembesaran.

Kolam dengan ukuran 4 x 4 m ini setidaknya bisa menampung hingga 60 ekor anakan ikan koi. Pada fase ini siapkan juga pakan untuk anakan seperti cacing sutera yang mana jenis makanan ini cocok dan sangat baik untuk membantunya dalam pembentukan warna ikan koi, pelet akan baik untuk meningkatkan massa ototnya. Biasanya ketika usia menginjak 5 bulan ikan Koi sudah siap untuk dipanen.

5.Pemilihan Pakan Berkualitas Untuk Ikan Koi

Pakan ikan koi merupakan salah satu hal yang penting dan merupakan faktor yang paling berpengaruh pada kehidupan ikan koi,jenis pakan yang bagus adalah jenis pakan yang diberikanΒ  bisa untuk merangsang masa pertumbuhan pada ikan koi itu sendiri, dan juga yang dapat meningkatkan kontras warna pada ikan koi,yang mana sekaligus dapat menjaga kesehatan ikan koi tersebut.

Tips Sederhana Membuat Pakan Ikan Koi:

  • Siapkan udang kecil yang masih segar
  • Siapkan 1 butir telur, sayuran wortel, bawang putih, agar-agar dan juga suplemen Vitamin C
  • Tambahkan sedikit 1 gelas air dingin,lalu kemudian sama-sama blender semua bahan diatas hingga tercampur secara rata hingga halus.
  • Siapkan pelet ikan yang biasa kita gunakan, rendam dengan air panas kemudian masukan serbuk agar-agar
  • Campurkan kedua campuran tadi menajdi 1 adonan,lalu emudian dinginkan dan pastikan pendinginan ini memakan waktu sekitar 3 jam
  • Setelah dingin, maka selanjutnya adalah membentuk adonan yang telah dibuat tadi agar menyerupai seperti cacing tanah
  • Keringkan dengan menjemur pada terik matahari selaam 2 hari atau anda juga bisa menggunakan bantuan alat seperti oven
  • Pakan ikan koi penuh gizi siap untuk diberikan.

yang mana kandungan ini sangat baik untuk segera diberikan pada bibit atau indukan ikan koi,dan tentunya pakan racikan sendiri merupakan jenis pakan yang banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan ikan koi dan tentunya jauh lebih alami.

Namun,jika anda merasa kesulitan kala membuat racikan pakan sendiri,dan merasa kurang puas,maka anda patut untuk mencoba alternatif pakan lainnya,yang juga mempunyai nutrisi serta vitamin yang bagus untuk pertumbuhan ikan koi. Cara Cepat Mahir Memelihara Ikan Koi

Cacing sutera

Jenis Cacing sutera merupakan salah satu jenis hewan yang telah menjadi salah satu makanan favotit bagi ikan koimterutama ketika masih dalam keadaan bibit atau baru menetas,jenis pakan yang satu ini memang sangat dianjurkan oleh para breeder terkemuka,karena memang cacing sutra ini makanan yang cukup bagus untuk ikan koi,terlebih jika masih dalam keadaan benih.

Cacing sutera sendiri merupakan jenis hewan yang kerap dijadikan pakan untuk kebanyakan ikan hias,baik cupang maupun louhan,karena cacing sutra ini memiliki kandungan protein yang sangat mendominasi dengan jumlah banyak,selain itu juga terdapat senyawa lain yakni asam amino yang mana senyawa tersebut sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan ikan koi agar bisa menghasilkan sel-sel telur dan juga cairan sperma yang banyak dan berkualitas.

Jika ikan koi yang anda pelihara kekurangan nutrisi dan kekurangan protein, maka hal tersebut akan menghambat proses pertumbuhan ikan koi dalam jangka panjang dan juga bisa menyebabkan deformasi pada bagian tulang belakang ikan koi.