Cara Budi Daya Ikan Koi Di Kolam Tanah Yang Simple dan Biayanya

Cara Budi daya Ikan Koi Di Kolam Tanah. Kemunculan ikan koi dimulai secara luas di Jepang, dimana masyarakat suka memelihara ikan yang termasuk dalam spesies ikan mas atau bahasa ilmiahnya adalah cyprinus carpio. 

chat via wa

Budidaya ikan koi menjadi populer di Indonesia sejak 1960-an. Asal mula ketenaran ikan ini adalah ketika Presiden Soekarno (presiden pertama Indonesia) mendapat hadiah dari pemimpin Jepang, sejak saat itu ikan koi tumbuh dan berkembang menjadi Blitar.

Budidaya Ikan Koi di kolam tanah tidak jauh berbeda dengan budidaya ikan lainnya. Ikan koi membutuhkan air yang sehat untuk menjadi tempat tinggalnya.

Makanya salah satu ikan yang disukai banyak orang dan dikenal masyarakat luas. Penangkaran koi ini bisa dilakukan sebagai hobi atau jika dilakukan dengan serius bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Ikan koi juga termasuk dalam kategori ikan hias yang membutuhkan nutrisi yang berkualitas untuk pemeliharaannya.

Cara Budi daya Ikan Koi Di Kolam Tanah

Pembangunan Kolam Tanah (Mud pond)

Mempersiapkan budidaya koi dengan kolam tanah meliputi menyiapkan area kolam, menyiapkan bahan kayu , bambu dan paranet untuk pagar, dan menyiapkan fitur partisan. Area yang perlu disiapkan sesuai dengan jumlah dan ukuran koi yang akan dibudidayakan. Prosesnya adalah :

Cara Budidaya Ikan Koi Di Kolam Tanah

Pemilihan Lahan Kolam Tanah

Pertimbangan pemilihan lahan cukup menentukan keberhasilan budidaya ikan koi. Berdasarkan pengalaman, kendala yang dihadapi ketika salah memilih lahan berakibat budi daya gagal total alias rugi.

  1. Lahan mudah diawasi dan aman dari pencuri. Banyak kejadian kolam ikan dicuri pada saat akan panen.
  2. Ada Akses listrik untuk pompa, aerator dan penerangan. Pertumbuhan ikan koi akan maksimal bila kebutuhan oksigen dan air bersih terpenuhi. Untuk kolam sawah dengan aliran air sungai dekat sumber mata air bisa tanpa listrik. Waspada terhadap pestisida buangan dari sawah tetangga yang dapat meracuni ikan sekolam.
  3. Tanpa listrik, pengurasan menggunakan diesel cukup lama. Pastikan buangan air lebih rendah dan cepat susut.
  4. Dekat dengan lokasi pembuangan atau sungai yang lebih rendah. debit buangan air kolam tanah sangat banyak. Kadang di protes tetangga apabila tidak diantisipasi membanjiri lahan sebelahnya.

Penggalian Kolam Ikan Koi

Kolam Koi yang baik di gali pada kedalaman 1-2 meter. Semakin dalam semakin baik. Suhu lebih stabil dan ikan koi lebih cepat besar. Habitat asli ikan koi di danau. Lebar tanggul dibuat 1-2 meter. Semakin luas dan debit air semakin besar, tanggul harus semakin lebar.

Seringkali tanggul JEBOL pas musim hujan gara-gara erosi longsor tidak kuat terkikis air dan tekanan kolam. Ikan hilang semua, kalo tidak mati ya lepas semua ke sungai wassalam. Penggalian dan pemadatan tanggul bisa dilakukan dengan manual atau Traktor/Bego.

budidaya ikan koi kolam tanah

Pengolahan Dasar Kolam

Sebelum diisi air, dasar kolam harus diolah seperti sawah. Alat yang dipakai bisa manual cangkul atau traktor. Gunanya agar tanah gembur subur, makanan alami melimpah muncul di kolam. Pemupukan menggunakan urea atau pupuk kandang yang sudah difermentasi.

Pupuk Kandang mentah banyak menimbulkan penyakit.

Penebaran kapur dolomit secara merata diperlukan untuk menambah unsur Calsium dan Magnesium demi kesuburan plankton dan pemadatan dasar kolam. Pernah pembuatan kolam 30x50m persegi dalam 1,5 meter airnya tidak bisa penuh karena meresap tanah tidak bisa padat.

Solusinya diberi mulsa plastik. Bisa ditutup tanah. Belajarnya di petani ikan tambak.

Buat dasar kolam miring diberi kotak pembuangan. Bagian pembuangan lebih rendah agar mudah dikeringkan.

Pemasangan Pipa dan Terpal

Pemasangan pipa sangat penting karena kolam ikan koi butuh dikeringkan dan diisi air dengan cepat. Terpal kolam sebaiknya dipilih yang kuat karena cepat rusak bila terkena panas hujan. Mungkin cuma bertahan 5 tahunan. Pastikan pipa pembuangan air cepat mengalir.

Beda dengan kolam tambak, kolam ikan koi membutuhkan pengurasan cukup sering. Dari mulai bibit tebaran dari nol menetas 7 hari sampai besar 35-40 cm membutuhkan minimal 3x penyortiran. Apalagi kalau sampai Jumbo.

Tanggul dilapisi terpal agar air tidak mudah susut dan tidak jebol.

Pemagaran Bambu dan Paranet

Kolam tanah bisa dipagari bisa tidak. Demi Keamanan dan gangguan hama. Hama kepala hitam atau hama binatang. Regul (berang2), Biawak, Ular, Burung, ikan predator dan Cebong selalu menginTAI. Apalagi kalau di pinggir sawah. Bisa habis semalam dari pengalaman.

Cara Budidaya Ikan Koi

  • Budi daya ikan koi mulai dari pemijahan
  • Budi daya Pembesaran Ikan koi

Keduanya memiliki tahapan yang sama pada fase pembesaran. Budidaya ikan koi membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit. Langkah-langkah budidaya ikan koi adalah,

Cara Budi Daya Ikan Koi Dari Pemijahan

Pemilihan Indukan

Pilihlah Indukan yang Bagus. Karena faktor genetik menentukan 50% dari kualitas anakan ikan koi.

Induk berperan penting dalam mendapatkan anakan dengan kualitas terbaik. Jika Anda kesulitan mendapatkan spawner yang baik, Anda bisa meminjam spawner berkualitas baik dari para pecinta koi yang sudah lama memelihara ikan.

Pemijahan ikan koi

Biasanya, sebagian besar pecinta koi mengumpulkan peternak berkualitas untuk tujuan dekoratif atau kompetisi. Dan tidak jarang mereka tidak memiliki waktu atau keterampilan untuk memelihara ikan. Proses kawin bisa menjaga kesehatan ikan.

Salah satu cara tersebut menjadi simbiosis mutualisme antara keduanya, karena pemilik ikan diuntungkan dengan memelihara ikannya sedangkan pembudidaya bisa mendapatkan keturunan yang berkualitas alias keturunan. Berikut ciri-ciri ikan koi yang sehat, di antaranya:

  • Ikan koi berumur lebih dari 2 tahun.
  • Memiliki Varian yang Serumpun. Kohaku vs Sanke. Showa vs Shiro. Kujaku Vs Goshiki. Hariwake Vs Platinum atau Ogon. Chagoi Vs Chagoi Lain. Shusui Vs Asagi dll. Baca Jenis Jenis Ikan Koi
  • Varian yang tidak serumpun bila dipijahkan hasil anakannya seringkali kurang bagus.
  • Ikan koi memiliki bentuk yang ideal Torpedo Bulki Simetris
  • Ikan memiliki gaya berenang yang cukup tenang dan seimbang, tidak terlalu cepat maupun terlalu lambat.
  • Warnanya cerah dan kontras.
  • Mereka memiliki kondisi yang sangat baik dan gerakan yang lincah (tidak banyak duduk di dasar kolam).
  • Baik Indukan jantan maupun betina sudah matang untuk kawin.
  • Baik betina maupun jantan dianjurkan untuk tidak meletakkannya di dalam kolam, sehingga selama proses pembiakan, pejantan tidak harus mengulangi proses rotasi yaitu berpuasa pada saat kawin.

Proses Pemijahan Ikan Koi

Kolam pemijahan bisa di terpal, kolam semen atau jaring saja. Diisi air steril jamur dan antibiotik. Media bisa menggunakan kemocing plastik, sabut kelapa, sabut sapu hitam atau alami seperti rumput, eceng gondok.

Pastikan dinding tempat pemijahan cukup tinggi agar tidak lompat pas kawin kejar-kejaran.

kolam budidaya ikan koi

Cara Membuat Ikan Koi Bertelur bisa dipercepat dengan menyuntikkan hormon Ovaprim atau diberi telur bebek. Caranya lihat di youtube. Setelah bertelur tuntas, ikan kadang lemas. Bisa mati. Secepatnya dipindah ke karantina. diberi aerator kencang dan heater serta garam ikan agar tenang.

Langkah ini menentukan tingkat kegagalan dan keberhasilan ikan koi. Pada saat pemijahan harus dimaksimalkan dalam proses pemeliharaan dan tidak sembarangan.

Agar kegagalan bisa diminimalisir saat pemijahan sebaiknya tidak hanya menyiapkan jantan, hal ini untuk menghindari kemungkinan jantan tidak sehat. Direkomendasikan untuk menyediakan kurang lebih 2 sampai 3 ekor koi jantan.

Saat pemijahan sudah siap, taruh betina terlebih dahulu (sekitar jam 4 sore) di kolam pemijahan, biarkan ikan menyesuaikan diri dengan kolam. Setelah 3 sampai 5 jam, jantan baru dimasukkan.

Proses pemijahan biasanya berlangsung pada tengah malam. Selama proses pemijahan, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini, di antaranya:

Saat proses utama berlangsung, betina akan melepaskan sel telur dan diikuti oleh jantan untuk mengeluarkan sperma. Telur yang sudah dibuahi akan menempel pada kakaban atau tumbuhan air, proses kawin selesai saat pagi tiba.

Setelah telur keluar, segera pisahkan indukan koi. Hal ini dilakukan agar telur tidak dimakan oleh induknya sendiri. Telur Ikan Koi Akan menetas setelah 3-5 hari

Selama proses penetasan, perhatian harus diberikan pada suhu air, tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Karena jika terlalu dingin larva akan menetas dalam waktu lama, sedangkan jika suhu terlalu tinggi telur akan membusuk. 

Untuk suhu yang pas, sekitar 27-20 derajat Celcius. Usahakan merendam kakaban dalam air agar telur dapat menetas dengan baik.

Setelah 3 hari penetasan larva, cadangan makanan akan habis, sehingga perlu diberikan pakan berupa kutu air yang telah disaring.

Jika ukuran ikan koi sudah mencapai 1,5 cm, pemberian air kepada kutu dapat diganti dengan cacing sutera. Namun pada saat ikan berumur 2 minggu, cacing sutera sudah tidak diberikan lagi.

Pemeliharaan Larva Ikan Koi

Memelihara larva koi merupakan bagian penting dalam budidaya ikan. Mencegah ikan menetas hingga dewasa merupakan rangkaian proses yang membutuhkan kesabaran dan perawatan.

Begitu Anda memiliki lingkungan budidaya ikan yang baik, ada berbagai hal lain yang perlu diperhatikan juga.

Pada awal penetasan ikan koi ini masih membawa cadangan makanan yang dibawa oleh induknya (awalnya melalui telur ikan). Selama 2-3 hari pertama setelah menetas masih tersedia cadangan makanan yang cukup, sehingga tidak perlu diberi makan.

Pada hari ke-3 mulai bekal makanan berupa kuning telur rebus atau bisa juga dari kutu air.

Memasuki hari kesepuluh, koi sudah menjadi lebih besar dan siap mendapat makanan tambahan yaitu ulat sutera. Mudah dengan perubahan lingkungan, terutama yang disebabkan oleh air hujan. Anda bisa menanam koi di halaman belakang, jangan sampai koi Anda kehujanan.

Untuk Ikan Koi Showa, Larva dipisahkan. Dipilih yang warnanya Hitam saja. kuningnya dibuang.

Cara Budi Daya Ikan Koi Untuk pembesaran

Hasil Pemijahan masuk Kolam Tanah dan dibesarkan sampai 1,5 bulan untuk disortir.

pertumbuhan ikan koi

Pemilihan Bibit Ikan Koi

Memilih bibit ikan koi tentu sulit. Istilahnya Culling atau Sortir. Beli lebih sulit lagi. Ikan koi yang bagus dibesarkan petani. Sisanya baru dijual. Pilihlah bibit yang polanya bagus dan paling besar. Kalau kecil pertumbuhannya kurang bagus. Tidak bisa jumbo.

Pemilihan bibit ikan koi tentu kolamnya harus dikeringkan. Proses penyortiran berikutnya tiap 3 bulan untuk mengurangi populasi ikan koi di kolam agar cepat besar. Dipaksakan untuk diisi ikan koi banyak sulit sekali jadi besar.

Jadi setahun disortir 3-4x. Ribet amat kalau kolamnya lama dikeringkan. Ngisi airnya juga lama. Dibiarkan isi banyak ikan koi juga tidak tambah besar.

Tabel Kapasitas Kolam
Kolam (m2) Jumlah (ekor) Sortir 2 Sortir 3 Sortir 4
50 100 30 15 10
100 200 50 30 20
150 300 80 40 30
200 400 100 50 40
300 500 200 100 60
400 600 250 150 70
500 1000 300 180 100
1000 2000 500 200 150
2000 5000 1000 250 200

Tabel Pertumbuhan Ikan Koi

Tabel Rata-Rata Pertumbuhan Ikan Koi
Bulan Hari Cm
1 30 5
2 60 10
3 90 15
4 120 18
5 150 21
6 180 25
7 210 28
8 240 32
9 270 35
10 300 37
11 330 40
12 360 45

Pakan Untuk Budi Daya Ikan Koi di Kolam Tanah

Pakan Koi tentu berbeda dengan pakan ikan konsumsi. Biasanya merk harmoni, ikushu, breeder pro, hiroyuki, kea dll. Kalau masih kecil diberi pakan PF 500 800 1000. Bisa diberi pakan lele atau gurami tapi ikannya cepat gembos dan warnanya kurang bagus.

Pakan ikan koi agar cepat besar

Pemberian pakan perhari adalah 2% dari berat ikan koi total. Jadi ukuran dikali jumlah total ikan.

Tabel berat Ikan Koi

Tabel Berat Ikan Koi

Pakan biasanya dicampur probiotik. Bahannya EM4 perikanan pink, air kelapa 5Lt, tetes tebu atau gula 2kg, ragi 1 butir, Yakult 4 botol, Air 5Lt. Dibiarkan tertutup di Jirigen 2 mgg.

Aplikasinya diambil 5 tutup campur dengan air 1 gelas dan Pakan 1Kg. Diaduk merata dibiarkan 1 jam baru dikasihkan ikan koi.

Penanggulangan Hama dan Penyakit Kolam Tanah

Hama biasanya Burung, keong, katak, cebong, ikan predator masuk dari sungai. Lebih mudah pencegahan, dipagari jaring dan bambu. Kalau sudah masuk, kolam tanah dikuras, dibersihkan.

hama ikan koi di kolam tanah

Penyakit muncul biasanya karena air tidak sehat. Cara budidaya ikan koi di kolam tanah kunci utamanya pada pemeliharaan air. Ketika air tidak sehat, kolam mudah terkena penyakit.

Penyakit yang sering muncul adalah badan merah, sirip keropos dan kutu ikan. Bila ikan terkena penyakit, harus dikarantina. Pengobatan di kolam tanah, air disisakan 30cm ditaburi garam ikan.

Bila tidak berhasil, maka harus dikeringkan. Ikan dikarantina. Inilah fungsinya saluran pengeringan dan pengisian air kolam tanah harus lancar. Bila tidak lancar sangat merepotkan.

Untuk menjaga kesehatan ikan koi di kolam tanah, 2 hari sekali diberikan antibiotik alami dicampur pakan. Antibiotik jangan dicampur probiotik. Percuma nanti.

antibiotik ikan koi

Bahan antibiotik alami adalah kunyit oranye, bawang putih, daun sirih, daun jambu biji. Lebih mewah ditambah madu. Kunyit diblender campur air. Bawang diblender campur air.

Daun sirih direbus dengan air sampai mendidih tinggal separo. Daun sirih direbus dengan air sampai mendidih tinggal separo.

Masing-masing disimpan dalam botol tersendiri. Kalau dicampur cepat busuk. Aplikasinya baru dicampur.

Takarannya masing-masing 1 tutup ditambah air 1 gelas campur merata dengan pakan 1kg. Kebanyakan juga gpp. Paling ikannya agak puyeng.

Biaya Budi Daya Ikan Koi Di Kolam Tanah

Secara Riil, perhitungan biaya budi daya ikan koi di kolam tanah adalah sebagai berikut :

Biaya budidaya ikan koi

Sewa lahan 100ru setara 1400 meter persegi untuk 2 kolam 500m dan kolam tampungan Rp 4.000.000. Meski lahan sendiri harus dihitung sewa.

Pagar dan Paranet 100 meter Rp 8.000.000

Penggalian 2 Kolam 500m Rp 10.000.000

Terpal dan pemasangan 3 roll Rp 7.500.000

Listrik, 2 pompa, 2 Aerator, pipa Rp Rp 7.000.000

Bibit 1000 ekor kalau memijahkan sendiri tidak ada biaya. Beli 10cm an yang sedang Rp 10.000.000. Mendingan Beli Indukan 5 ekor (2 betina 3 jantan) dipijahkan sendiri. 10 Juta sudah dapat bagus.

Pegawai 1 Orang Tetap dan 1 Orang bebas 1 tahun Rp 15.000.000. Mengeringkan dan mengangkat ikan koi waktu sortir pasti lebih dari 1 orang.

Pakan 1000 ekor 2-3 Kg perhari. Harga 15rb-20rb per kg. 2kg x 300 hari x Rp 20.000 = Rp 12.000.000. Hari minggu ikan puasa.

Jala dan Jaring Rp 1.000.000.

Kolam Terpal Tampungan Rp 1.000.000

Listrik 1 tahun 2,5jt

Total = 4jt + 8jt + 10jt + 7,5jt + 7jt + 10jt + 15jt + 12jt + 1jt + 1jt + 2,5jt = Rp 78.000.000.

Ikan Koi setelah panen sulit dijual, kecuali sudah punya brand atau rekanan. Dijual di Sosial media seperti Facebook dll juga harganya agak sulit tinggi.

Butuh biaya pemasaran juga.

Hasil :

3 Bulan Sortiran Pertama Jual 500 ekor x Rp 20.000 = Rp 10.000.000

3 Bulan Sortiran Kedua Jual 300 Ekor x Rp 50.000 = Rp 15.000.000

3 Bulan Sortiran Ketiga Jual 100 Ekor x Rp 100.000 = Rp 10.000.000

Penjualan 3 bulanan buat beli pakan, bayar listrik, pegawai dan ngopi.

Panen Terakhir masing-masing kolam 50 ekor sudah besar 40-50cm Dijual 100 ekor x Rp 500.000 = Rp 50.000.000.

Total = 10jt + 15jt + 10jt + 50jt = Rp 85.000.000

Tahun pertama kerja 1 tahun dapet 7jt lumayan. Tahun ke 2 sd 5 tahun berikutnya tiap tahun dapat 50jt. Dihitung saja sendiri Masa habis pakainya 5 tahun.

Semoga bermanfaat.

Joglo Koi Farm Kediri