Budidaya

Budidaya Ikan Koi Di Aquarium

Budidaya Ikan Koi Di Aquarium

Untuk anda yang memelihara ikan koi tentunya anda juga ingin menjaga agar ikan koi yang anda pelihara  ini sebenarnya cukup mudah dan tergolong tidak sulit. Hanya saja, untuk menghasilkan kualitas dan juga jenis yang bagus dari ikan koi juga bukan urusan yang mudah.

Satu diantara tempat untuk Budidaya Ikan Koi yang dinilai cukup banyak dikerjakan yaitu di dalam aquarium denganh ukuran sedang maupun dengan ukuran besar. Cara memelihara ikan koi di aquarium ini tergolong tidak gampang serta,hal ini di ungkapkan bahwa anda mesti senantiasa cermat dalam melaksanakan perawatan ikan. Dengan adanya hal tersebut , maka ikan koi yang sedang anda pelihara di media aquarium ini dapat selalu terjaga dalam berbagai macam situasi dan pastinya agar tetap sehat,serta tak mudah mati lantaran terkena stress atau sakit.

Budidaya Ikan Koi Di Aquarium

Salah satu trik dan juga cara untuk merawat ikan koi yang tergolong cukup mudah dan efisien adalah dengan menggunakan media akuarium. Dengan pertimbangan dan juga metode pengamatan yang cukup mudah  maka anda pun sebenarnya juga harus mempelajari terlebih dahulu tentang kebiasaan, perilaku, kesehatan, dan juga hal-hal lainnya terkait dengan jenis ikan koi,semua hal tentang itu harusnya kita perlu tahu lebih banyak.

Keuntungan lainnya ketika memelihara ikan koi dengan menggunakan akuarium adalah kemudahan dalam menempatkannya sesuai yang kita inginkan. Dengan kata lain, secara spesifik kita bisa meletakkannya di dalam rumah, misalnya saja jika kita ingin mempertimbangkan juga untuk menggunakannya sebagai hiasan atau dekorasi rumah agar terlihat unik.

Budidaya Ikan Koi Di Aquarium

Hal semacam ini merupakan salah satu cara agar mendapatkan keuntungan ketika Budidaya Ikan Koi di  akuarium,yang mana jauh lebih simple dan prkatis daripada di kolam, yaitu kemudahan mengamati ikan koi. Tentu saja ada hal-hal yang terkait dengan Akuarium bahwa kita perlu tahu sebelum memutuskan untuk menggunakan akuarium untuk peduli ikan koi.

Keuntungan lain budidaya ikan koi menggunakan akuarium adalah kemudahan dalam hal menempatkannya yang mana harusnya sangat sesuai dengan apa yang kita inginkan. Dengan kata lain, maka kita bisa memakai media akuarium ini untuk digunakan di dalam rumah ataupun di luar rumah, misalnya jika kita ingin mempertimbangkan juga untuk menggunakannya sebagai hiasan atau dekorasi rumah yang unik.

IKAN KOI Di AKUARIUM

Menentukan Ukuran Dan Alat Yang Diperlukan

Umumnya, jika ikan koi ini sebelumnya difungsikan dan sudah diletakkan di kolam taman,maka ketika anda hendak memindahkannya ke media aquarium maka anda pun harus mencatat tentang ukuran akuarium tersebut,agar ikan koi tidak tertekan pada saat di akuarium

Ukuran akuarium ini mempunyai size minimal sekitar 1,5 meter, dengan lebar rata-rata hampir 1 meter, dan memiliki kedalaman air sekitar 60 cm. Ya, ini adalah ukuran dengan type minimum. Dan tentu saja hal ini harusnya lebih besar ketika ikan koi yang anda pelihara mulai beranjak dewasa dengan membangun akuarium dengan size yang cukup luas,dan itu akan lebih baik untuk kelangsungan hidup ikan koi.

Ukuran ikan ini cukup besar untuk ukuran akuarium. Jadi kau harus mempertimbangkan ketebalan kaca yang digunakan. Agar tidak mudah pecah. Semakin tebal semakin baik.

Pertimbangkan juga ketika anda menggunakan sebuah bingkai besi yang cukup kuat. Pada garis bawah ketika anda mencoba untuk membuat akuarium maka setidaknya anada benar-benar memperhatikan bahwa akuarium tersebut aman dan kuat. Pastikan juga agar anda menggunakan lem kaca yang tergolong kuat dengan kualitas yang  baik pula.

Atau jika anda masih ragu,maka terlebih dahulu anda sering-sering berkonsultasi dengan para ahli dari pembuat akuarium yang tentunya sudah profesional.

Jika desain aquarium ikan koi yang akan anda buat itu nantinya akan difungsikan sebagai dekorasi interior rumah, maka sesuaikan juga dengan ukuran ruangan yang akan anda tempati untuk Aquarium.

Budiadaya Ikan Koi Di Aquarium ini juga dapat  menjadi inspirasi menarik karena simple dan mudahdan dapat berfungsi ganda misalnya saja sebagai meja, rak, atau juga bisa sebagai dekorasi ruangan,jika diletakkan pada posisi yang baik dan tepat. Saat anda akan membeli kaca, pastikan pula bahwa kaca tersbeut sudah di haluskan pada bagian sisi potongan agar tidak melukai anda nantinya.

Walaupun kebanyakan orang membudidayakan ikan hias jenis koi ini di kebanyakan menggunakan media kolam,namun akan tetapi tidak ada salahnya jika anda ingin mencoba membudidayakannya di akuarium.

  • Berikut cara-cara yang tepat yang bisa anda lakukan untuk membudidayakan ikan koi di akuarium, diantaranya sebagai berikut :
  • Siapkan akuarium yang memiliki ketinggian dan juga kedalaman sekitar 90 cm serta memiliki lebar kurang lebih 2 m dan memiliki panjang kira-kira 9 m.
  • Gunakan penambahan pipa kecil yang ada pada akuarium agar dapat menjadi pemasok air segar dan bersih, jangan lupakan juga untuk men yiapkan saluran pembuangannya juga.
  • Buat filter yang cukup sebanyak 4 atau 5 lapis.
  • Susunan pertama yang harus ada di dalam akuarium adalah anda boleh saja untuk menaruh kerikil, ijuk dan pasir. Tujuannya agar kotorannya bisa disaring dengan sempurna.

Perhatikan pula tentang filter Air Pada Aquarium

Teknik memelihara ikan koi di media aquarium  memang merupakan hal yang harus dikerjakan secara teilit dan waspada,terutama untuk masalah air yang ada di aquarium itu sendiri. Pada susunan pertama maka anda anda harus mempersiapakan dan dapatt menggunakan bantuan sederhana seperti ijuk , kerikil atau juga bisa dengan bantuan pasir.

Memakai bahan itu maka dapat dipastikan kotoran yang hendak masuk dalam aquarium dapat tersaring dengan baik dan tetap steril. Selanjutnya filter di dalam akuarium yang sangat cocok untuk dipakai adalah jenis  filter zeolit. Pemakaian zeolit dalam filter aquarium ini tidak lain tidak bukan supaya toksin yang bercampur dengan air akan musnah,serta efektif untuk menghilangkan  bau yg tidak enak,karena zeolit sendiri dapat menyusutkan serta menyaring kotoran dengan baik.

Budidaya Ikan Koi Di Aquarium

Bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan dalam pembuatan akuarium:

  • Kaca, plastik transparan, atau bahan sejenisnya sebagai bahan utama. Lebih baik jika anda menggunakan jenis kaca anil, yang mana jenis kaca tersebut tidak meninggalkan serpihan kecil bila nanti terjadi keretakan ataupun pecah.
  • Lem kaca dengan Lem silikon
  • Lem tembak
  • pisau cutter
  • Pemotong kaca dan cairan khusus
  • lakban
  • penggaris
  • gerinda
  • spidol
  • obeng
  • skimer
  • kabel
  • Kontainer besar untuk penahan, dudukan saat proses pembuatan

PEMBUATAN AQUARIUM UNTUK BUDIDAYA IKAN KOI

  • Gunakan tempoat atau dudukan kontainer untuk mempermudah dalam merangkai akuarium
  • Rangkai beberapa bagian kaca dan gunakan lem silicon untuk melekatkannya
  • Gunakan juga lakban untuk dapat membantu dan melekatkan lem saat awal pemasangan, mengingat lem saja belum tentu cukup kuat
  • Gunakan lem sekali lagi untuk menutup rapat semua dan pastikan juga tidak ada kebocoran yang mungkin terjadi
  • Jika diperlukan maka anda bisa untuk menggunakan kerangka besi pada bagian sudut-sudut akuarium untuk menguatkannya.
  • Lengkapi juga akuarium dengan berbagai jenis filter untuk membersihkan air sekaligus sirkulasi air dan udara agar bisa keluar masuk secara bebas.