Berapa Bulan Ikan Koi Besar

Berapa Bulan Ikan Koi Besar. Siapa yang tidak kenal ikan koi?Ikan asli Jepang ini sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Pencinta ikan koi juga banyak di Indonesia. Ikan Koi yang bernama asli Nishikigoi atau dalam bahasa latin disebut Cyprinus Carpadie.

Ikan koi dulunya dikenal dengan nama ikan goi, namun setelah masuk ke Indonesia mereka berganti nama menjadi ikan koi karena diambil dari bahasa Tionghoa. Ikan koi ini ternyata dapat hidup dengan cukup besar dan tentunya semakin besar maka ikan koi ini juga makin mudah dalam hal beradaptasi dengan lingkungannya.

Ikan cantik ini juga diiklankan sebagai ikan mahal karena harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Bahkan di Jepang, harga ikan koi lebih mahal dibanding di negara lain. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa faktor yang membuat harga ikan koi semakin mahal di negara asalnya.

Ini termasuk sebuah faktor yang cukup standar atau bisa juga merupakan aturan yang cukup ketat untuk pembiakan ikan koi, dan tentunya tidak banyak orang Jepang yang berhasil membudidayakan ikan koi ini dengan media kolam tanah atau kolam sawah. Maka dari itu, apakah ada yang bertanya ikan koi mana yang paling mahal? Jawabannya adalah ikan koi dari Jepang.

Berapa Bulan Ikan Koi Besar

Ikan Koi dan Keberuntungan

Beberapa orang percaya bahwa ikan koi sangat erat kaitannya dengan keberuntungan, kepercayaan yang berasal dari budaya Tiongkok. Karena itulah, banyak orang memelihara ikan ini bukan hanya sebagai hobi tapi juga untuk keberuntungan. Ikan koi dapat bertahan hidup cukup lama di luar air asalkan kondisi lingkungan dan badan dijaga tetap basah.

Jadi Anda tidak perlu khawatir ketika ingin melakukan perjalanan jauh. Ikan koi juga sangat unik karena warnanya yang indah dan berwarna-warni mulai dari hitam, putih, kuning keemasan, perak dan ada juga yang memiliki tiga warna.

Terkadang di Indonesia juga ada perlombaan ikan koi yang dilihat dari kelincahan, kesehatan, bobot dan warnanya yang unik. Selain beruntung dan sebagai sarana penyalur hobi, ikan koi juga memiliki keunikan lain. Ikan koi bisa hidup hingga ratusan tahun.

Contohnya di Jepang ada ikan koi bernama Hanako yang bisa hidup hingga 200 tahun, luar biasa bukan?

Ikan koi dikenal sebagai ikan yang memiliki umur panjang, dan konon sudah melebihi umur pemiliknya, sehingga banyak orang yang ingin memeliharanya karena alasan tersebut.

Padahal, ikan koi yang hidup dalam kondisi ideal bisa hidup hingga usia 50 bahkan 60 tahun.

Dalam beberapa kasus ikan koi memiliki umur yang jauh lebih lama dari itu, mungkin lebih dari 90 tahun seperti burung beo dan contoh ikan koi Hanako tertua dari Jepang yang dapat hidup lebih dari 200 tahun.

Sedangkan rata-rata pemula yang memelihara ikan koi, umur ikan koi hanya mencapai 3-5 tahun.

Berapa Bulan Ikan Koi Besar

Mengapa begitu singkat? 

Karena kebanyakan orang, terutama pemula, belum mengetahui cara beternak ikan koi dan akhirnya membunuhnya. Sedangkan ikan koi yang dipelihara oleh pengumpul profesional biasanya berumur antara 15-25 tahun.

Sangat berbeda, tapi kenapa masih sangat singkat?

Sebab bagi yang memeliharanya, ikan koi seringkali hidup lebih lama dari pemiliknya. Dan bahkan jika itu bukan kondisi yang ideal, orang tidak dapat merawatnya dengan baik setelah pemiliknya meninggalkan hobinya.

Memilih bibit ikan koi yang bagus pula tidak kalah berarti bagaikan langkah dini buat membudidayakan ikan koi terbaik yang di idamkan. Oleh karena itu jangan pula salah seleksi penyedia bibit ikan koi. Hendaknya cari yang baik serta percayakan saja pada JOGLO KOI FARM dengan alamat website jualikankoi. id. Sebab disini ialah penyedia ikan koi luar biasa unggulan serta dipastikan tidak mengecewakan.

JOGLO KOI FARM

Mojoroto gg 8 Barat. Kota Kediri, Jawa Timur

Hubungi:  082339754779

Berapa Bulan Ikan Koi Besar

Kami mengambil beberapa argumen dari beberapa pelaku pembudidaya ikan koi khusus nya di wilayah seputar area Jawa Tengah. Dan sebagai catatan saja bahwa argumen ini merupakan hasil pemikiran mereka sendiri berdasarkan apa yang mereka lakukan,dan tentunya bukan dijadikan sebagai Patokan Mutlak.

Menurut paparan dari Suwandi bodong salah satu breeder terkenal asal klaten menjelaskan tentang bagaimana ikan koi besar dan butuh berapa bulan agar ikan koi tumbuh dan makin besar. Suwandi bodong menjelaskan bahwa pertumbuhan ikan koi ini dipengaruhi oleh genetik,dan faktor genetik itu setidaknya mempunyai pengaruh hingga 50% terhadap pertumbuhan.

Lalu suwandi bodong juga menjelaskan bahwa sisanya dibagi antara pakan dan kondisi parameter air (lingkungan), dengan catatan ikan koi tersebut dalam kondisi sehat dan tidak stress.

Lalu ungkapan lain juga disampaikan oleh Pranoto Tambak salah seorang petani ikan koi asal banyumas,parnoto juga menjelaskan bahwa memang benar faktor gen pada ikan  koi ini sangat berpengaruh besar pada pertumbuhan koi,tapi juga tidak ada salahnya jika porsi pemberian pakan ini bisa ditambah sebanyak 2 atau bisa sebanyak 4 kali dalam sehari. 

Dan,pranoto juga menambahkan bahwa metode ini untuk dilakukan terus menerus selama 2 -3 hari,dengan catatan rutin membuang air atau membersihkan filter kolam secara continue dan seketika itu juga langsung menambahkan air baru. 

Berapa Bulan Ikan Koi Besar

Karena dengan cara begini pranoto berasumsi saya bahwa dia pernah menaruh ikan koi di kolam +/- 1 m tp koin nya tetap tidak mau besar jg, lalu di coba dengan dimasukkan kedalam kolam yg dalam +/- 60 cm,dan sudah terlihat proses nya jauh lebih cepat.

Lalu asumsi lain di lontarkan oleh Parji Bogeng salah seorang petani koi asal kudus,menjelaskan beberapa Pengalamannya  yang secara sekilas hampir serupa dengan yang di lakukan oleh Pranoto  tambak yang sama-sama juga menunjukkan hasil yang cukup impresif

Parji Bogeng juga menambahkan bahwa koi kecil yang dipelihara dengan media bak fiber dengan ukuran 2X1,5×0,5m apabila dengan digenjot makanan berlebih cenderung akan potbelly (perut yang membesar dan cenderung ke bawah), sama aja mungkin dengan kita, makan banyak tapi gak pernah olahraga.

Faktor yang Mempengaruhi Umur Ikan Koi

Ikan koi yang dalam kondisi baik dapat tumbuh menjadi hewan yang sangat besar dan membutuhkan ruang yang jauh lebih besar.

Untuk itu penting bagi para pemula yang berniat membudidayakan ikan ini harus mengetahui terlebih dahulu cara memelihara ikan koi dengan benar dan benar.

Tempat atau area kolam.

Kualitas air

Faktor lokasi atau permukaan kolam dan kualitas air menjadi faktor utama yang sangat mempengaruhi umur ikan koi yang kita pelihara. Kualitas air yang buruk dan menjijikan tentunya dapat menyebabkan angka kematian dini pada ikan koi semakin melonjak. Kami tidak tahu pasti, tapi jika mereka tinggal di kolam yang lebih besar, mereka bisa hidup lebih dari 20 tahun lebih.

Menurut Dragon Fang, seorang kolektor koi profesional dan pemilik Dragon Koi Center di Jakarta, mengatakan: “Ikan koi bisa berumur panjang jika kondisi pH air netral dan bebas dari zat berbahaya seperti klorin dan belerang. Selain itu, air juga harus mengandung banyak oksigen. “

Lalu apa yang dibutuhkan untuk menjaga air kolam pada pH netral? Salah satunya menggunakan teknik filtering, sehingga pemilik tidak harus selalu membersihkan kolam, cukup bersihkan mesin filter kolam.

Standar yang bisa digunakan adalah menggunakan filter kubus berisi air berukuran 5 koi kali 50 cm yang dibersihkan sebulan sekali. Selain itu pemilik harus menyesuaikan ukuran ikan koi dengan ukuran kolam agar ukuran kolam tidak terlalu kecil untuk ikan koi.

Inilah gambaran usia yang bisa dicapai ikan koi. Ikan koi ternyata bisa hidup ratusan tahun asalkan dirawat dan dirawat dengan baik, terutama ukuran dan kebersihan kolam yang menjadi tempat tinggal utamanya.