Budidaya

Analisa Sederhana Budidaya Ikan Koi

Analisa Sederhana Budidaya Ikan Koi

Ikan koi sebenarnya merupakan jenis ikan hias yang sekarang ini sedang menjadi perbincangan,yang maan jenis ikan hias yang satu ini bukan tergolong jenis ikan baru yang ada di Indonesia,hanya saja waktu itu jenis ikan koi ini kalah populer bila dibandingkan dengan jenis mas koki.

Keduanya jenis ikan hias ini sebenarnya masih merupakan kerabat dekat,hal ini dikarenakan masih tergolong kedalam famili yang sama yakni Cyprinidae. Ikan Koi (Cyprinus carpio) mempunyai ciri berkumis sedangkan jenis ikan mas koki tidak mempunyai kumis.

Namun dengan melesatnya perkembangan zaman sekarang ini bahawa jenis ikan Koi ini berkembang dengan cukup pesat dan juga menjanjikan, karena sebagian besar sekarang petani ikan koi dan juga para hobiis yang ada di Indonesia sudah banyak yang membudidayakan ikan koi ini,baik dalam skala besar maupun skala kecil .Hal ini dikarenakan budidaya ikan Koi ini sangat mudah dilakukan dan juga mempunyai harga jual yang tinggi.

Analisa Sederhana Budidaya Ikan Koi

Meski sekarang ini ikan koi sudah cukup populer di berbagai wilayah khususnya di Indonesia, tapi tidak semua hobiis paham akan tentang perawatan serta budidaya ikan cantik ini,sebab tidak jarang mereka terkecoh dengan ikan mas yang mana jenis ikan konsumsi yang biasa di buat lauk. Hal ini memang sedikit agak repot, karena antara ikan mas lauk dengan ikan Koi kedua-duanya dari spesies Cyprinus carpio. Dan sudah pasti dalam hal ini tidak bisa terlalu disalahkan benar apabila para hobiis (terutama yang masih pemula) menganggap bahwa koi adalah jenis ikan mas yang notabene sering diajdikan sebagai lauk yang mempunyai warna.

Baca Juga: Tips Jitu Budidaya Ikan Koi Di Kolam Terpal

Cara Memelihara Ikan Koi Agar Tidak Mudah Mati

Cara memelihara ikan koi dengan baik dan benar merupakan teknik yang banyak dicari oleh para pemelihara ikan koi khusus nya bagi pemula,agar ikan koi mereka tidak mudah mati. Ada beberapa tahapan hal yang mana patutย  anda perhatikan dalam masalah ini. Yang mana jenis ikan koi ini merupakan jenis ikan hias yang mudah mati dan kematian ini biasanya disebabkan adanya jamur atau parasit yang menyerang ikan koi ketika amsih benih atau bsia juga karena faktor kondisi fisik yang tidak begitu sehat.ย  Analisa Sederhana Budidaya Ikan Koi

  • Memperhatikan dengan cermat Kondisi Ikan Koi โ€“ Jika anda ingin memelihara ikan koi, maka pilihlah ikan koi dalam keadaan sehat. Hal ini dapat terlihat secara jelas dari pergerakan ikan koi, akan kurangnya nafsu makan, dan corak warna ikan koi. Ikan koi yang sehat memiliki corak warna lebih cerah dan nafsu makan yang baik.
  • Penyakit Ikan Koi โ€“ Ada beberapa macam jenis penyakit yang bisa menyerang ikan koi anda, seperti parasit, kutu, dan serangan bakteri. Jika terdapat salah satu ikan koi anda yang terkena penyakit, maka segera untuk memisahkan ikan koi tersebut ke tempat lain. Untuk tahap menyembuhkan ikan koi, maka anda bisa memberikan cairan kimia atau sejenis anti biotik kedalam larutan aiie agar penyakit dan bakteri cepat mati.

Analisa Sederhana Budidaya Ikan Koi

Berikut akan kami jelaskan tentang hal yang harus anda perhatikan sebelum anda melakukan budidaya ikan koi,yang harus anda lakukan pertama adalah:

1. Pembuatan kolam

Langkah pertama untuk anda yang ingin budidaya ikan koi dalam adalah mempersiapkan dan juga membuat media kolam. Untuk para pemula sangat disarankan agar anda untuk menggunakan jenis kolam terpal ataupun dalam skala kecil menggunakan media akuarium. Dua jenis kolam ini cukup sangat aman dan mempunyai nilai yang cukup efektif untuk membudidayakan ikan koi dalam jumlah yang cukup besar. Pastikan juga agar kolam ikan koi yang akan anda gunakan ini untuk membudidayakan ikan koi dengan baik,dan tentunya juga pastikan agar kondisi kolam ikan koi benar-benar dalam keadaan bersih dan juga tidak tercampur akan beragam jenis zat kimia yang berbahaya.

  1. Pemilihan bibit ikan

Cara budidaya ikan koi tahap selanjutnya adalah pemilihan bibit ikan koi. Pemilihan bibit ikan koi ini setidaknya dilakukan dengan cara memilih indukan ikan koi yang mempunyai kualitas unggul. Pastikan juga bahwa Indukan ikan koi yang berkualitas ini bisa anda dapatkan secara langsung dari penjual bibit ikan atau bisa juga anda meminjam kepada para pembudidaya ikan koi yang sudah paham betul seluk beluk ikan koi.

Analisa Sederhana Budidaya Ikan Koi

Jika anda berniat untuk membeli bibit ikan koi,pastikan bahwa harga bibit ikan koi yang mempunyai kualitas tinggi ini terlampau cukup mahal,namun anda jangan pesimis terlebih dahulu,sebab dapat dipastikan jika hasil dari pembibitannya ini akan memberikan bibit ikan koi yang mempunyai kualitas cukup bagus dan pastinya akan jauh lebih menguntungkan. Analisa Sederhana Budidaya Ikan Koi

Penempatan bibit ikan

Setelah bibit ikan koi dan kolam budidaya ini sudah siap semuanya,maka langkah selanjutnya dalam hal membudidayakan ikan koi adalah menempatkan bibit ikan koi ini pada kolam. Secara sederhana saja pada awalnya bibit ikan koi ini mulanya andaย  tempatkan terlebih dahulu di dalam kolam pemijahan. Setelah sukses melakukan tahap pemijahan terhadap induk ikan koi,maka selanjutnya adalah memisahkan terlebih dahulu bibit ikan koi ini kedalam kolam yang berbeda. Pemisahan ini dilakukan agar indukan koi tidak memakan ikan-ikan koi kecil. Selain itu,juga ikan koi yang masih anakan ini terlebih dahulu agar dipisahkan berdasarkan ukurannya.

Pemeliharaan Dan Perawatan indukan ikan koi

Sebaiknya calon indukan ikan koi ini dipelihara dalam wadah atau kolam khusus. Dengan kedalaman kolam setidaknya berkisar 150 cm, atau juga bisa lebih dalam lebih baik. Dalam hal kepadatan pada kolam juga harus sering diperhatikan, kolam ikan koi yang bagus adalah dengan ukuran 4ร—5 meterย  dan maksimal diisi denganย  20 ekor indukan betina atau juga bisa dengan 40 ekor indukan jantan.

Indukan ikan koi betina dan jantan dipelihara di kolam yang berbeda, hal ini berguna agar saat dipijahkan indukan iniย  tidak perlu mengalami masa pemberokan lagi. Tahap awal dalam hal pemeliharaan ikan koi terutama ikan koi indukan,maka lebih tepat di budidaya dengan media kolam terpal atau kolam beton dan tahapan semacam ini sama saja dengan cara dalam pemeliharaan ikan koi dengan media kolam pembesaran.

Untuk pakan yang diberikan berupa pelet,yang mempunyai ukuran sekitar 8 mm, dengan asumsi pada ikan koi ini mempunyai usia lebih dari 2 tahun dan sudah berukuran minimal 90 cm. Untuk pemberian pakan berkisarย  4-8% dari bobot tubuh ikan koi itu sendiri dalam satu hari. Jumlah pemberian pakan yang di sinyair jauh lebih optimal dengan rentangย  waktu 2-4 kali dalam sehari. Analisa Sederhana Budidaya Ikan Koi

Sebagai tambahan saja,Selain keturunan atau sifat genetis, calon indukan ikan koi ini minimal harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Umur ikan koi minimal sudah cukup matang, atau lebih dari 3 tahun
  • Memiliki jenis yang sama atau juga bisa mendekati, misalnya jenis kohaku dengan kohaku
  • Perhatikan Bentuk tubuh,pilih indukan dengan tubuh ideal, dari atas tampak seperti torpedo.