9 Jenis Ikan Koi Terbaik

9 Jenis Ikan Koi Terbaik. Siapa yang memiliki ruang kosong di halaman beranda? Jika ada, coba gunakan untuk membuat kolam ikan Koi. Jenis ikan hias asal Jepang ini memiliki warna dan corak yang indah. Tentunya banyak orang yang khawatir karena selain bisa memberikan hiburan, rumah akan terlihat lebih estetis. Selain itu, Koi juga dipercaya mampu hoki.

9 Jenis Ikan Koi Terbaik

Inilah 9 Jenis Ikan Koi Terbaik

Ikan Koi Kohaku

Jika ingin jenis yang mudah ditemukan, Ikan Koi Koi sangat direkomendasikan. Jenis Koi ini adalah salah satu dari tiga jenis yang termasuk dalam kategori Gosanke, dua lainnya adalah Sanke dan Showa.

Fitur yang paling membedakan dari Koi Kohaku adalah sama sekali tidak ada elemen hitam. Tubuhnya berwarna putih dengan semburat merah. Pesona Koi Kohaku ada bermacam-macam modelnya.

Dilihat dari banyaknya corak berwarna merah, Ikan Koi Kohaku dibagi lagi menjadi beberapa jenis,dan inilah beberapa dari mereka adalah:

Nidan Kohaku, memiliki dua warna merah

Sandan Kohaku, memiliki tiga corak warna merah

Yondan Kohaku, memiliki empat warna merah

Inazuma Kohaku, polanya cenderung zigzag dan menghubungkan dari kepala ke ekor

Tancho Kohaku, hanya memiliki warna merah di kepalanya

Ginrin Kohaku, memiliki rona merah cerah

Maruten Kohaku, memiliki warna merah di kepala seperti mahkota dan juga menjalar ke seluruh tubuh hingga ke ekor

Harganya yang tak kalah fantastis, Koi Kohaku dibandrol hingga 1 Milyar lebih. Secara umum, semakin seimbang dan rapi modelnya, semakin tinggi harganya.

9 Jenis Ikan Koi Terbaik

 Ikan Koi Showa

Juga di kategori Gosanke ada Koi Showa yang tidak kalah cantiknya. Jenis Showa Koi memiliki tiga corak warna yaitu hitam, putih dan merah.

Warna hitam di Showa lebih dominan karena merupakan warna dasar. Namun, kini Anda juga akan menemukan banyak Koi Showa yang pada dasarnya berwarna putih. Komposisi ketiga warna tersebut juga hampir sama. Di masa lalu, hitam lebih.

Showa koi juga memiliki subtipe yang dipengaruhi oleh model yang sama, yaitu:

Hi Showa, komposisi warna merah lebih dominan

Kindai Showa, warna putih lebih dominan

Ginrin Showa, memiliki corak warna yang dapat memantulkan cahaya sehingga tampak cerah

Tancho Showa, hanya ada corak merah di kepala dan lebih banyak hitam di sepanjang tubuh hingga ke ekor

Maruten Showa, memiliki corak merah di bagian kepala dan corak merah-hitam-putih di badan hingga ke ekor

Harga jenis Koi Showa di pasaran cukup tinggi. Antrian bisa menghabiskan biaya ratusan juta rupee. Ginrin Showa juga bisa laku hingga 2 milyar. Ya, itu sebanding dengan cantiknya corak.

Memilih bibit ikan koi yang bagus pula tidak kalah berarti bagaikan langkah dini buat membudidayakan ikan koi terbaik yang di idamkan. Oleh karena itu jangan pula salah seleksi penyedia bibit ikan koi. Hendaknya cari yang baik serta percayakan saja pada JOGLO KOI FARM dengan alamat website jualikankoi. id. Sebab disini ialah penyedia ikan koi luar biasa unggulan serta dipastikan tidak mengecewakan.

JOGLO KOI FARM

Mojoroto gg 8 Barat. Kota Kediri, Jawa Timur

Hubungi:  6285235603340

Ikan Koi Sanke

Komposisi yang proporsional dari pola merah, putih dan hitam adalah suatu keharusan bagi Ikan Sanke Koi. Syarat yang harus diperhatikan baik adalah memiliki warna hitam pekat, warna putih seperti salju dan warna merah cerah.

Batasan motif juga harus jelas dan warnanya seragam. Jadi Sanke seharusnya tidak memiliki bercak putih kekuningan atau corak merah yang terlihat lebih oranye.

Wah, sulit atau menantang? Tapi kondisinya seperti itu kalau cuma mau jualan. Jika Anda hanya menyimpan untuk hobi, Anda tidak perlu menginginkan keseimbangan model yang penting untuk diperhatikan.

Koi Sanke dibagi lagi menjadi beberapa jenis, seperti:

Aka Sanke, ini memiliki lebih banyak corak merah daripada hitam dan putih

Subo Sumi Sanke, memiliki corak yang teratur karena hitam hanya terdapat pada bagian tubuh yang putih

Maruten Sanke, memiliki warna merah di kepala yang dianggap sebagai mahkota dan warna lain di sepanjang tubuh hingga ke ekor.

Tancho Sanke, memiliki warna dominan putih

Ginrin Sanke, corak Anda cemerlang saat terkena cahaya

Doitsu Sanke, memiliki mahkota berwarna merah di kepala dan warna lain di badan. Perbedaan dengan tipe Maruten adalah pola Doitsu lebih lembut

Ikan sanke umumnya dijual dengan harga jutaan hingga ratusan juta rupiah.

9 Jenis Ikan Koi Terbaik

Ikan Koi Bekko

Ciri khas Koi Bekko adalah warnanya yang hitam. Ada tiga jenis Koi Bekko yang dibedakan menurut warna dasarnya yaitu kuning, putih dan merah.

Ikan Koi Ki Bekko

Jenis Ki Bekko memiliki warna dasar kuning cerah. Nama “Ki” berasal dari budaya bahasa di negara Jepang yang mempunyai arti warna “kuning”. Pola hitam yang disebut sumi membentang di sepanjang tubuh hingga ke ekor. Bekko kuning terbaik adalah yang memiliki corak hitam muda, warna kuning cerah dan garis pola hitam yang jelas.

Ikan Koi Shiro Bekko

Disebut ikan Koi Shiro Bekko karena memiliki warna dasar putih. “Shiro” dalam bahasa Jepang berarti “putih”. Warna hitam tersebar di seluruh tubuh dan memiliki ukuran yang tidak beraturan. Semakin gelap corak hitamnya, semakin besar daya tarik Bekko putih ini.

9 Jenis Ikan Koi Terbaik

Ikan Koi Aka Bekko

Seluruh tubuh Aka Bekko berwarna merah. Sedangkan dua jenis lainnya memiliki pola yang agak besar, pola Aka Bekko hitam berukuran lebih kecil, mirip dengan pola polkadot. Ini berkembang lebih bebas di punggung dan jarang menyentuh kepala.

Tipe Aka Bekko memiliki kontras yang lebih baik untuk dilihat. Warna merah sangat cerah sedangkan warna hitam penuh dan tajam. Karenanya, banyak yang lebih memilih Aka Bekko.

Ikan Koi Asagi

Jenis Koi Asagi sangat mudah dikenali karena satu-satunya yang berwarna biru indigo. Warna ini muncul di bagian belakang. Sedangkan perut hingga wajah berwarna merah. Kepala Koi Asagi berwarna putih bersih tanpa bekas. Jika ada polanya juga dianggap buruk.

Sirip Koi Asagi merupakan jenis dayung yang memiliki kombinasi warna merah dan putih. Konon, Asagi adalah jenis koi pertama yang muncul.

Koi Asagi terbagi menjadi 4 jenis, yaitu:

Mizo Asagi, memiliki warna biru paling muda dan kepalanya juga agak kebiruan

Ginrin Asagi, memiliki warna silver yang menutupi warna biru pada punggung ikan

Narumi Asagi, warna punggungnya mirip dengan biru langit dan memiliki garis tepi putih yang terlihat jelas

Konjo Asagi, merupakan jenis Koi Asagi yang paling tua. Bagian belakang memiliki warna biru agak tua dan kepalanya berwarna merah

Ikan Koi Tancho Kohaku

Ternyata ada jenis koi yang sangat Jepang yaitu Koi Tancho Kohaku. Apa alasannya? Karena warna dasar ikan ini putih dan terdapat lingkaran merah di bagian tengah kepalanya. Jadi seperti bendera Jepang. Tentu, orang-orang di sana sangat mengapresiasi tipe Tancho Kohaku.

Ada Koi Tancho unik lainnya, yaitu Tancho Goromo. Seluruh tubuh berwarna putih untuk sirip dan ekornya. Namun yang menarik adalah pola hitam di kepalanya. Motifnya bukan lingkaran kecil tetapi dikelompokkan dan menutupi bagian tengah kepala.

Ikan Koi Utsuri

Jika Anda lebih suka Koi yang sebagian besar berwarna hitam, jenis Utsuri adalah yang terbaik. Ada tiga jenis yang bisa dipilih sesuai selera, yaitu:

Ikan Koi Hi Utsuri

Pesona Hi Utsuri ada dalam skema warna hitam dan merah yang sangat kontras. Saat masih kecil, warna merah Koi Hi Utsuri masih terlihat agak jingga. Semakin besar, semakin tebal jadinya. Hal lain yang membuatnya lebih baik adalah batas antara warna sangat jelas. Selain itu siripnya memiliki garis-garis hitam dan merah.

Ikan Koi Shiro Utsuri

Dilihat dari namanya, saya rasa Koi Utsuri memiliki unsur warna putih. Perpaduan hitam dan putih tak kalah oke dari Hi Utsuri. Biasanya ikan Koi Shiro Utsuri yang memiliki warna hitam dan putih di bagian kepalanya akan lebih mahal.

Pola hitamnya agak tidak rata. Ada yang terhubung dan ada yang longgar. Sirip ikan koi ini berwarna hitam namun terkadang terdapat campuran putih pada ekornya.

Ikan Koi Ki Utsuri

Juga ada sejenis Ki Utsuri yang memiliki unsur berwarna kuning. Warna hitam sebagian besar saling berhubungan, baik di kepala, punggung atau ekor.

Koi Ki Utsuri yang memiliki banderol harga tinggi ini bercirikan warna kuning tua dan hitam, corak yang lebih rapi, batas warna yang jelas, dan pangkal sirip terlihat belang.