6 Jenis Ikan Koi Bagus

6 Jenis Ikan Koi Bagus. Sektor perikanan ikan hias memang tiada matinya,terlebih ikan hias air tawar. Salah satunya Ikan Koi yang mana jenis ikan hias yang satu ini adalah yang paling populer. Ikan koi dalam bahasa latin disebut dengan Cyprinus carpio L  Ikan koi ini telah menyebar ke berbagai belahan dunia khususnya Indonesia dan ikan koi terkuat di Jepang.

6 Jenis Ikan Koi Bagus

Beberapa orang suka memelihara hewan peliharaan di rumah. Selain senang dengan hewan peliharaan, memiliki hewan peliharaan di rumah bisa menjadi teman atau sekedar menyenangkan untuk diri sendiri. Ikan koi merupakan berbagai jenis hewan peliharaan yang disukai banyak orang. 

Ikan koi merupakan ikan hias yang paling populer dan umumnya harganya lebih mahal dari pada ikan lainnya.

Ikan asli jepang ini memiliki keindahan yang khas dengan sisik warna warni yang membuat para pecinta ikan tertarik untuk memeliharanya. Ada berbagai jenis ikan koi yang bisa dipilih. Bagi anda yang ingin memelihara ikan koi, yuk kenali dulu jenis-jenis ikan koi berikut ini.

JOGLO KOI FARM

Mojoroto gg 8 Barat. Kota Kediri, Jawa Timur

Hubungi:  082339754779

Asal Usul Ikan Koi

Di Jepang ikan koi hias ini sudah terkenal sebagai menu makanan yang enak dan ada pula yang digunakan sebagai dekorasi akuarium atau dekorasi taman sehingga indah dan indah.

Menurut berbagai sumber, khususnya pecinta ikan koi, hasil persilangan berbagai jenis ikan mas berbagai warna menjadi ikan koi hias (gurame) ini. Entah apakah koi ikn ini berasal dari seluruh dunia.

Berdasarkan keragaman jenis ikan koi, oleh sebagian pecinta ikan hias sangat ingin memiliki ikan koi ini.

Dari dulu hingga sekarang, jenis dan warna ikan koi ini selalu sama. Namun seiring dengan perkembangan zaman, banyak dari para pecinta koi ini yang membudidayakannya sekaligus membiakkannya dan memilih yang terindah.

Dan bisa dilihat hasilnya, semakin merajalela berbagai jenis ikan koi yang sangat indah. Tak heran jika semakin banyak peminat dan penghobi.

Jenis Ikan Koi terbaik beserta harganya,dan tentunya sangat banyak sekali klasifikasi jenis ikan koi terbaik. Namun,anda tak perlu lagi khawatir dari adanya berbagai macam jenis ikan koi, banyak yang mengidentifikasikannya terlebih dahulu,lalu kemudian baru beberapa jenis itu dibagi menjadi beberapa sub kategori.

Dari sekian banyak ikan koi yang telah diidentifikasi dan dikelompokkan ke dalam subkategori, yang paling umum adalah jenis koi, antara lain Kawarimono, Matsuba, Hikarimoyo, Goromo, Hikarimono, Gosanke, Shiro, Utsurimono, Asagi, dan Tancho.

Jika ingin melihat nama ikan koi pasti sudah bisa menebak kalau nama ikan koi itu berasal dari jepang.

1. Ikan Koi Showa Sanshoku

Showa adalah ikan koi yang cantik dengan warna dasar putih, merah dan hitam. Secara umum ikan koi jenis ini memiliki warna yang lebih hitam pada sisiknya. Kedalaman warna sangat penting dalam variasi ikan koi ini. Hitam harus gelap dan pekat seperti kayu hitam.

Sedangkan warna merah harus seperti merah darah dan putih harus bersih. Showa Sanshoku mirip dengan jenis Sanke koi. Namun ikan koi showa didominasi warna hitam. Secara tradisional, ikan showa ini terbagi menjadi 2 bagian yang masing-masing memiliki sebutan yaitu Hi Showa yang secara keseluruhan didominasi dengan corak berwarna hitam dan merah di sekujur tubuhnya. 

Serta ada pula jenis Kindai Showa yang kebanyakan jenis ini dianggap koi showa yang jauh lebih modern dan tentunya memiliki lebih banyak warna putih pada bodi.

2. Ikan Koi Kohaku

Dari semua jenis ikan koi, Kohaku dikenal sebagai raja ikan koi. Jenis ikan agung ini merupakan varietas ikan koi pertama yang dikembangkan dengan dua warna. Ciri khusus ikan Kohaku yang ideal dan paling banyak direkomendasikan adalah yang memiliki tubuh berwarna putih solid dengan tanda merah. Warna putih harus jelas meskipun banyak kohaku yang memiliki warna putih kekuningan, kohaku tetap memiliki banyak penggemar.

Tanda merah bisa dari dua jenis. Ikan koi kohaku menjadi favorit para pecinta ikan koi dan ikan jenis ini sering memenangkan pertunjukan ikan koi.

Jika Anda berkunjung ke Jepang, jangan lewatkan ikan koi, terutama ikan koi Kohaku ini. Warna putih cerah dengan corak merah yang menarik adalah variasi paling umum yang bisa Anda temukan di acara hobi atau kumpul ikan koi mana pun.

6 Jenis Ikan Koi Bagus

Baca Juga: Rahasia Sukses Budidaya Ikan Koi

3. Taisho Sanke

Taisho Sanke dikembangkan oleh Kohaku sekitar beberapa dekade yang lalu atau lebih tepatnya pada tahun 1918 di era Taisho. Taisho Sanke atau yang juga dikenal dengan Taisho Sanshoku memiliki tiga warna yaitu putih, merah dan hitam. Ikan koi jenis ini sebaiknya tidak memiliki warna hitam pada kepalanya, lebih tepatnya pada siripnya yaitu pada sirip dada dan sirip ekor.

Hal tersebut dianggap sebagai tanda bahwa warna hitam ikan jenis ini ada di seluruh tubuh ikan. Bercak merah hanya sebagian dari tubuh atau bisa juga meluas ke seluruh tubuh.

4.Ikan Koi Shusui

Ikan koi Shusui pertama kali dibuat pada tahun 1910 dengan menyilangkan ikan koi Asagi dan ikan mas cermin. Ikan koi asagi memiliki warna yang jarang terlihat pada spesies lain, yaitu biru muda dengan sisik biru tua dan warna dasar merah. Sedangkan Mirror Carp memiliki kulit dan sisik yang bagus.

Hasil perkembangbiakan kedua ikan ini adalah ikan koi dengan warna Asagi namun dengan satu garis bersisik besar di punggungnya. Skala yang aneh, warna yang mencolok, dan tanda yang simetris menjadikan ikan koi salah satu jenis ikan koi yang paling aneh dan menarik.

Warna ikan koi shusui ini memiliki warna dasar biru yang terlihat tidak biasa bagi kebanyakan ikan koi. Tanda merah ini juga dapat menciptakan sebuah kontras yang begitu menakjubkan dengan semburat warna biru yang biasanya sering muncul di sisi ikan atau siripnya.

Timbangan belakang Shusui juga lebih menarik karena terlihat biru tua dan sedikit reflektif. Jenis ikan yang satu ini merupakan ikan yang sangat eye catching sehingga membuat kolam anda semakin menarik.

5. Ikan Koi Tancho

Tancho adalah ikan koi berwarna putih salju yang cantik dengan corak merah besar di kepalanya. Posisi motif atau tanda merah sangat penting dan harus proporsional hanya dengan kepala. Lingkaran merah harus menutupi area antara mata dan hidung sebanyak mungkin. Tapi tanpa menutupi mata atau hidungmu. Tepinya harus tajam dan warnanya harus merah tua.

Warna merah tidak boleh menyebar ke bahu atau punggung dan badan serta badan harus putih. Pola di kepala Tancho umumnya bulat tetapi bisa juga berbentuk persegi, lonjong, berbentuk hati, dan berbentuk bunga. Mendapatkan Tancho yang sempurna sangatlah sulit karena sangat sedikit Tancho yang muncul dari orang tua Kohaku.

6 Jenis Ikan Koi Bagus

6. Ikan Koi Asagi

Asagi adalah salah satu jenis koi cantik tertua. Ikan koi Asagi yang sempurna memiliki kepala berwarna putih. Namun, koi jenis ini paling sering memiliki kepala berwarna abu-abu. Terkadang kepala memiliki pigmentasi merah. Jika Anda memiliki Asagi muda, periksa ujung hidungnya.

Jika tanpa bintik dan bintik, warna kepala juga bisa berkembang menjadi warna terang. Bagian belakang Asagi yang ideal ditutupi dengan sisik biru dengan warna biru muda di dekat pangkal sisik yang menyatu menjadi warna yang lebih gelap atau seperti bayangan. Koi asagi yang memiliki pigmentasi lebih merah dari biasanya disebut Hi Asagi.

Sedangkan koi Asagi varian lain disebut Taki Asagi yang memiliki tambahan garis bersisik putih antara pigmentasi merah dan biru.

6 Jenis Ikan Koi Bagus

JOGLO KOI FARM

Mojoroto gg 8 Barat. Kota Kediri, Jawa Timur

Hubungi:  082339754779