5 Jenis Ikan Koi Yang Laris Di Pasaran

Ikan Koi merupakan ikan hias dengan nama latin Cyprinus carpio atau ikan hias koi memiliki warna yang beragam dengan corak yang sangat bervariasi. Pada umumnya jenis ikan mas koi ini merupakan jenis ikan hias yang dihasilkan  dari persilangan antara ikan koi dengan ikan jenis karper. Keturunan dari persilangan inilah yang saat ini dikenal dan menghasilkan jenis ikan koi yang mempunyai beragam warna dan corak yang sangat bervariasi.

5 Jenis Ikan Koi Yang Laris Di Pasaran

Berikut Kami Sampaikan 5 jenis ikan koi yang paling laku keras di pasaran,baik lokal maupun internasional

1. Ikan Koi Gonsanke

Para penggemar ikan hias, teruma jenis ikan koi pasti juga sudah tidak asing lagi dengan ikan koi jenis gonsake. Ikan Koi gonsake sendiri merupakan jenis ikan koi yang mempunyai kombinasi warna yang cukup menawan. Koi gosanke ini mempunyai setidaknya 3 jenis yang berbeda, yakni kohaku, sanke dan showa. Ikan koi kohaku mempunyai warna dasar putih dengan corak warna merah. Jenis koi Sanke ini mempunyai kombinasi antara warna hitam dan merah. Sementara itu jenis ikan koi showa mempunyai warna sisik putih, hitam dan juga merah. Untuk masalah harga ikan koi gonsake sendiri tergantung pada bukuran. Rata-rata ukuran 41 cm dijual dengan harga sekitar 600 – 700 ribuan (Januari 2020)

Baca Juga: 13 Jenis Ikan Koi Yang Bagus dan Paling Mahal

2. Ikan Koi Bekko

Begitupun untuk ikan koi jenis Bekko. Jenis ikan koi yang satu ini juga terdapat dalam 3 sub-spesies dengan kombinasi warna yang berbeda-beda pula. Diataranya ialah koi shiro bekko, koi ki bekko dan koi jenis aka bekko.

Untuk jenis koi aka bekko, kedua jenis koi tersebut tidak mempunyai warna corak warna merah di badannya. Hanya saja seluruhnya mempunyai berupa totol dengan warna hitam yang sama. Untuk masalah harga sendiri juga tergantung ukuran. Harga ikan koi bekko ukuran 20 cm di bulan (Januari 2020) ini bisa sampai dijual dengan harga sekitar 99.000 dan ukuran 35 cm bisa sampai 250.000.

3. Ikan Koi Utsurimono

Ikan Koi jenis utsurimono mempunyai warna dasar hitam dengan warna tambahan yang tidak sama. Kurang lebih terdapat 3 sub-spesies yang diantaranya adalah ikan  koi jenis shiro utsuri, koi ki utsuri dan koi hi utsuri.

Untuk jenis yang pertama mempunyai setidaknya kombinasi warna hitam dan juga putih,untuk jenis kedua dengan warna kuning hitam dan oranye hitam. untuk kisaran harga sendiri juga tergantung ukuran. Untuk koi utsurimono ukuran panjang 20 cm (Januari 2020) ini bisa dijual dengan 60 ribu / ekor.

5 Jenis Ikan Koi Yang Laris Di Pasaran

4. Koi Asagi

Bisa dibilang ikan koi  jenis asagi sendiri merupakan ikan koi yang paling lama dikenal oleh para pecinta koi. Mungkin jenis ikan koi ini sendiri juga bisa dibilang paling berkesan diantara jenis yang lain,mengingat jika ikan koi ini mempunyai totol-totol pada tubuhnya dan pola pada totol itu sendiri sangatlah unik daripada jenis koi lainnya. 5 Jenis Ikan Koi Yang Laris Di Pasaran

Sementara itu juga ada ikan koi shusui yang mana juga masih berkerabat dengan ikan koi asagi. Corak yang melekat pada tubuhnya pun juga cenderung hampir sama. Di pasaran harga koi asagi ini sendiri terbilang cukup murah. Untuk ukuran 18 cm bisa dijual dengan harga sekitar  Rp 65 – 80 ribuan / ekor.(Januari 2020)

5. Ikan Koi Tancho

Ikan koi jenis tancho merupakan salah satu jenis ikan koi dengan sub spesies yang berbeda juga, untuk koi jenis tancho goromo ini sedikit memiliki perbedaan daripada jenis tancho pada umumnya. Tancho Goromo ini mempunyai ciri warna tubuh berwarna pink dengan totol hitam pada area dahi,mulut,serta area mata. Lalu yang kedua adalah jenis tancho kohaku yang mana jenis ini mempunyai warna tubuh putih dengan totol merah merona di area pada dahi.

Lalu varian ketiga adalah jenis tancho goshiki yang mana jenis tancho yang satu ini mempunyai dahi berwarna merah dan warna badan hitam putih dan yang terakhir adalah tancho kujaku dan juga jenis tancho sanke.

Untuk varian harga juga tergantung pada jenis dan ukuran. Untuk harga tancho jenis sanke doitsu dengan ukuran 32 – 37 cm di pasaran bisa sampai dijual dengan harga 380.000 / ekor sedangkan untuk Tancho Kohaku dengan size 30-35cm bisa dipatok harga 400.000-500.000. (Januari 2020)

Itulah beberapa jenis ikan koi yang paling laku keras dipasaran,nah di artikel selanjutnya kami juga akan membahas tentang pemilihan indukan ikan koi yang berkualitas. 5 Jenis Ikan Koi Yang Laris Di Pasaran

Untuk keperluan koi hias, maka ikan koi harus berada di kolam atau juga bisa di aquarium dengan ukuran yang besar, berikut ini adalah beberapa tips mengenai cara memilih ikan koi yang baik:

  1. Untuk tahap awal,anda bisa memilih ikan koi berdasarkan bentuk tubuh,dan pastikan yang anda pilih adalah ikan koi dengan postur tubuh ideal. Secara spesifik tubuh ikan koi ini bisa anda lihat dari jumlah perbandingan yakni antara panjang dan juga tinggi tubuh pada ikan koi,ikan koi pun mempunyai tubuh ideal antara 1:2 atau 1:3. Jadi, jika dilihat dari atas, tubuh ikan ini koi akan terlihat bulat memanjang dan juga tidak terlalu gemuk.
  2. Usahakan agar memilih ikan koi yang banyak memiliki garis punggung lurus, atau yang tidak begitu melengkung.
  3. Ikan koi yang baik memiliki gaya berenang yang seimbang, hal ini dapat terjadi karena ikan koi merupakan ikan hias yang memiliki pasangan sirip yang seimbang antara bagian kanan dan juga kiri, dan tak hanya itu saja,melainkan ikan koi ini juga memiliki garis tubuh seimbang dan simetris.
  4. Pilihlah ikan koi yang memiliki bagian sirip dada dan juga bagian sirip perut yang sama besarnya.
  5. Pahami dan juga perhatikan akan bentuk sirip pada ikan koi,secara umum ikan koi yang mempunyai ciri-ciri bagus adalah yang memiliki ukuran sirip pada bagian punggung dan juga sirip ekor yang begitu proporsional, seimbang, dan tentunya sesuai dengan panjang dan tinggi ikan koi
  6. Bentuk kepala, yang meliputi bagian mata, mulut, dan insang harus proporsional dan serasi. Jangan memilih hidung ikan koi yang terlalu mancung, atau terlalu masuk sehingga tenggalam dalam timbunan daging.
  7. Perhatikan juga pada bagian hidung ikan koi,usahakan agar tidak terlalu terbuka, hal ini bisa jadi peringatan buat anda kalau ikan koi tersebut pernah mengalami suatu penyakit, terutama penyakit pada insang.
  8. Pilih Pond Tipe

Pada masa seperti ini terdapat suatu kelompok ikan hias koi yang dapat diperoleh melalui proses penyortiran dari breeder koi, atau juga bisa ke toko ikan hias, atau ke peternak ikan hias koi yang sudah profesional. Sebagian besar jenis ikan hias koi dibesarkan secara lokal dengan garis darah campuran,

serta tidak ada histori yang tercatat sebelumnya. Tidak diketahui juga mengenai siapa breedernya pada level ini. Meskipun demikian adanya maka ikan hias koi yang mempunyai jenis yang indah serta menarik akan mudah untuk didapatkan. Pada umumnya, harganya pada level ini tergolong cukup murah, serta tidak digunakan sebagai ikan lomba atau peliharaan. 5 Jenis Ikan Koi Yang Laris Di Pasaran

Add a Comment

Your email address will not be published.