5 Jenis Ikan Koi Terbaik

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias yang biasa hidup di air tawar,ikan hias ini merupakan salah satu dari sekian banyak jenis ikan hias yang sangat populer, kepopuleran ini terkenal secara internasional baik di Indonesia maupun di Dunia. Ikan koi mempunyai bahasa latin yakni Cyprinus carpio L. Jenis Ikan hias ini pertama kali dikembangkan di negara Jepang.

Secara sederhana,jenis ikan koi adalah salah satu hasil perkawinan silang yang cukup sukses,antara jenis ikan mas dengan persilangan dari beragam warna dari ikan mas (karper) tersebut. Pada awalnya, ikan hias yang satu ini adalah salah satu jenis ikan yang banyak digunakan untuk hidangan konsumsi oleh masyarakat Jepang pada saat itu.

5 Jenis Ikan Koi Terbaik

Mengetahui Jenis Koi Terbaik Untuk Dipelihara

Ikan Koi ini awalnya merupakan ikan hias yang masih masuk kedalam keluarga ikan Karper Cyprinuscarpio. Jenis Ikan hias karper sendiri  merupakan jenis ikan hias yang hampir mirip dengan koi dan ikan mas dan tentunya merupakan ikan hias yang digemari oleh berbagai kalangan pecinta ikan hias.

Baca Juga: Jenis-Jenis Ikan Koi

Peranann ikan karper ini yang sangat lucu dan indah dan cocok ketika dipandang dengan durasi yang cukup lama. Pada bagian corak dan juga warna serta motif yang dimiliki ikan koi ini hampir sama persis dengan ikan mas, hal yang sedikit membedakan adalah kulit ikan koi lebih mencolok dan beraneka ragam. Maka,hal semacam ini dpaat dipastikan bahwa ikan koi merupakan ikan hias yang mempunyai  pola, bentuk tubuh dan corak warna yang dimilikinya. Berikut ini beberapa jenis ikan koi unggulan :

Ikan Koi Kohaku

Ikan koi jenis Kohaku merupakan salah satu jenis ikan hias koi yang tercatat jenis koi tertua,jika dibandingkan dengan ikan koi jenis lainnya. Ikan koi Kohaku sangat terkenal karena mempunyai warna dasar yang simple dan mudah diingat,yakni warna putih dan warna merah dengan corak yahgberagam corak dasar yang berwarna merah cerah yang terketak diatasnya. Ikan Koi Koahku ini sangat mudah dikenali karena mempunyai pola dengan dasar berwarna putih ditambah dengan corak warna merah menyala dan juga memiliki kualitas terbaik dikelasnya.

5 Jenis Ikan Koi Terbaik

Ikan Koi Taisho Sanke

Jenis koi yang satu ini adalah jenis koi yang mempunyai warna dasar putih yang cukup solid dan juga jenis Ikan koi Taisho Sanke ini terlihat hampir mirip dengan jenis kohaku. Perbedaannya terletak pada bagian pola dengan warna merah yang dikombinasikan dengan balutan berwarna hitam pekat. Jenis Taisho Sanke ini lebih sering disebut dengan sanke agar para pecinta ikan mudah mengucapkannya. 5 Jenis Ikan Koi Terbaik

Ikan Koi Showa Sanshoku

Jenis ikan koi Showa Sanshoku atau yang lebih akrab dipanggil dengan sebutan showa,merupakan jenis ikan koi yang agak mirip dengan jenis sanke. Hal yang menjadi perbedaan utama antara kedua jenis koi ini adalah terletak pada pola hitam yang ada pada ikan ini. Pola warna hitam pada showa ini menyebar di seluruh tubuh,sedangkan untuk jenis sanke hanya pada bagian atas saja. Pola warna hitam yang ada pada koi jenis showa ini ternyata juga terdapat pada bagian kepalanya, sedangkan tidak untuk koi jenis sanke.

Ikan Koi Asagi

Salah satu ikan koi yang satu ini jerpa mendapat perhatian lebih dari penikmat ikan hias,yakni adalah jenis Koi Asagi, jenis ikan koi ini merupakan ikan koi asli berasal dari negara jepang yang mana jenis ini memiliki pola biru pada bagian belakang tubuh dan juga sedikit ada kombinasi warna merah-orange pada bagian perut dan juga sirip.

Ikan Koi Shusui

Jenis ikan koi Shusui adalah jenis ikan koi yang masih keturunan dari spesies Asagi yang tentu saja bisa dibedakan dari sedikit perbedaan yang ada,dari jenis itu terdapat sebuah perbedaan yang mana dapat dilihat dari segi bentuk dan juga warna yang ada pada sisik kedua ikan tersebut. Sisik dengan sebutan dorsal inilah yang nantinya akan membedakan antara warna jaring biru pada ikan koi jenis koi Asagi.

5 Jenis Ikan Koi Terbaik

Mungkin sebagian orang belum sepenuhnya mengetahui akan keistimewaan memelihara ikan koi,sabab menurut mitologi kuno di negara jepang,jenis ikan koi ini mempunyai berbagai macam filosofi serta mempunyai arti sendiri

1. Filosofi Ikan Koi: Mudah Beradaptasi

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias yang termasuk salah satu jenis ikan yang mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Ikan koi jug akan akan secara langsung dapat menyesuaikan diri begitu ia dipindahkan ke tempat baru. Jika ikan koi ini kemudian menemui kelompok ikan koi yang ada di tempat baru, maka ia akan langsung bergabung dengan kelompok ikan itu. Dan atas dasar sikap ikan koi ini yang perlu kita jadikan contoh. 5 Jenis Ikan Koi Terbaik

  1. Kelemahlembutan Ikan Koi Sudah Tak Diragukan Lagi

Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang tergolong jenis ikan lemah lembut. Ikan Koi jantan merupakan indukan yang sama sekali tidak pernah kasar terhadap ikan koi betina. Jenis Koi merupakan jenis ikan hias yang tidak pernah melukai ikan lainnya satu sama lain. Mereka hidup akur dalam satu kelompok dan hidup bergerombol pula dengan ikan jenis lain yang terdapat 1 kolam. Sifat lemah lembut koi jantan ini harusnya menjadi panutan bagi kaum laki-laki. Yang mana perilaku kasar ini kerap kali laki-laki lakukan baik dengan kekerasan fisik maupun kekerasan dalam bentuk verbal atau kata-kata  terhadap perempuan maupun orang lain.

Tak hanya laki-laki saja yang kerap melakukan kekerasan, perempuan pun juga tidak luput akan seringnya melakukan kekerasan terhadap sesamanya maupun lawan jenis. Manusia yang memiliki akal dan pikiran seharusnya tidak berbuta hal demikian,namun yang terjadi sekarang ini semua manusia tak ada henti-hentinya untuk saling melukai baik kepada sesama manusia dan makhluk lainnya. Sudah saatnya kita seharusnya untuk berusaha dalam menjaga kerukunan tanpa saling menyakiti satu sama lain.

Walaupun Lembut, Ikan Koi Juga Pemberani

Sekalipun dikenal lemah lembut, ikan koi ternyata juga dikenal sebagai jenis ikan hias yang pemberani. Di negara Jepang sendiri jenis ikan koi ini kerap dijuluki sebagai ikan samurai karena keberaniannya. tak heran jika ikan koi tidak memiliki ketakutan terhadap jenis ikan hias apapun. Nah, sudah sepatutnya kita mencontoh dan mempraktekkan tentang cara hidup ikan koi seperti itu. Lemah lembut terhadap sesama, namun juga tak gentar dalam menghadapi berbagai macam rintangan serta mengahadapi tantangan dengan pikiran yang jernih. 5 Jenis Ikan Koi Terbaik

Intinya, kita wajib sadar akan kondisi dan situasi yang ada pada kita. dan juga kita pun harusnya tetap mengontrol agar supaya bisa menyesuaikan kapan kita harus bersikap lemah lembut, dan kapan kita harus bersikap gagah berani. Jangan lah kaku terhadap berbagai macam persoalan dan sudah pasti kita harus tetap menjunjung tinggi sikap rendah hati dan menunjukkan sikap fleksibel, agar kita mampu menyesuaikan diri dari segala macam keadaan ketika kita tinggal di lingkungan yang tak terduga pula.

Add a Comment

Your email address will not be published.