5 Jenis Ikan Koi Tancho

5 Jenis Ikan Koi Tancho. Menurut sejarah,disebutkan bahwa salah satu jenis ikan hias terbaik dan banyak mencuri perhatian ialah Ikan Koi,yang mana secara spesifik ikan hias yang satu ini berasal dari persilangan antara ikan mas dan ikan karper. Ikan iko ini dengan cepat langsung menjadi salah satu ikan nasional di Negara Jepang.

5 Jenis Ikan Koi Tancho

Bahkan mayoritas warga di negara Jepang saja telah menganggap bahwa ikan koi ini merupakan aset penting dan kerap dijadikan sebagai ikan dewa. Di negara itu, Ikan koi sering disebut dengan kai yang artinya ikan yang warna-warni.

Banyak versi telah berkembang tentang asal muasal koi. Salah satunya berasal dari Persia, kemudian dibawa ke Jepang oleh orang Tionghoa melalui Tiongkok daratan dan Korea. Ikan Koi asal Jepang pertama kali diekspor ke San Francisco, Amerika Serikat (1938).

Selanjutnya, mereka dikirim ke Hawaii (1947), Kanada (1949) dan Brazil (1953). Sedangkan menurut ungkapan dari Hany Moniaga atau akrab disapa dengan Harry Tralis,beliau ini merupakan  penghobi berat akan ikan koi, singkatnya beliau ini sekarang tinggal di daerah Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Mas Harry Tralis ini mengungkapkan bahwa ikan koi ini diperkirakan masuk ke Indonesia pada tahun 1981-1982. 

Dia kemudian dengan sigap langsung mengembangkan sektor perikanan di kawasan tersebut dan langsung membuat sentra peternakan Ikan koi bernama Leon dan Leonny Koi Farm. Ini merupakan salah satu diantara sekian banyak Farm Koi legenda di Indonesia,yang konon memulai usaha ikan koi pertamanya,bahkan mas harry tralis ini mengklaim mempunyai indukan ikan koi yang  berukuran panjang 90-100cm, dan berumur 50-75 tahun.

Sejak itu, koi mulai populer di Indonesia dan belakangan ini menjadi hobi berburu hingga sekarang. Ikan koi termasuk jenis ikan yang mudah dipelihara. Pola makan tidak selalu harus istimewa karena termasuk hewan yang memakan tumbuhan dan hewan (omnivira). Pellet merupakan sajian utama, namun saat ikan mengikuti perlombaan, Koi akan mendapat makanan tambahan dan doping khusus untuk memperkuat warna tubuh selama masa karantina. Selain itu, sayuran seperti kangkung atau buah-buahan seperti jeruk bisa diumpankan ke koi.

Umur panjang ikan jenis ini bisa bertahan hingga puluhan tahun. Memiliki ikan dari perairan Eurasia dan Timur Tengah. Penggemar dan calon penggemar ini dapat menyesuaikan antara keinginan dan kondisi kantong mereka. Tidak selalu harus mengeluarkan banyak uang karena harganya bervariasi sesuai dengan ukuran dan jenisnya.

JOGLO KOI FARM

Mojoroto gg 8 Barat. Kota Kediri, Jawa Timur

Hubungi:  082339754779

Baca Juga: Tips Memilih Ikan Koi Slayer

Beberapa penjual mematok harga mulai dari Rp50 ribu hingga Rp8 juta. Anehnya, harga koi pemenang kontes bisa menembus ratusan juta rupee. Kunci perawatan koi adalah kelancaran sirkulasi air di dalam kolam. Hal inilah yang membuat pemeliharaan ikan koi menjadi mahal. Kolam koi harus dibuat dengan ukuran tertentu. Kedalamannya tidak boleh kurang dari 80 cm, panjang minimal 1,5 m dengan lebah 1 m.

Harga dan kelas ikan koi diklasifikasikan menurut model, bentuk tubuh dan warna. Semakin seimbang model warna bodinya maka akan semakin mahal harganya. Hal yang sama berlaku untuk tubuh: koi yang baik proporsional. Warna cerah dan bercahaya juga mempengaruhi jenis kelas dan harga koi. Dalam dunia penghobi koi, ada koi kelas C, B, A, AA, dan superclass.

Bicara soal jenis, koi banyak sekali jenisnya dengan warna yang beragam. Meski begitu, nyatanya semua jenis Koi memiliki asal muasal yang sama, yakni berasal dari satu warna; warna putih, merah, kuning, hitam, emas dan keperakan. Dari satu warna ini lahir komposisi dua warna, tiga warna atau warna-warni yang disebut ghosiki. 

5 Jenis Ikan Koi Tancho

Ikan Koi Tancho Goromo

Ikan koi Tancho Goromo merupakan salah satu jenis ikan koi yang memiliki pola bulat di bagian kepalanya yaitu Goromo atau pola anggur.

5 Jenis Ikan Koi Tancho

Ikan Koi, Tancho Kohaku

Ikan koi Tancho Kohaku merupakan salah satu jenis ikan koi berwarna putih dengan lingkaran berwarna merah di bagian kepalanya. Bentuk yang lebih bulat dan tajam akan menambah keindahan ikan koi ini.

5 Jenis Ikan Koi Tancho

Jenis Ikan Koi Tancho Goshiki

Jenis koi tancho goshiki ini memiliki warna putih dengan corak merah di bagian atasnya. Selain itu, kepala memiliki warna dasar putih kekuningan dan memiliki warna kehitaman di bagian punggung.

Ikan Koi, Tancho Kujaku

Ikan koi jenis Tancho Kujaku memiliki pola yang mirip dengan ikan koi Asagi pada tubuhnya, pola tersebut memenuhi sisik pada kedua tubuhnya. Ciri yang membedakan ikan koi jenis ini adalah pada kepalanya yang berwarna merah bulat.

Ikan Koi Tancho Sanke

Ikan koi Tancho Sanke ini seperti tanco kujaku, namun desainnya tidak beraturan. Ciri utama ikan koi jenis ini adalah bentuk kepalanya yang bulat berwarna merah.

5 Jenis Ikan Koi Tancho

Manfaat budidaya Ikan Koi

Ikan Koi merupakan hewan peliharaan yang cukup digemari karena memiliki sisik berwarna cerah sehingga mudah dirawat. Padahal, Ikan Koi merupakan alternatif terbaik bagi mereka yang menderita alergi hewan.

Bagi Anda yang ingin mulai beternak Ikan Koi, sebaiknya kenali dulu apa saja manfaat kesehatan dari hewan air ini.

  1. Kurangi tingkat stres Anda

Salah satu manfaat memelihara Ikan Koi khususnya Ikan Koi adalah menurunkan tingkat stres. Hal ini dibuktIkan Koi melalui penelitian yang dipublikasIkan Koi di PLoS one.

Secara umum, sebagian besar penelitian telah menunjukkan manfaat interaksi dan kontak fisik antara manusia dan hewan, seperti anjing dan kucing.

Oleh karena itu, para peneliti mencoba mencari tahu apakah ada yang istimewa tentang memelihara Ikan Koi karena tidak melibatkan kontak fisik sama sekali.

Penelitian sistematis dilakukan dalam penelitian ini. Semua bentuk interaksi dengan Ikan Koi dipertimbangkan. Mulai dari memelihara Ikan Koi di akuarium pribadi, melihatnya di akuarium umum, hingga menontonnya di video.

Setelah 19 penelitian, enam di antaranya menunjukkan bahwa melihat Ikan Koi di akuarium membantu mengurangi stres dan kecemasan. Hal tersebut terlihat ketika beberapa peserta diminta untuk melihat Ikan Koi, baik di video maupun di akuarium.

Denyut jantung dan tekanan darah, yang digunakan sebagai ukuran stres, menurun. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa manfaat memelihara Ikan Koi dapat membantu menurunkan tingkat stres bagi pemiliknya.

  1. Membantu mengelola diabetes

Tahukah Anda bahwa budidaya Ikan Koi dapat membantu beberapa remaja mengelola diabetes? Menurut News in Health, sebuah penelitian menunjukkan bahwa merawat Ikan Koi dapat membantu remaja penderita diabetes mengelola penyakitnya.

Sekelompok remaja penderita diabetes tipe 1 diminta memberi makan dan mengecek kadar air akuarium yang berisi Ikan Koi. Kemudian, peserta juga melakukan perawatan rutin, seperti mengganti tangki air setiap minggunya.

Di saat yang sama, para orang tua dari para remaja ini juga diminta untuk memperhatIkan Koi kadar gula darahnya. Akibatnya, remaja yang rajin merawat Ikan Koi cenderung lebih disiplin dalam mengontrol glukosa darahnya dibandingkan mereka yang tidak memelihara Ikan Koi.

Manfaat memelihara Ikan Koi ini cukup baik bagi para remaja untuk rutin memantau diri sendiri saat merawat hewan peliharaan.

  1. Membantu menenangkan pikiran

Selain mengurangi stres, manfaat memelihara Ikan Koi juga bisa membantu menenangkan pikiran. Salah satu suara ambient yang menurut kebanyakan orang cukup menenangkan adalah suara air mengalir. Ada jenis musik lain yang bisa menenangkan pikiran, seperti suara ombak laut, hujan badai, dan suara sungai.

Keistimewaan suara air mengalir tersebut ternyata yang membuat sebagian orang bahkan memancing di sungai. Bukan karena mereka menangkap Ikan Koi, tetapi mereka bisa menikmati suara dan keindahan alam disekitarnya.

Sementara itu, mereka yang memelihara Ikan Koi di akuarium mungkin lebih suka memberIkan Koi efek menenangkan di dalam ruangan. Pasalnya, setelah akuarium dihiasi bebatuan dan tumbuhan, mengamati Ikan Koi berenang juga akan mengurangi tingkat stres dan kecemasan.