5 Jenis Ikan Koi Goromo Yang Wajib Anda Ketahui

Jenis Ikan Koi Goromo Yang Wajib Anda Ketahui. Ikan Koi Koromo ataupun yang biasa diketahui dengan Goromo merupakan nama ikan Koi yang sesungguhnya diberikan kepada ikan Koi dari Asagi sampai ikan Koi Koi ataupun hasil persilangan Asagi dengan tipe ikan Sanshoku Koi. Tipe ikan Koi Goromo merupakan Ai- Goromo( Koromo Biru), Sumi- Goromo( Koro- Mo Hitam), Budo- Sanshoku, Koromo- Sanke, Koromo- Showa( Ai- Showa). 2 Jenis Ikan Koi Goromo Terbaik Dan Berkualitas

Sejarah Ikan Koi

Ikan koi sangat bervariasi, ikan cantik yang populer di sebagian besar dunia, jadi mungkin tidak mengejutkan bahwa penelitian telah menemukan bahwa ikan ini sebenarnya telah dikembangbiakkan selama ribuan tahun. Berkat pengurutan mtDNA modern, kami sekarang memiliki bukti untuk mendukung kepercayaan umum bahwa koi adalah keturunan dari ikan mas (Cyprinus carpio).

Faktanya, pengurutan ini juga menemukan bahwa sebagian besar praktik pemuliaan koi modern berasal dari Cina dan Jepang sekitar abad ke-4 dan bahwa ikan mas, keturunan langsung koi, berasal dari Asia Timur. Ini berarti bahwa Asia Timur secara teknis juga merupakan asal koi – ide yang sebelumnya sering diperdebatkan. Jenis Ikan Koi Goromo

Penelitian ini juga menemukan bahwa perkembangan koi akhirnya dimulai di Cina sekitar 6.000 SM. dengan domestikasi skala besar dan pemuliaan ikan mas secara selektif untuk mendapatkan varietas warna yang berbeda dan pola yang unik. Tanpa mengutak-atik ini, bisa dikatakan, dahulu kala, kita tidak akan memiliki variasi pola, warna, dan ras koi yang begitu banyak seperti yang dapat ditemukan saat ini.

Joglo Koi Farm Kediri

Sebagai simbol perdamaian, niat baik, dan aliansi, koi berwarna cerah ini awalnya diberikan kepada mereka yang memiliki kekuatan politik dan ekonomi. Mereka juga secara historis dipandang sebagai simbol kekayaan, ditempatkan di taman air mewah yang dapat dilihat oleh para tamu. Jenis Ikan Koi Goromo

Yang pertama adalah bagaimana koi awalnya membuat jalan mereka ke Eropa dan, akhirnya, Amerika, menjadi hewan peliharaan tercinta yang kita kenal sekarang daripada representasi kekuatan dan kekayaan.

Jenis Ikan Koi Goromo

Koi Goromo (juga dikenal sebagai Koromo) adalah jenis yang agak lebih baru, muncul pada 1950-an sebagai hasil dari pengembangbiakan Kohaku dan koi Asagi. Mereka tampak sangat mirip dengan Kohaku dengan dasar putih (Shiro) yang dilapisi dengan warna merah (Hai), tetapi berkat keturunan Asagi mereka akan sering memiliki beberapa warna biru baik di dalam atau di sekitar sisik merah mereka, memberikan tampilan retikulasi seperti Asagi. Jenis Ikan Koi Goromo

Goromo koi juga dapat diproduksi menggunakan induk Showa atau Sanke, tetapi harus selalu memiliki induk Asagi, karena ini menjamin retikulasi biru. Namun, kebanyakan varietas Goromo diperoleh dengan menggunakan induk Kohaku.

Apa Arti Goromo?

Koromo, sebagaimana koi ini secara tradisional dikenal, diterjemahkan kira-kira menjadi “berpakaian” atau “berjubah” dalam bahasa Jepang, merujuk cara warna biru mereka “berjubah” tanda Hi mereka. Banyak budaya Inggris dan Amerika menyebut koi ini sebagai Goromo, yang tidak memiliki terjemahan langsung yang dapat ditemukan. Kami akan menggunakan kedua istilah tersebut secara bergantian di seluruh artikel, karena keduanya sinonim.

Joglo Koi Farm Kediri

Varietas Jenis Ikan Koi Goromo & Ciri-Cirinya

Saat ini ada lima varietas Koromo yang diakui sepenuhnya, meskipun lebih banyak kemungkinan tergantung pada asal usul yang tepat. Setiap jenis pola yang dikenali sebagai Kohaku (seperti Inazuma, Sandan, Tancho, dan Marutan, antara lain) juga dapat diamati pada koi Goromo. Menariknya, Koromo sejati tidak bisa menjadi KinGinRin (metalik), meskipun mereka bisa menjadi Doitsu.

Jenis Ikan Koi Ai Goromo

Ai Goromo adalah salah satu varietas Goromo yang lebih umum. Karena “Ai” diterjemahkan menjadi “biru” atau “nila”, mereka memiliki bayangan biru di dalam skala Hi mereka, bukan di sepanjang tepinya. Jika ada warna biru di sepanjang tepi sisik, itu biasanya tidak dianggap sebagai Ai Goromo.

jenis ikan koi ai goromo

Biasanya, warna biru muncul sebagai setengah lingkaran dalam skala. Seringkali, retikulasi akan membentuk barisan yang agak rapi, sebagian besar di sepanjang bagian belakang Koi seperti di Asagi. Seharusnya tidak ada Ai di kepala dalam varietas ini.

Jenis Ikan Koi Budo Goromo

jenis ikan koi budo goromo

Budo Gomoro sebenarnya adalah sub-varietas Ai Goromo, di mana gugusan biru (atau kadang-kadang hitam) di Hi, membentuk gugusan seperti “anggur”. Faktanya, Budo diterjemahkan secara longgar menjadi “anggur” dalam bahasa Jepang. Deskripsi ini ditekankan oleh warna merah yang terkadang terlihat melalui warna biru, menciptakan tampilan seperti ungu di dalam tanda. Ini bukan varietas Goromo yang sangat umum.

Jenis Ikan Koi Goromo Sanke/Sanshoku

jenis ikan koi goromo sanke

Seperti yang mungkin dikecualikan, Goromo Sanke adalah yang memiliki satu Asagi dan satu orang tua Sanke atau Sanshoku. Ini dapat memiliki hampir semua kemungkinan pola Sanke, seperti Tancho atau Aka. Goromo ini sering memiliki retikulasi biru yang khas, dengan tambahan beberapa hitam (Sumi) di mana saja di tubuh dan/atau kepala.

Jenis Ikan Koi Goromo Showa

Goromo Showa adalah mereka yang memiliki orang tua Asagi dan orang tua Showa. Akibatnya, pola Ai mungkin tidak terbatas pada Hi, dan bisa ada di tempat lain di tubuh.

jenis ikan koi goromo showa

Jenis Ikan Koi Sumi Goromo

Varietas Goromo yang paling langka, Sumi Goromo memiliki retikulasi hitam daripada biru yang menguraikan tepi sisik merah. Pola Sumi ini bisa sangat tebal sehingga tampak benar-benar menutupi Hi, atau bisa lebih tenang dengan Hi yang muncul di beberapa tempat. Alih-alih terjadi dalam barisan rapi seperti Ai Goromo, retikulasi Sumi Goromo bisa tampil lebih berserakan dan acak.

jenis ikan koi sumi goromo

Memilih Jenis Ikan Koi Goromo Yang Bagus

Jika Anda mempertimbangkan untuk memasukkan koi Goromo Anda ke dalam kompetisi, ada beberapa hal yang harus Anda pahami. Pertama dan terpenting, ketahuilah bahwa setiap kompetisi berbeda dan sepenuhnya bergantung pada juri itu sendiri – apa yang mungkin dianggap menarik bagi satu juri mungkin tidak bagi juri lainnya.

Di Jepang, juri juga menilai ikan berdasarkan nilai uangnya – ikan yang harganya lebih mahal dapat mengakibatkan bias otomatis pada ikan tersebut, sementara jika dinilai di tempat lain, pola dan proporsi mungkin lebih berperan. Cobalah untuk mengenal audiens Anda terlebih dahulu, dan beri penilaian jika Anda bisa.

Pedoman Umum untuk Menilai Jenis Ikan Koi Goromo

Semua jenis koi tidak boleh memiliki kelainan, seperti sirip yang hilang, mulut yang cacat, atau memar (kecuali jika hal itu terjadi secara tidak sengaja selama pengangkutan). Mereka juga tidak boleh memiliki parasit, bisul, atau bentuk penyakit lainnya.

Simetri juga sangat penting. Cara Hi, Shiro, Ai, dan, jika ada, Sumi, warna dan pola diatur dari depan ke belakang dan sisi ke sisi harus seimbang dan cukup simetris (tidak sepenuhnya simetris). Jika ada, pola-pola yang unik juga disukai. Ikan juga harus memiliki kepala proporsional, simetris dengan sirip proporsional, simetris, dan tubuh berbentuk torpedo. Kulit/sisik harus cerah, sehat, dan tampak halus.

Jenis Ikan Koi Goromo Goromo koi dengan “robing” yang jelas sering dinilai lebih baik. Ini berarti bahwa banyak juri mencari warna Ai yang terdefinisi dengan jelas di dalam atau di sepanjang tepi sisik Hi, dan yang menutupi punggung koi seperti jubah. Meskipun secara teknis Goromo dapat memiliki pola apa pun yang khas Kohaku, Sanke, atau Showa (bergantung pada keturunan),

Joglo Koi Farm Kediri

sering kali paling diinginkan bagi mereka untuk memiliki pola Hi bertahap, yang berarti bahwa ada beberapa “tambalan” Hi yang cukup simetris di sepanjang bagian belakang koi. Di semua jenis Koromo, biasanya ada kebaikan untuk memiliki Hi di kepala (meskipun tidak mendominasi), sedangkan keberadaan Ai di kepala dinilai negatif.

Banyak juri lebih memilih Goromo untuk memiliki sirip putih murni, dengan kemungkinan pengecualian sedikit Hi di bagian paling bawah sirip dada jika kebetulan menonjolkan ikan.

Jika pewarnaan Ai meluas di luar Hi, hal ini dipandang tidak baik, seperti efek jubah yang “tercoreng” (asimetris atau tidak konsisten). Beberapa juri lebih memilih Ai untuk eksis hanya dalam skala, dan tidak di pinggir, terutama di Ai Goromo – di sinilah mengetahui audiens Anda bisa sangat membantu.

Sumi Jenis Ikan Koi Goromo dapat membuat Sumi hadir di Hi di kepala mereka; kontras dengan varietas lain, yang seharusnya hanya memiliki warna putih dan merah di kepalanya. Koi yang lebih muda harus memiliki warna Ai atau Sumi yang lebih terang, karena warna ini hanya akan menjadi lebih gelap seiring bertambahnya usia.

Oleh karena itu, Koromo muda dengan Ai atau Sumi yang cukup gelap (walaupun secara teknis warnanya “benar” sekarang) akan lebih cenderung dinilai tidak baik, karena efek Koromonya akan menjadi terlalu gelap seiring bertambahnya usia.

Cara Memelihara Jenis Ikan Koi Goromo

Kualitas Air Goromo

Seperti banyak varietas koi yang lebih berwarna, koi Goromo kemungkinan akan menunjukkan beberapa tanda yang jelas jika kualitas airnya menurun. Kami menggunakan “jelas” dalam arti harfiah, karena Anda akan sering dapat mengetahui secara visual dengan melihat Goromo Anda jika parameter kualitas makanan atau air tidak aktif.

Misalnya, diet yang terlalu tinggi zat penambah warna, seperti spirulina, akan menyebabkan bagian putih di Goromo lebih berwarna kuning. Ini juga dapat menyebabkan bercak oranye di luar warna, yang tidak diinginkan di Goromo (mereka harus memiliki Hi merah, bukan Ki oranye). Jenis Ikan Koi Goromo

Joglo Koi Farm Kediri

Air yang memiliki KH, atau kesadahan air yang lebih tinggi, dan pH dapat menghasilkan Goromo dengan tanda hitam acak, yang tidak diinginkan kecuali dalam kasus Sumi Goromo, dan meskipun demikian Sumi harus ada dalam batas tanda Hi.

Seperti kebanyakan koi, kebutuhan Goromo paling baik terpenuhi ketika suhu air 50 ° F hingga 78 ° F (10 ° C-25 ° C), pH antara 7,5 & 8,5, oksigen terlarut di atas 7 bagian per juta (ppm), salinitas dijaga sangat rendah antara .05 & .15 bagian per triliun (ppt), dan hanya ada 75 hingga 100 ppm total padatan terlarut (TTDS), seperti logam, mineral, garam, dan sulfat.

Harga Ikan Koi Jenis Goromo

Goromo koi bisa sangat bervariasi dalam harga; mereka agak dari jenis yang sedang naik daun dalam hal popularitas, jika Anda mau, tetapi kepemilikan warna biru yang sangat unik dan pembiakan mereka yang sulit umumnya menghasilkan label harga yang lebih tinggi. Banyak Koromo remaja dapat ditemukan antara 200 dan 500 ribu,

Sementara yang lain dapat beberapa ribu rupiah tergantung pada ukuran dan varietas yang tepat. Untuk informasi lebih lanjut tentang ini, gulir ke bawah ke bagian “Biaya Rata-Rata” dari artikel ini. Jika Anda menemukan

2 Jenis Ikan Koi Goromo Terbaik Dan Berkualitas