4 Jenis Ikan Koi Warna Kuning

4 Jenis Ikan Koi Warna Kuning. Siapapun pasti mengenal ikan yang disebut koi. Ikan ini memiliki corak warna yang sangat berbeda, yaitu komplit. Sebagian besar warna yang paling terkenal adalah kombinasi dari merah, hitam, dan perak.

Ikan ini juga dikenal mahal berdasarkan warna polanya. Ikan Jepang ini memiliki simbol keberuntungan, persahabatan dan cinta. Dalam bahasa Jepang koi artinya cinta. Kenali asalnya, ketikkan cara menyimpannya dengan benar.

4 Jenis Ikan Koi Warna Kuning

Asal usul dan sejarah ikan Koi

Pendapat berbeda selalu muncul tentang asal muasal Ikan Koi. Jika dilihat dari sejarahnya, koi pertama kali masuk ke Jepang dibawa oleh pedagang Tionghoa abad ke-17. Hanya saja koi pernah dianggap ikan untuk dimakan.

Koi yang dibawa tidak seindah sekarang. Namun, pada 1980-an, banyak petani Jepang membawa mereka ke kolam di rumah untuk estetika. Perkembangan ikan koi warna-warni pun dilakukan di Jepang.

Perkembangbiakan dimulai pada tahun 1804 hingga 1829, yang memperkenalkan koi dengan warna merah, putih, dan kombinasi keduanya. Koi merah dan putih disebut kohaku. Baru pada era Meiji Jepang bereksperimen dengan menggabungkan koi Jerman dan lokal.

Hasilnya adalah beragam doitsu koi dengan warna merah di bagian punggung. Kemudian di era Taisho muncul koi dengan warna merah, hitam dan putih. Pada tahun 1915 koi mulai menyebar ke seluruh dunia dengan corak dan warna yang unik.

Di Indonesia, koi masuk pada tahun 1991 ketika Kaisar Akihito membawakannya sebagai oleh-oleh untuk Presiden Soeharto. Sampai saat ini, koi adalah jenis ikan yang mahal untuk dipelihara.

Nama koi berasal dari Nishikigoi, nishiki berarti warna-warni dan goi berarti ikan mas. Perubahan juga terjadi karena koi dalam bahasa Jepang berarti cinta dan persahabatan. Ada begitu banyak nama koi yang digunakan oleh orang zaman dahulu menurut polanya.

Ikan Hanagoi yang artinya ikan mas dengan corak mirip bunga. Echigo No Kawarigoi yang artinya ikan mas dari daerah Echigo. Ada pula Mayogi yang artinya ikan merah dengan warna-warni yang indah.

JOGLO KOI FARM

Mojoroto gg 8 Barat. Kota Kediri, Jawa Timur

Hubungi:  6285235603340

Karakteristik ikan Koi

Setelah diketahui asal usulnya, sekarang kita beralih ke karakter ikan itu sendiri. Secara morfologi koi merupakan salah satu jenis ikan yang termasuk dalam famili ikan mas bernama Cyprinidae.

Nama latin untuk koi adalah Cyprinus Carpio dengan berbagai warna. Dilihat dari ciri fisiknya, koi memiliki perawakan tubuh yang memanjang seperti torpedo. Ada sirip di punggung, pinggul, sepasang di dada dan ekor.

Di bagian kepalanya terlihat seperti ikan mas yang memiliki kumis kecil yang berfungsi untuk mendeteksi makanan di sekitarnya. Koi memiliki lapisan epidermis licin yang berfungsi melindungi tubuhnya dari parasit.

Di bawah lapisan epidermis terdapat endoderm yang membentuk warna atau pigmen pada ikan. Ada empat jenis pigmen yang dimiliki yaitu putih, hitam, kuning dan merah. Padahal tangga memiliki kepercayaan bahwa struktur dan warna tangga menentukan usianya.

Koi memiliki indera perasa pada saraf di bawah timbangan. Sistem ini akan membantu mereka melihat dan menyerap sel warna. Mengenai indera pendengaran mereka, mereka menggunakan getaran suara untuk mendeteksinya. Alat yang dimilikinya mulai dari bagian tengah kepala hingga bagian ekor.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Ikan Koi

Sedangkan untuk habitatnya, koi akan hidup dan berkembang biak dengan mudah di daerah beriklim sedang. Mereka hidup di air tawar dengan suhu antara 8 hingga 30 derajat Celcius. Kemampuan hidup ini membuat koi bisa bertahan hampir di mana saja.

Hanya saja mereka sangat peka terhadap perubahan lingkungan, jadi Anda perlu berhati-hati saat membeli. Hal berbahaya yang harus diwaspadai adalah bila bagian tubuh mereka tampak dilapisi warna putih.

Artinya suhu air tidak sesuai dengan mereka atau bahkan di bawah 5 derajat Celcius. Sedangkan untuk nutrisi, mereka mengkonsumsi udang kecil dan setelah dewasa mereka dapat mengkonsumsi serangga air atau hewan lain yang menempel pada air.

Koi merupakan salah satu jenis hewan karnivora karnivora. Sedangkan untuk perkembangbiakan, koi bisa mulai kawin saat jantan berumur dua tahun. Sedangkan koi betina harus berumur tiga tahun, dan masa kawin hanya terjadi setahun sekali yaitu pada bulan April hingga Juni.

Keberhasilan musim kawin juga dipengaruhi oleh lingkungan. 

Misalnya karena Indonesia beriklim tropis yang panas, koi sangat mudah berkembang biak. Pasalnya, musim kawin bisa berlangsung sepanjang tahun karena suhunya yang cukup panas.

Sedangkan musim kawin di Jepang hanya terjadi pada musim semi dan musim panas sehingga hanya setahun sekali. Pertumbuhan ikan koi kecil juga dipengaruhi oleh suhu, makanan dan jenis kelamin. Jika lingkungannya tepat, mudah tumbuh dengan cepat.

Kali ini admin akan secara spesifik ingin membahas tentang ikan koi,namun dengan warna yang cukup beda dari pembahasan admin di artikel sebelumnya. Kalau biasanya admin membahas tentang ikan koi dengan warna merah hitam dan putih,mungkin itu sudah biasa dan sering admin bahas. 

Namun,kali ini admin akan sedikit cerita mengenai ikan koi dengan warna kuning,yang mungkin sudah banyak orang yang mengetahui ikan koi apa saja yang mempunyai warna kuning baik kuning cerah maupun kuning sedikit gelap. Langsung saja kita mulai pembahasan nya tentang ikan koi berwarna kuning.

4 Jenis Ikan Koi Warna Kuning

  1. Ikan Koi Yamabuki Ogon

Jenis ikan yang warnanya sederhana namun menghasilkan warna kuning keemasan. Ogon adalah salah satu jenis koi koi yang merupakan hasil persilangan koi kuning di punggung dengan Shiro Fuji.

Proses penyilangan dilakukan hingga enam generasi untuk mendapatkan Ogon koi. Warnanya sederhana tapi emas yang membuatnya cukup mahal.

Ogon dewasa bisa dibandrol dengan harga Rp1,5 juta.

4 Jenis Ikan Koi Warna Kuning

  1. Ikan Koi Doitsu Hariwake

Sering disebut koi Hariwake dan menjadi ikan yang tampak mewah meski harganya tidak mahal. Hariwake hanya berharga 700.000 rupiah, tapi cukup untuk menghiasi rumah bagi penghobi koi pemula.

Warna yang membuatnya unik adalah warna dasar putih dengan corak kuning muda yang tersebar. Siripnya memiliki warna putih keperakan sebagai warna dasar badannya. Satu sisi kelopak mata Hariwake berwarna kuning sedangkan sisi lainnya berwarna putih.

  1. Ikan Koi Kinginrin

Sekilas koi kinginrin tidak terlihat seperti ikan koi, warna dasarnya kuning keperakan dan menjadi koi silang. Ada rona kehitaman yang tersebar luas seperti Hariwake.

Keunikan ini membuat harga ikan koi Kinginrin lebih mahal dari Hariwake, yaitu sekitar 900.000 rupiah.

4 Jenis Ikan Koi Warna Kuning

4.Ikan Koi Matsuba

Matsuba adalah jenis ikan koi yang mempunyai bentuk tubuhnya sedikit berbeda karena perutnya yang gemuk dan terkesan seperti bodyguard. Ikan koi jenis matsuba ini memiliki warna dasar Kuning metalik dan cukup padat. Ciri khasnya adalah warna jaring kuning dibalut dengan warna hitam pekat di sekeliling sisik. Ada beberapa variasi dari Matsuba, yaitu Gin Matsuba dan Ki Matsuba.

Gin Matsuba adalah koi yang pada dasarnya berwarna putih dengan warna dasar kemerahan dan hitam semu. Sedangkan Ki Matsuba memiliki warna dasar kuning dengan sedikit difusi hitam.

Matsuba adalah jenis ikan yang paling mudah ditemukan dan dihargai 500.000 rupiah.

Itulah tadi sekilas penjelasan dari admin tentang 4 Jenis Ikan Koi Warna Kuning semoga dengan apa yang admin sampaikan diatas dapat menambah wawasan anda tentang ikan koi,bagi anda yang ingin lebih jelas memahami ikan koi,silahkan anda baca artikel lainnya di website kami.