3 Jenis Ikan Koi Chagoi

Jenis Ikan Koi Chagoi. Klasifikasi dan morfologi Ikan Koi merupakan salah satu ikan yang memiliki harga jual yang tinggi dan juga sangat digemari. Ikan ini termasuk dalam famili ikan mas atau “Ciprynidae” yang berasal dari Jepang dan telah menyebar ke berbagai daerah lain. Ikan koi memiliki nama latin “Cyprinus carpio” yang memiliki warna yang sangat bervariasi.

Ikan koi ini merupakan hasil persilangan antara ikan mas dengan ikan koi lainnya, sehingga menghasilkan keturunan dengan warna yang sangat beragam dan bervariasi. Ikan koi memiliki klasifikasi dan morfologi yang hampir sama dengan catatan berikut.

wa png 4

Morfologi Detail tentang Ikan Koi:

Ikan koi memiliki bentuk yang memanjang atau disebut torpedo, memiliki sirip punggung, sepasang sirip pinggang, sepasang sirip dada, dan juga memiliki sirip ekor. Sirip ikan koi terdiri dari jari-jari yang lembut dan keras serta memiliki sirip membran. 

Sebuah perangkat yang membantu berenang cepat ditemukan di membran sirip atau pada umpan sayap.

Ikan koi juga memiliki bentuk kepala yang mirip dengan ikan mas, terdapat kumis yang kecil.

(barbels) yang digunakan untuk mendeteksi makanan yang ada di sekitar habitat mereka atau lainnya. Namun demikian, bentuk tubuh atau tubuh pada ikan koi terbagi dua jenis, yaitu bagian epidermis dan dermis. 

Bagian ini sangat penting bagi ikan, terutama untuk melindungi dari parasit dan penyakit ikan, serta melindungi kotoran pada tubuh ikan.

Ikan koi juga memiliki warna yang sangat istimewa yaitu kemerahan, kekuningan, kecoklatan, blaster hitam putih, hitam berkulit merah dan lain-lain, tergantung variasi ikan koi tersebut.

JOGLO KOI FARM

Mojoroto gg 8 Barat. Kota Kediri, Jawa Timur

Hubungi:  628113035003

Jenis Ikan Koi Chagoi

Selain itu, bagian struktural ikan koi ini antara lain rongga mata, rongga tengkorak, tengkorak, tulang punggung, tulang dada, tulang rusuk, tulang belakang, sirip punggung, sirip punggung, sirip ekor, dan sirip bagian samping.

Kali ini admin menjelaskan sedikit tentang jenis ikan koi Chagoi,apa saja perbedaan dan juga apa saja keunikan ikan koi jenis chagoi.

Ikan Koi jenis Chagoi adalah salah satu jenis ikan oi yang agak langka di pasaran Indonesia. Disebut Cha karena ikan ini memiliki tubuh berwarna coklat dan biasanya tidak memiliki warna coklat yang sederhana alias. Karena aspek ini, tidak jarang orang awam mengira bahwa Chagoi adalah ikan mas biasa.

Baca Juga: Jenis Ikan Koi Berwarna Kuning

Jenis Ikan Koi Chagoi

Di kalangan pecinta koi, Chagoi memang tidak semenarik Showa atau Kohaku koi yang memiliki warna dan corak yang cerah. Karena minimnya minat dari pembeli, tidak heran jika Chagoi termasuk jenis koi yang langka. Namun siapa sangka ikan ini ternyata punya kegunaan untuk dipelihara.

Chagoi Koi dikenal memiliki sifat yang tenang. Selain itu, diyakini bahwa Chagoi juga merupakan komandan jenis koi lainnya. Untuk itulah, cukup banyak pecinta ikan koi yang menaruh setidaknya satu ekor Chagoi di dalam kolam. Tujuannya untuk mengatur ikan lain agar koi peliharaannya lebih tenang.

Selain itu, Chagoi koi termasuk dalam kelompok koi yang harganya cukup mahal. Hanya penghobi sejati yang biasanya rela mengeluarkan banyak uang untuk membawa pulang koi ini.

3 Jenis Ikan Koi Chagoi

Chagoi koi memiliki rekor pertumbuhan yang cepat dengan panjang 100cm dan terkadang bisa melebihi ukuran ikan koi chagoi pada umumnya.

Ciri lain dari ikan koi chagoi ini adalah memiliki pola jaring di punggungnya. Pada kenyataannya pola ini dibentuk oleh sisik-sisik yang menonjol sehingga terlihat seperti jaring laba-laba.

Dari jenis ikan koi ini, chagoi tergolong ikan koi termahal karena ikan ini tergolong langka dan sulit ditemukan. Dengan harga satuan mulai dari ratusan ribu hingga yang besar dengan harga yang bisa mencapai jutaan rupiah.

Memilih Ikan Koi Chagoi yang bagus dan berkualitas masih menjadi kendala bagi sebagian penanam dan pecinta Ikan Koi Chagoi pemula. Ikan Koi Chagoi unggul atau super memiliki ciri-ciri yang tidak dimiliki Ikan Koi Chagoi rata-rata.

Dari segi harga, Ikan Koi Chagoi unggul dan biasa sangat berbeda, dengan ukuran yang sama Ikan Koi Chagoi super atau superior bisa dijual dengan harga jutaan rupiah sedangkan yang biasa hanya berkisar puluhan ribu per ekor.

Nah, agar kita bisa memaksimalkan pemilihan Ikan Koi Chagoi yang unggul untuk dirawat di kemudian hari, berikut ini akan kami berikan 7 cara memilih Ikan Koi Chagoi yang baik.

Bentuk Ikan Koi Chagoi

Idealnya, tubuh Ikan Koi Chagoi berukuran panjang dan tinggi sekitar 1: 2 atau 1: 3, pilih Ikan Koi Chagoi yang punggungnya lurus yaitu tidak melengkung jika dilihat dari atas, dan berbadan bulat yang tegak. memanjang dan tidak terlalu gemuk.

Tubuh Ikan koi Chagoi Harus Proporsional

Bentuk kepala koi termasuk mata, mulut dan insang harus sesuai atau proporsional, jangan memilih hidung yang terlalu ke depan atau terlalu dalam agar bagian depan Ikan Koi Chagoi seolah terkubur di dalam daging. Berhati-hatilah juga jika hidung ikan terlalu lebar, bisa jadi ikan sudah mengalami sakit atau infeksi insang.

Gaya renang Ikan Koi Chagoi

Ikan Koi Chagoi yang baik memiliki gaya renang yang seimbang, karena kedua siripnya – sirip kanan dan sirip kiri – sama atau sama. Dan pilihlah Ikan Koi Chagoi yang memiliki jitai bagus, yaitu garis tubuh yang seimbang.

Untuk semua sirip Ikan Koi Chagoi ini, pilihlah yang semuanya sama dan serasi, untuk sirip punggung usahakan pilih yang lurus, tidak terkulai baik ke kanan maupun ke kiri.

Jenis Ikan Koi Chagoi

Pemilihan warna Ikan Koi Chagoi

Pemilihan warna Ikan Koi Chagoi harus cerah dan kontras yaitu tahu tentang batas antara warna coklat yang gelap dengan warna lainnya harus benar-benar jelas. Misalnya saja , jika anda mempunyai ikan koi chagoi berwarna coklat muda maka anda harus memastikan bahwa warna tersebut tidak benar-benar masuk klasifikasi ikan koi chagoi. Karena ikan koi chagoi ini harus berwarna coklat gelap layaknya Logam Tembaga.

Kesehatan dan pergerakan Ikan Koi Chagoi

Memilih Ikan Koi Chagoi yang sehat sangatlah penting, hal ini terlihat dari pergerakan ikan yang nampak aktif, jangan memilih Ikan Koi Chagoi yang lemah, lesu, yang renangnya tidak seimbang dan sangat tenang di dasar air. Kemungkinan lain Ikan Koi Chagoi kurang sehat adalah pergerakan insangnya yang terlalu cepat, hal ini menandakan ikan tersebut mengalami kesulitan bernapas.

Pilih indukan Ikan Koi Chagoi Berkualitas 

Ada hal terpenting dalam memilih Ikan Koi Chagoi, yang pertama adalah memilih bibit koi dari garis keturunan yang jelas. Kedua, memilih Ikan Koi Chagoi dari peternak yang sudah terbukti bagus dan andal.

Saat membeli Ikan Koi Chagoi, Anda memilih Bibit yang Baik

Kejelian dalam pemilihan benih sangat menentukan. Pemilihan Ikan Koi Chagoi kualitas peliharaan sangat berbeda dengan koi yang dipelihara sebagai ikan hias asalkan ada. Kita tidak hanya memilih keindahan warna koi yang kita suka, tetapi yang lebih kompleks lagi yaitu mengutamakan evaluasi dasar ikan hias koi peliharaan.