2 Jenis Ikan Koi Goromo Terbaik Dan Berkualitas

2 Jenis Ikan Koi Goromo Terbaik Dan Berkualitas. Ikan Koi Koromo ataupun yang biasa diketahui dengan Goromo merupakan nama ikan Koi yang sesungguhnya diberikan kepada ikan Koi dari Asagi sampai ikan Koi Koi ataupun hasil persilangan Asagi dengan tipe ikan Sanshoku Koi. Tipe ikan Koi Goromo merupakan Ai- Goromo( Koromo Biru), Sumi- Goromo( Koro- Mo Hitam), Budo- Sanshoku, Koromo- Sanke, Koromo- Showa( Ai- Showa).

2 Jenis Ikan Koi Goromo Terbaik Dan Berkualitas

2 Jenis Ikan Koi Goromo Terbaik Dan Berkualitas

2 Jenis Ikan Koi Goromo Terbaik Dan Berkualitas

Ai- goromo merupakan salah satu tipe ikan koi yang dibuat dari ras Asagi dengan tipe ikan koi Kohaku. Ikan Koi Goromo sesungguhnya mempunyai bagian bersisik yang dominan bercorak merah bata ataupun merah marun serta mempunyai bundaran agak biru yang buatnya nampak menawan.

Sumi- Goromo merupakan koi yang rupanya gelap, semacam nampak pada bercak gelap di Kohaku. Corak gelap ini pula terdapat di kepalanya. Koi dengan sisik ungu berupa Dom- Polan diucap Budo- Sanshoku. Koi ini sangat menawan. Koromo- Sanke merupakan kombinasi dari perkawinan Ai- Goromo serta Taisho- Sanke. Ciri biru timbul di titik merah di Taisho- Sanke. Koromo- Showa( Ai- Showa) merupakan kombinasi Ai- Goromo serta Showa- Sanshoku. Suatu memar timbul di ciri merah di Showa sanshoku.

Umumnya ikan koi goromo tipe ini mempunyai banderol harga yang relatif mahal, sedikit lebih mahal dari tipe kohaku serta sanke, sebab metode menjaga ikan koi goromo ini sesungguhnya sedikit berbeda serta mempunyai metode perawatan yang spesial. Tidak butuh takut lagi, sebab pengelola mengatakan sebagian kenyataan tentang perawatan ikan Koi spesial buat tipe Goromo.

JOGLO KOI FARM

Mojoroto gg 8 Barat. Kota Kediri, Jawa Timur

Hubungi:  6285235603340

Siapakan Tempat Karantina Ikan Koi Goromo

Perlengkapan yang dibutuhkan buat seluruh penghobi serta owner ikan Koi Goromo merupakan tangki ataupun wadah karantina tertentu. Sangat dianjurkan supaya Kamu mengkarantina koi yang dibeli saat sebelum meningkatkannya ke kolam Kamu.

Ini sebab mungkin ikan Koi Goromo yang baru dibeli, walaupun telah berupaya keras buat membasminya, bisa bawa parasit, kuman, jamur, serta penyakit yang lain. Ikan Koi Goromo cenderung tekanan pikiran serta keletihan dikala diangkut dari peternakan ataupun halaman anak- anak ke rumah owner baru mereka.

2 Jenis Ikan Koi Goromo Terbaik Dan Berkualitas

Berarti untuk Kamu buat membagikan keadaan yang aman untuk koi Kamu buat istirahat serta memulihkan diri dari perjalanannya.

Pemilihan Indukan Ikan Koi Goromo

Induk ikan Koi Goromo yang diseleksi wajib telah matang secara intim ataupun raga.

Kematangan intim sanggup menciptakan sel mani buat jantan serta menciptakan telur buat betina.

Badan yang matang berarti secara raga orang tua bisa jadi orang tua yang produktif.

Perihal lain yang wajib dicermati dikala memilah indukan koi merupakan breeding mempunyai karakteristik raga yang prima serta tidak cacat. Menunjukkan sirip penuh serta sisik penuh.

Gerakan orang tua yang baik itu anggun serta balance.

Biasanya pria berusia 2 tahun, sebaliknya wanita berusia 3 tahun.

Karakteristik raga yang lain umumnya induk betina lebih besar dari pada induk jantan. Dalam pemijahan, 1 betina dikawinkan dengan 2 ataupun 3 pejantan, buat membenarkan pemijahan sukses.

Baca Juga: Tips Memilih Ikan Koi Showa Terbaik

Pemijahan Ikan Koi Goromo

Pemijahan ikan Koi Goromo atau pembuahan sel telur koi betina oleh sperma ikan Koi Goromo jantan merupakan peristiwa penting untuk menghasilkan benih ikan Koi Goromo yang baik. Proses ini dilakukan di kolam khusus.

Pembudidaya ikan Koi Goromo menggunakan kolam pemijahan yang biasanya berukuran 4 meter x 6 meter. Setelah kolam disiapkan, pasangan ikan Koi Goromo ditempatkan pada sore hari, yaitu sekitar jam 4 sore dan akan bertelur pada tengah malam.

  1. Kolam Pemijahan

Desain kolam pemijahan mungkin berbeda-beda. Area tipikal bisa berukuran 4 × 6 meter persegi, atau Anda bisa menggunakan ukuran dengan luas 3 hingga 6 meter persegi.

Kedalaman kolam pemijahan sekitar 0,5 meter.

Usahakan untuk membuat kolam pemijahan senyaman mungkin bagi Ikan Koi Goromo. Hanya terkena sinar matahari, tidak terlalu keras atau berisik, jauh dari jangkauan anak-anak, jauh dari jangkauan hewan peliharaan lainnya.

Kolam pemijahan dirancang untuk diisi air atau dikeringkan dengan mudah dan lengkap. Biasanya dibuat dengan saluran masuk dan keluar air terpisah.

Jika memungkinkan, buat kolam pemijahan, pembenihan dan kolam perawatan benih. Ini bisa menghemat ruang.

Desain kolam bisa berbentuk persegi, persegi panjang atau melingkar. Jika berbentuk lingkaran, Anda bisa menggunakan diameter antara 1,5 dan 2 meter.

Jika memungkinkan, buat kolam lain untuk menumbuhkan pakan alami untuk benih ikan Koi Koi yang sudah menetas dan kuning telurnya habis.

Dinding kolam pemijahan dapat dilapisi dengan vinil, ini memungkinkan kebersihan yang lebih baik, menghilangkan efek beton.

  1. Persiapan kolam pemijahan

Sebelum digunakan, kolam pemijahan dikeringkan dan dijemur. Pintu depan dilengkapi dengan filter untuk menghindari kemungkinan telur koi hanyut nantinya.

Telur koi lengket atau mudah lengket. Kemudian kakaban disediakan.

Kakaban terdiri dari ijuk yang diikat dengan bambu dan dipaku. Ukuran rata-rata ijuk yang baik adalah sekitar 120cm x 40cm.

Jumlah kakaban disesuaikan dengan induk betina. Biasanya disediakan 4 sampai 6 kakaban dengan ukuran di atas, per 1 kg ibu.

Usahakan agar air di kolam pemijahan terus mengalir dari lubang inlet dan outlet. Ini untuk merangsang pemijahan Ikan Koi Goromo.

2 Jenis Ikan Koi Goromo Terbaik Dan Berkualitas

  1. Proses pemijahan di kolam pemijahan

Prosesnya benar-benar unik dan menarik. Induk betina akan berenang mengelilingi kolam diikuti oleh pejantan yang berenang di belakangnya. Sang jantan akan berusaha menempelkan tubuhnya pada induk betina.

Gerakannya lebih cepat dengan puncaknya, yaitu betina akan melempar telur ke dalam kolam. Dari waktu ke waktu induk betina melompat berdiri.

Laki-laki tidak kalah seru. Seringkali dia juga mengikuti ibunya untuk meledakkan. Selama pengangkatan sperma. Air kolam sedikit bergelombang dan mempercepat pembuahan sel telur oleh sperma.

Penetasan Telur Ikan Koi Goromo 

Penting untuk diperhatikan bahwa agar telur menetas dengan baik, mereka harus selalu direndam dalam air. Sehingga volume air di kolam inkubasi ini harus dijaga agar tetap stabil.

Pastikan kakaban benar-benar terendam air. Kita bisa menggunakan kulit pohon pisang untuk menenggelamkan kakaban.

Caranya, potong pisang gedebog sekitar 40cm, lalu letakkan di rangkaian kakabans. Gunakan bambu sebagai alas dan ratakan kedua sisi pedebog agar stabil di atas permukaan air.

Pada suhu normal, telur dapat menetas pada waktu yang ideal, sekitar 2-3 hari.

Jika suhunya terlalu dingin, butuh waktu lebih lama untuk menetas. Sedangkan pada suhu yang relatif lebih tinggi, telur dapat rusak, mati atau membusuk.

Jika semua telur sudah menetas, kakaban bisa dipindahkan. Pastikan tidak ada benih ikan yang telah menetas yang diambil dari kakaban. Kocok kakaban sebelum mengangkatnya.

Kakaban yang telah digunakan dapat digunakan kembali pada pemijahan berikutnya. Cuci dan keringkan untuk digunakan di lain waktu.

Bibit Ikan Koi Goromo yang berumur kurang dari 1 minggu masih sangat kecil. Untuk itu banyak orang yang menetaskan Ikan Koi Goromo di hapa, sehingga mudah dikumpulkan dan tidak mudah luntur.

Ikan Koi Goromo yang baru menetas masih membawa kuning telur sebagai cadangan makanan. Ini pakan pertama dan utama Ikan Koi Goromo yang baru menetas.

Kuning telur untuk makanan ini akan cukup untuk 3 hingga 5 hari ke depan.

Ikan Koi Goromo yang baru menetas pun tidak memiliki alat pencernaan yang sempurna.

Benih Ikan Koi Goromo seperti ini disebut burayak.

Kolam pembenihan Ikan Koi Goromo

Setelah benih koi mulai berenang selama kurang lebih 2 hingga 3 hari, kita bisa memindahkannya ke kolam benih yang lebih banyak pakan alami untuk Ikan Koi Goromo kecil ini.

Untuk merangsang kolam pembesaran benih agar tumbuh pakan alami ikan, beberapa langkah telah disiapkan.

Sebelum digunakan, jemur kolam di bawah terik matahari dan semprot dengan pestisida agar hewan penyebab penyakit bisa mati.

Pestisida yang digunakan adalah pigherex atau nogos, dengan dosis 0,5 – 1 ppm.

Pakan alami di dalam kolam bisa dalam bentuk kecil-kecil. Yang diperoleh dengan cara memupuk kolam dengan kotoran ayam dan jerami.