15 Jenis Ikan Koi

Jenis Ikan Koi. Hobi beternak ikan koi tentunya merupakan salah satu kegiatan atau bahkan hobi yang begitu menyenangkan dan bahkan juga bisa menambah pundi-pundi cuan untuk Anda. Jika Anda saat ini ingin belajar dan menekuni hobi budidaya Ikan Koi ini dengan benar, Maka anda bisa menjadikannya sebuah bidang usaha serta menciptakan sutu kegiatan positif dan juga bisnis yang cukup menjanjikan.

15 Jenis Ikan Koi

Salah satu jenis ikan yang dapat dijadikan lapangan kegiatan adalah ikan koi. Namun,tahukan anda ternyata jenis ikan koi ini sangatlah banyak dan terbagi kedalam beberapa subspesies,dan tentunya ada berbagai jenis ikan koi baik lokal maupun impor. Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Sebelum kita beranjak ke pembahasan tentang jenis ikan koi,admin akan sedikit menjelaskan kepada para pembaca tentang bagaimana sih…caranya memilih ikan koi yang baik dengan cara yang benar. Berikut ulasan singkatnya….

Pilihan Ikan Koi

– Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat memilih koi?

+ Ada tiga faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat memilih koi kualitas terbaik. Yang penting jangan terburu-buru dalam membuat pilihan. Jika perlu, tanyakan kepada praktisi atau penghobi yang telah bergumul dengan koi sejak lama. Untuk lebih jelasnya kriteria kualitas koi terbaik dijelaskan pada penjelasan berikut.

Sebuah. Bentuk tubuhnya

– Pilih koi dengan bentuk tubuh yang ideal. Perhatikan perbandingan tinggi badan dengan panjang badan. Idealnya, rasio ini 1: 2, 3-3. Pilih juga yang bentuk tubuh bulat

memanjang dan tidak terlalu gemuk.

– Jika dilihat dari atas, garis punggung tampak lurus, yaitu tidak melengkung.

– Pilih koi dengan gaya berenang yang tenang dan seimbang. Gerakan

keseimbangan dipengaruhi oleh posisi sirip yang simetris berpasangan.

Koi dengan stripe tubuh seimbang dikatakan termasuk di antara penghobi koi

jitai yang bagus.

– Ukuran sirip dada dan perut harus sama. Sedangkan ukuran sirip punggung dan ekor harus proporsional dengan tinggi dan panjang tubuhnya.

JOGLO KOI FARM

Mojoroto gg 8 Barat. Kota Kediri, Jawa Timur

Hubungi:  6285235603340

Berbagai Jenis-Jenis Ikan Koi

  1. Koi Taisho Sanke

Jenis Sanke Taisho ini merupakan jenis koi favorit bagi pecinta ikan hias. Warna dasar tubuh adalah putih cerah dengan kombinasi corak hitam dan merah di bagian punggung. Warna indah dari Sanke Taisho diperoleh dari persilangan genetik berbagai jenis koi. Anda bisa membeli ikan jenis ini di beberapa penjual ikan hias terdekat.

  1. Ikan Koi Kohaku

Koi koi merupakan salah satu jenis ikan koi yang banyak dicari oleh para kolektor karena termasuk dalam kategori perlombaan ikan. Ini karena kohaku adalah salah satu jenis yang tertua dan paling terkenal. Warna dari kohaku koi sangat indah yaitu perpaduan antara merah dan putih. Kohaku yang berkualitas baik memiliki warna dan corak yang cerah di sekujur tubuh.

Jenis Ikan Koi

  1. Koi Showa Sanshoku

Kebanyakan ikan koi memiliki warna dasar tubuh yang putih muda, tidak terkecuali Showa Sanshoku koi. Showa Sanshoku merupakan hasil persilangan antara Shiro Utsuri dan Kohaku, menghasilkan bintik hitam dan merah. Meski warna koi hampir sama, namun jika diteliti lebih detail, Anda bisa menemukan perbedaannya.

  1. Ikan Koi Shiro Bekko

Berbeda dengan jenis koi lainnya, Shiro Bekko koi memiliki tubuh dengan warna dasar putih terang dengan bercak hitam kecil di area dekat sirip dan kepala. Perpaduan kedua warna inilah yang membuat ikan ini berjuluk koi hitam putih. Anda dapat dengan mudah membiakkan ikan jenis ini, selama Anda harus mengawinkan jenis yang sama.

  1. Ikan Koi Ki Bekko

Koi Ki Bekko merupakan jenis ikan koi yang unik dengan warna dasar kuning cerah yang indah. Anda bisa menjadikan ikan ini untuk kolam di rumah atau menjadi ladang usaha yang menguntungkan. Corak di sekujur tubuhnya terdapat bercak hitam dan tiap tepinya lebih tajam, sehingga tampilan ikan ini sangat menawan.

Baca Juga: Jenis Ikan Koi Dan Harganya

  1. Ikan Koi Aka Bekko

Jika Anda menginginkan koi dengan warna yang tajam, Anda bisa memilih jenis Koi Aka Bekko. Koi ini memiliki skema warna dasar orange dan merah cerah. Selain itu, motif hitam di bagian belakang juga memberikan kesan yang eye catching. Bibit ikan koi ini bisa anda dapatkan di toko ikan hias terdekat dan membudidayakannya langsung di rumah.

  1. Ikan Koi Shiro Utsuri

Ikan koi dengan warna dasar putih juga menjadi primadona dan menjadi incaran para kolektor ikan hias. Salah satu jenis ikan yang banyak diburu adalah koi Shiro Utsuri. Jenis ini hanya menggabungkan hitam dan putih sebagai pola. Anda juga bisa menyilangkan Shiro Utsuri dengan tipe lain untuk mendapatkan variasi yang baru, cantik dan unik.

Jenis Ikan Koi

  1. Ikan Koi Ki Utsuri

Jika Shiro Utsuri memiliki warna dasar putih, Ki Utsuri memiliki warna dasar hitam. Tubuhnya memiliki bintik kuning cerah di sekujur tubuh. Anda bisa membiakkan koi jenis ini dan menyilangkannya dengan jenis lain. Koi Ki Utsuri juga menjadi incaran para pecinta ikan hias karena cocok untuk pemanis pemandangan rumah.

  1. Ikan Koi Hi Utsuri

Koi Hi Utsuri merupakan salah satu jenis koi dengan warna gelap yang merupakan perpaduan antara warna hitam dan orange kemerahan. Gaya Hi Utsuri terlihat lebih unik dari jenis Utsuri lainnya. Namun, Anda tidak perlu heran ketika ikan ini telah memasuki usia dewasa ternyata akan mengalami perubahan warna yang agak pudar.

  1. Koi Ai Goromo

Jika Anda ingin memancing ikan koi dengan harga yang cukup tinggi, Anda bisa memilih jenis Ai Goromo untuk budidaya. Jenis ini memiliki warna dasar putih dengan bintik merah tua tua. Sisi unik lainnya juga ditunjukkan oleh sirip ikan yang berwarna oranye dan biru. Sangat menarik bukan?

  1. Koi Tancho Kohaku

Jenis Kohaku koi sebenarnya adalah induk dari jenis koi lainnya. Salah satu persilangan Kohaku dapat menghasilkan sejenis Tancho Kohaku. Jenis ini memiliki warna dasar putih bersih di seluruh tubuh kecuali kepala. Di bagian kepala terdapat bercak jingga kemerahan yang cukup besar. Hal unik inilah yang membuat Tancho Kohaku banyak diminati di pasaran.

  1. Koi Tancho Goshiki

Salah satu jenis ikan koi yang unik dan cantik dari hasil persilangannya adalah koi Tancho Goshiki. Jenis ini memiliki warna dasar putih cerah dengan garis-garis hitam dan warna merah cerah di bagian kepala. Kombinasi unik dari 3 warna dan pola ini menjadikan tipe Tancho Goshiki memiliki harga pasar yang cukup tinggi. Apakah Anda akan membeli tipe ini?

  1. Ikan Koi Tancho Kujaku

Jenis koi Tancho Kujaku itu unik, indah dan eksotis. Koi jenis ini memiliki warna dasar putih dengan tubuh polkadot hitam acak-acakan dan warna merah cerah di bagian kepalanya. Warna pola pada tubuh akan semakin tajam seiring dengan pertumbuhan ikan ini. Anda bisa membudidayakan jenis ini karena merupakan peluang bisnis yang menjanjikan.

Jenis Ikan Koi

  1. Ikan Koi Yamabuki Ogon

Koi Ogon merupakan salah satu jenis ikan koi unik yang banyak dicari oleh para kolektor ikan hias. Jenis koi ini merupakan hasil persilangan antara Shiro Fuji dan punggung Koi. Warna dasar kuning keemasan dengan corak hitam di bagian belakang. Harga Ogon Koi terbilang cukup tinggi yaitu Rp 1,5 jutaan. Harga tersebut masih bisa naik jika model bodinya menjadi lebih unik.

  1. Koi Kinginrin

Ikan koi kinginrin memiliki ciri tubuh yang hampir sama dengan ikan mas. Warna dasar kulit putih kekuningan. Seluruh tubuh ditutupi bintik hitam pada sirip dan ekor. Jenis Kinginrin bisa Anda tanam karena harganya yang cukup menjanjikan yaitu masing-masing 900 ribu.

Keunikan koi Hikaromono membuatnya menjadi salah satu jenis koi yang banyak dicari kolektor. Ikan ini memiliki warna dasar putih pucat (hampir abu-abu) dengan corak hitam memudar di bagian punggung. Perpaduan dua warna ini menghasilkan pola seperti susunan tulang rusuk di bagian punggung. Harga koi Hikarimono di pasaran cukup tinggi yaitu 700-ribuan per ekornya.