ikan koi paling mahal

13 Jenis Ikan Koi Yang Bagus dan Paling Mahal

Posted on

Jika dilihat secara garis besar, ikan koi dibagi menjadi 2 bagian yakni dari harga jual ikan koi serta berdasarkan corak warnanya. Untuk jenis ikan koi yang masuk dibedakan dari segi harga dibagi kembali menjadi 2 bagian yakni ikan koi paling mahal dan ikan koi yang murah.

Supaya anda bisa lebih paham tentang jenis ikan koi yang bagus dan memiliki harga mahal, maka silahkan simak ulasan selengkapnya dari kami berikut ini.

Kohaku Koi

Ikan koi ini masuk ke dalam klasifikasi ikan koi gosanke yang merupakan golongan ikan koi paling familiar dan sering ditemui di berbagai pasar ikan hias.

Ikan koi kohaku merupakan salah satu jenis ikan koi tertua dan terkenal jika dibandingkan dengan jenis ikan koi lainnya. Ikan koi ini merupakan ikan koi yang terbilang bagus dengan warna dasar putih serta merah.

Kohaku yang bagus memiliki warna cerah terang dan pada warna putih yang menjadi warna dasarnya tidak terdapat bintik seperti noda, warna merahnya juga sangat cerah dan pola perpaduan warna putih serta merah merata di seluruh badan ikan koi. Untuk variasi ikan koi kohaku adalah kohaku gin rin, kohaku doitsu, kohaku maruten dan juga kohaku tancho.

Koi Sanke Taisho

Ikan koi sanke taisho atau dikenal dengan nama sanke ini juga memiliki warna putih sebagai warna dasarnya dengan kombinasi pola merah serta bercak hitam pada bagian punggungnya.

Koi sanke adalah persilangan dari ikan koi kohaku dengan shiro bekko. Untuk varian koi sanke adalah sanke maruten, sanke doitsu, sanke tancho dan juga sanke gin rin sanke.

Koi Showa Sanshoku

Ikan koi jenis ini lebih dikenal dengan sebutan showa yang memiliki warna merah untuk warna dasar serta putih ditambah corak hitam di seluruh badan ikan koi. Kombinasi warna yang terdapat dalam koi showa ini didapat dari persilangan ikan koi shiro utsuri dengan kohaku.

Jika dilihat secara sekilas, koi showa hampir serupa dengan koi sanke sehingga akan sedikit sulit untuk membedakan kedua jenis koi tersebut. Cara tepat untuk membedakan 2 jenis ikan koi ini adalah dari pola dan kombinasi warna.

Ikan koi showa memiliki corak hitam di seluruh bagian badan, sementara untuk koi sanke hanya mempunyai warna hitam di sekitar bagian punggung saja. Selain itu, koi showa mempunyai corak hitam di bagian kepala sedangkan koi sanke tidak mempunyai corak hitam di bagian kepala.

Varian dari ikan showa diantaranya adalah showa doitsu, showa maruten, showa tancho, showa ginrin dan juga showa kin.

Koi Shiro Bekko

Siro bekko mempunyai warna dasar putih serta pola warna hitam berukuran kecil di seluruh permukaan badan. Corak hitam atau dikenal dengan nama sumi ini terlihat sangat seimbang serta mempunyai tepi yang tajam atau kiwa.

Apabila dilihat secara sekilas, maka akan sulit membedakan koi shiro utsuri dengan shiro bekko sebab pola warna keduanya terlihat serupa. Yang membuat kedua jenis koi ini berbeda adalah warna dasarnya.

Pada koi shiro utsuri memiliki warna hitam putih untuk pola yakni hitam bercorak putih, sementara koi shiro bekko memiliki warna dasar putih dengan corak hitam disekujur tubuhnya. Jual Ikan menyediakan Ikan koi jenis ini.

Koi Ki Bekko

Ikan koi ki bekko adalah merupakan salah satu ikan koi dengan warna yang bagus yakni warna dasar kuning serta hitam sebagai coraknya. Tidak jauh berbeda dengan koi shiro bekko yang sama dengan shiro utsuri, koi ki bekko juga mempunyai kembaran yakni ki utsiri.

Perbedaan dari koi ki bekko dengan shiro utsiri ada pada warna dasar dan juga coraknya. Pada koi ki bekko memiliki warna dasar kuning dengan corak hitam, sementara ki utsiri memiliki warna dasar hitam dengan corak kuning.

Corak hitam atau sumi pada koi ki bekko terlihat seimbang serta mempunyai tepian atau kiwa yang terlihat tajam dan ikan koi jenis ini sudah mulai sering ditemukan jika dibandingkan dengan jenis ikan koi lainnya.

Koi Aka Bekko

Ikan koi aka bekko merupakan salah satu jenis ikan koi yang bagus sebab mempunyai warna dasar merah atau oranye serta pola hitam untuk coraknya yang terletak pada bagian punggung ikan koi.

Warna hitam di bagian badan koi ini terlihat sangat kontras namun serasi dengan warna dasar yakni merah atau oranye tersebut sehingga tidak jauh berbeda dengan kembarannya yakni aka utsiri.

Perbedaan dari 2 jenis koi ini terletak pada warna dasar serta corak yang dimiliki setiap ikan koi tersebut. Apabila aka bekko mempunyai dasar warna merah atau oranye serta corak hitam, sementara aka utsiri memiliki warna dasar hitam dengan corak merah atau oranye.

Koi Shiro Utsuri

Ini merupakan ikan koi yang hanya memiliki 2 warna saja yaitu hitam dan juga putih. Warna hitam menjadi warna dasar dan warna putih untuk warna coraknya.

Warna hitam yang ada pada ikan koi ini lebih dominan jika dibandingkan warna putih sebagai warna dasarnya. Sementara pada bagian kepala, koi shiro utsuri juga memiliki dua warna yakni hitam dan putih.

Koi Ki Utsuri

Ikan koi jenis ini memiliki 2 unsur warna yakni hitam dan kuning. Warna hitam menjadi warna dasar sedangkan warna kuning sebagai warna coraknya.

Corak warna dan juga standar penilaian koi ki utsuri ini tidak memiliki perbedaan yang mencolok dengan ikan koi shiro utsuri, namun pada koi ki utsuri memiliki warna hitam dan kuning.

Koi Hi Utsuri

Koi hi utsuri mempunyai warna dasar hitam dengan corak merah atau oranye dengan bentuk yang terlihat sangat unik. Pada koi jenis ini sudah memiliki warna merah atau oranye sejak masih usia muda dan dengan bertambahnya umur, maka warna akan berubah saat masuk ke usia dewasa.

Koi Tancho Goromo

Ikan koi ini memiliki penampilan yang cantik dan indah, sementara untuk corak yang terletak di bagian kepala merupakan corak buatan dengan pola goromo atau anggur.

Koi tancho goromo memiliki warna dasar putih dengan bagian sirip atas serta sirip bagian kiri dan kanan bergradasi warna biru muda serta warna oranye membentuk pola di bagian kepalanya.

Koi Tancho Kohaku

Koi tancho kohaku juga memiliki warna dasar putih serta bulatan berwarna oranye di bagian kepalanya seperti pada koi tancho goromo. Ikan koi ini dinilai semakin indah jika corak bulat dibagian kepalanya semakin cerah atau terang.

Koi Tancho Goshiki

Ikan koi jenis ini juga memiliki warna dasar putih namun dilengkapi juga dengan bercak merah di bagian kepala. Bagian kepala ikan koi ini juga memiliki warna dasar putih agak kekuningan sedangkan warna agak kehitaman yang ada pada bagian punggung menambah keindahan dari ikan koi jenis ini.

Koi Tancho Kujaku

Ikan koi tancho ini juga merupakan salah satu jenis ikan koi yang bagus dan juga memiliki penampilan yang eksotis sebab mempunyai pola seperti ikan koi asagi diseluruh bagian badan. Sedangkan corak yang membungkus sisik sangat memenuhi seluruh bagian tubuh. Sala satu ciri khas dari ikan koi jenis ini adalah dilengkapi dengan corak bulat warna merah di bagian kepalanya.