10 Jenis-Jenis Ikan Koi

10 Jenis-Jenis Ikan Koi. Tidak mungkin semua jenis Ikan Koi dalam waktu yang sama dengan kriteria yang sama dalam sebuah kontes. Untuk memudahkan hal tersebut, Zan Nippon Airinkai (ZNA, Japan Koi Association) kemudian mengklasifikasikan koi menjadi beberapa kelompok.

10 Jenis-Jenis Ikan Koi

Memelihara ikan koi di dalam akuarium atau kolam memiliki banyak manfaat yang dirasakan oleh para pecinta ikan hias. Salah satu manfaat memelihara ikan koi adalah dapat mempercantik interior maupun eksterior rumah.

10 Jenis-Jenis Ikan Koi

Ikan koi memiliki corak yang cerah dan indah yang digemari oleh masyarakat Indonesia.

Koi juga bisa dipelihara di akuarium atau kolam beton. Dengan pemeliharaan yang tidak terlalu sulit sehingga banyak memelihara ikan di atasnya, ikan koi juga dipercaya sebagai ikan keberuntungan dalam bidang karir bagi pemiliknya.

Selain itu, memelihara ikan koi di rumah ini tentunya tidak secara langsung membuat rumah semakin indah, apalagi jika anda pelihara ikan koi berada di kolam yang dihiasi air yang mengalir seperti air terjun. yang bisa membuat suasana rumah semakin segar.

Bagi penyuka akuarium tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis-jenis ikan koi. Ikan yang juga dikenal sebagai gurame ini memiliki nama ilmiah Cyprinus carpio. Banyak yang menyimpannya baik di ruang makan maupun dijadikan dekorasi untuk mempercantik tampilan rumah, ada pula yang ditempatkan di akuarium untuk dipajang di ruang tamu, membuat kolam di halaman belakang, atau sebagai pajangan di dalam ruangan. untuk menemani sisanya.

Tak hanya itu, ikan koi juga banyak ditemukan di berbagai tempat wisata, menambah kesan damai dan tentram. Salah satunya terletak di Taman Rekreasi Selecta, Kota Batu, Jawa Timur.

JOGLO KOI FARM

Mojoroto gg 8 Barat. Kota Kediri, Jawa Timur

Hubungi:  082339754779

Diiringi gemericik air yang mengalir dari dalam tabung, ikan tampak pandai berenang. Sesekali sesuatu terlihat ke hulu, dan naik ke permukaan air seolah menyambut turis. Beberapa wisatawan tampak senang berfoto selfie dengan latar belakang ikan di kolam atau akuarium berisi ikan mas dan ikan koi di taman wisata legendaris tersebut.

Baca Juga: Inilah Manfaat Utama Daun Pepaya Untuk Kolam Ikan Koi

Di tempat wisata lainnya, di salah satu rumah makan Waroeng Bamboe di Kota Batu, ratusan ikan koi warna-warni bisa ditemukan di sebuah kolam besar. Ikan ini rupanya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelanggan yang datang. Sambil menunggu menu tersaji, pengunjung bisa bersantai dan bermain bersama sekelompok ikan yang konon merupakan simbol cinta dan persahabatan.

Ikan Koi Menjadi Pesona keberuntungan

Secara umum ikan koi banyak ditemukan di berbagai tempat. Selain itu ikan koi juga bisa menjadi suguhan tersendiri bagi penghobi karena corak warnanya yang beragam, salah satunya adalah nuansa Fitra Agung Nugraha.

Pria asal Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur ini memilih memelihara ikan koi saat mencari referensi di internet tentang ikan yang bisa dipelihara. Kebetulan saat itu dia baru saja selesai merenovasi rumahnya dan membangun kolam renang minimalis. Untuk mempercantik rumah yang dimilikinya, ikan koi dipilih sebagai hewan peliharaan.

Model dengan warna putih, merah dan hitam terlihat bagus dilihat, kesan tegas, jadi saya suka, kata Fitra mengawali ceritanya.

Ia mengaku hobinya beternak ikan koi tidak lama, hanya 1,5 tahun. Fitra juga berbagi pengalamannya, awalnya sempat kesulitan karena masih belum paham bagaimana cara menjaga air dan sirkulasi ikan koi, sehingga beberapa ikan yang dirawatnya mati.

Seiring berjalannya waktu, ia mulai paham, akhirnya ikan koi sisa yang ia pelihara sejak kecil bisa berkembang hingga sekarang. Awalnya panjangnya 12cm, sekarang ukurannya sekitar 48-50cm, imbuh pria yang merasa sedang memanfaatkan bisa menambah teman-teman penyuka ikan koi lainnya.

Ikan koi juga dipercaya bisa membawa hoki atau keberuntungan bagi penghobi. Dalam skala besar juga dapat digunakan sebagai sumber penghasilan untuk menunjang kebutuhan keluarga. Seperti yang didengar Deky Arisandy, penghobi sekaligus peternak ikan koi asal Pakisaji, Kabupaten Malang.

Diakui Deky, selain bisa memanfaatkan bisnis ikan koi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, hasilnya juga bisa digunakan untuk menyekolahkan anak. Ia merasa beruntung, berkat kegigihannya, saat ini ia mengerjakan 10 kolam ikan koi yang berukuran rata-rata 6 × 15 meter. Harga ikan yang dijualnya juga bervariasi, untuk kualitas di pasaran dijual dengan harga Rp 500 per ekor.

Sedangkan ikan koi yang memiliki kualitas kompetisi tergolong resmi dengan harga berkisar antara ratusan hingga jutaan rupiah. Pengalaman yang cukup berkesan baginya adalah ketika ada seorang pengusaha asal Jakarta yang juga merupakan penghobi yang sama, yang membeli ikan koi miliknya seharga Rp. Masing-masing 10 juta.

Bagi Deky, bisnis ikan koi sangat berpandangan ke depan karena permintaan yang terus meningkat setiap tahunnya. Di sisi lain, saat ini juga terdapat perlombaan ikan koi, baik skala lokal maupun nasional. Hanya saja untuk saat ini ia merasa terkendala dengan ongkos kirim yang sudah berlipat ganda dibandingkan sebelumnya, ia merasa tidak sebanding dengan harga ikan koi yang ia kirim.

Saya pernah mendapat pesanan dari Palu, harga ikannya masing-masing 700.000 rupee, sedangkan ongkos kirim saat ini sekitar 1.400.000 rupee atau lebih. Ya, itu mubazir, kata Deky.

Dia melanjutkan sebelumnya, dia bisa mengirimkan ikan koi keluar dari kawasan tersebut minimal empat kali dalam sebulan. Karena biaya pengiriman saat ini tinggi, konsumen mengalami penurunan sebesar 50%. Rata-rata ongkos kirim keberatan, kalau memang bukan hobi pasti tidak akan memesan, tambahnya.

Dalam waktu dekat, Deky sedang mempersiapkan kompetisi ikan koi nasional yang akan digelar di Kolam Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Untuk lebih jelasnya kami telah merangkum jenis-jenis koi terpopuler beserta harganya dari berbagai sumber. Berikut ulasan lengkapnya.

Ikan Koi Kohaku

Jenis koi yang pertama adalah Kohaku. Kohaku sangat mudah ditemukan di pasar ikan hias. Jenis koi ini sering diikutkan dalam kompetisi.

Ikan koi ini memiliki warna cerah, merata dan corak seragam di seluruh tubuh. Harga Koi Koi kohaku diperkirakan sekitar Rp 200 ribu. Namun, ikan koi jenis ini juga dijual seharga Rp1,1 miliar pada lelang ikan koi Nigata Jepang tahun 2010 lalu.

Ikan Koi Taiso Sanke

Jenis koi yang kedua adalah Sanke taiso. Ikan Sanke Koi memiliki pola hitam di bagian atas. Bintik hitam bisa dilihat di punggung ikan Sanke.

Ikan koi sanke sangat mudah ditemukan di pasar ikan hias. Harga koi jenis ini diperkirakan masing-masing 300.000 Rupiah.

10 Jenis-Jenis Ikan Koi

Ikan Koi Showasansoku

Jenis koi yang ketiga adalah kawarimono. Ikan koi showasansoku memiliki tubuh yang memiliki corak yang memenuhi tubuhnya. Warnanya didominasi oleh warna putih, merah dan hitam.

Ikan koi showasansoku akan terlihat sangat cantik saat berenang bebas di kolam. Harga koi jenis ini diperkirakan mencapai Rp 1 juta per orang.

Ikan Goromo Koi

Jenis koi keempat adalah goromo. Perlu diketahui bahwa ikan Koi Goromo merupakan hasil persilangan antara jenis Koi Koi dan jenis Asagi.

Koi jenis ini memiliki lingkaran hitam keunguan di bagian tubuhnya. Ada tiga subtipe koi goromo, yaitu Budo Goromo, Sumi Goromo, dan Ai Goromo. Harga Koi Goromo diperkirakan masing-masing berkisar Rp 400 ribu hingga 2 jutaan.

Ikan Koi Shiro Bekko

Jenis koi kelima adalah Shiro Bekko. Koi shiro bekko memiliki corak bintik-bintik hitam dan warna kulit putih susu. Pola unik ini sering kali membuatnya disebut ikan koi hitam putih.

Koi shiro bekko sangat populer di kalangan pecinta ikan koi. Harga ikan koi jenis ini diperkirakan mencapai Rp 800.000 per ekor.

Ikan Koi Shiro Utsuri

Jenis koi keenam adalah shiro utsuri. Koi ini memiliki corak hitam dan putih. Motif hitam ini ditemukan di sisi tubuh dan agak di pangkal sirip.

Saat ikan koi shiroutsuri berenang, mereka akan melihat kilauan yang indah seperti batu alam. Ukuran koi jenis ini cukup besar. Harga ikan utsuri koi shiro diperkirakan mencapai Rp 700 ribu per ekor.

10 Jenis-Jenis Ikan Koi

Ikan Koi Ogon

Jenis koi ketujuh adalah Ogon Koi. Ogon koi memiliki warna yang sangat indah yaitu kuning keemasan. Warnanya yang begitu indah menjadi incaran para pecinta ikan koi.

Perlu diketahui bahwa Ogon Koi merupakan hasil persilangan antara koi punggung kuning dengan jenis Koi Shiro Fuji. Pada awal percobaan, ikan koi ini tidak menghasilkan warna emas. Namun, setelah enam generasi keturunan koi disilangkan, muncullah ikan koi berwarna kuning keemasan.

Ikan koi berwarna kuning keemasan ini diperkirakan harganya mencapai Rp 1,5 juta per ekor. Harga tersebut tentunya sejalan dengan keindahan ikan Ogon berwarna kuning keemasan.

Ikan Koi Hikarimoyomono

Jenis koi yang kedelapan adalah hikarimoyomono. Ikan koi ini memiliki warna dasar putih keperakan dan corak yang unik di bagian punggungnya.

Ikan ini tergolong langka dibandingkan dengan jenis ikan koi lainnya. Untuk harganya, ikan koi ini dibandrol dengan harga Rp 700.000 per ekor.

Ikan Tancho Koi

Jenis koi selanjutnya adalah tancho koi. Koi tancho memiliki pola merah satu tusukan di kepalanya. Jenis koi ini sangat dihormati di industri Jepang. Ini karena koi tancho dikatakan mirip dengan Grus japonensis atau burung bangau mahkota merah.

Jenis koi yang satu ini dianggap membawa keberuntungan, sehingga disukai banyak orang. Harga ikan Koi Tancho diperkirakan berkisar 800.000 Rupiah.

Ikan Koi Asagi

Jenis koi selanjutnya adalah asagi. Koi Asagi memiliki warna biru agak abu-abu di punggungnya. Sedangkan bagian kepalanya identik dengan warna merah dan putih.

Harga ikan koi asagi diperkirakan berkisar 1,1 juta rupiah per ekor. Namun semakin dominan warna biru maka harga ikan koi asagi akan semakin mahal.